sfidn - Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Tricep Press-Down?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Tricep Press-Down?

sfidn.com - Jika Anda memasuki tempat fitnes atau gym dan berniat untuk melatih otot tricep Anda, tricep press-down mungkin adalah salah satu latihan yang akan Anda lakukan. Gerakan ini termasuk kedalam gerakan isolasi sederhana yang sama efektifnya dengan gerak latihan lainnya untuk melatih otot tricep dan membangun otot di bagian belakang lengan atas Anda.

Tricep Press-Down adalah latihan yang menggunakan mesin kabel (pulling machine), jadi pada dasarnya gerak latihan ini memang hanya bisa Anda lakukan di tempat gym atau fitness, tidak bisa di rumah. Gerakan ini juga memiliki banyak variasi yang sudah dikembangkan dan di antara variasi gerakannya bisa Anda dapatkan pada artikel ini, namun pertama-tama mari kita bahas tentang bagaimana cara melakukan gerakan ini.

Cara Melakukan Gerakan Tricep Press-Down

Silahkan Anda atur mesin kabel Anda setinggi kepala. Lalu raih palang tersebut dan berdiri tegak lurus dengan kaki selebar pinggul dan siku yang terselip ke samping. Tarik kebel tersebut ke bawah hingga bar menyentuh paha dan tahan sebentar untuk menekan otot tricep Anda. Selanjutnya, kembalikan bar ke posisi semula secara perlahan. Pastikan tubuh tetap tegak dan tidak condong kedepan dan pertahankan juga posisi siku Anda, karena perubahan posisi bisa merubah fokus otot yang dilatih.

Variasi Gerakan Tricep Press-Down

1. Rope Press-Down

Dengan merubah cara mengenggam tali pada gerakan press-down Anda, maka kontraksi otot trisep akan lebih intensif lagi, karena adanya fleksibilitas ekstra yang di dapat pada gerakan itu. Untuk melakukannya, Anda bisa mulai dengan menggenggam tali dengan telapak tangan yang saling berhadapan. Lalu tarik tali kebawah dengan memutar pergelangan tangan sehingga telapak tangan Anda kini menghadap ke bawah. Tahan sebentar, lalu kembalikan lagi ke posisi semula dengan gerakan dan posisi pergelangan tangan yang sama.

2. Unilateral Press-Down

Sama seperti gerakan unilateral pada umumnya, gerakan ini mampu mengidentifikasi atau bahkan menghilangkan ketidakseimbangan kekuatan dalam tubuh Anda. Gunakan pegangan tertentu yang di khususkan untuk melakukan gerakan ini, gunakan satu lengan Anda untuk menarik tali dengan posisi tangan yang sama seperti gerakan press-down pada umumnya. Pastikan punggung Anda tidak bergerak ke depan saat mengembalikan posisi tali.

--- Related Article ---

3. Reverse-grip Press-Down

Gerakan ini diawali dengan berdiri di depan mesin kabel dengan beban yang sudah di sesuaikan, lalu genggam palang tersebut dengan posisi siku di samping tubuh. Tarik bar hingga lengan Anda lurus ke bawah, tahan sebentar lalu kembalikan bar ke posisi semula. Latihan ini mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan saat melakukan gerakan Tricep Press-Down.

Itulah cara dalam melakukan gerakan Tricep Press-Down dan berbagai variasi gerakan Tricep-Down. Selamat mencoba.


 
Tags:
#otot lengan  #otot tricep  #latihan otot tricep  #trisep 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article