sfidn - Manfaat Wall Push Up bagi Wanita dan Cara Melakukannya

Manfaat Wall Push Up bagi Wanita dan Cara Melakukannya

sfidn.com – Mari kita mengulik manfaat wall push up bagi wanita dan bagaimana cara melakukan latihan ini dengan benar.

 

Mengenal Apa Itu Wall Push Up dan Otot Apa yang Dilatih

Banyak wanita yang menghindari olahraga terlalu berat karena terasa tidak nyaman, sulit untuk dilakukan, atau pun memiliki kondisi medis tertentu.

Sebagai alternatifnya, cobalah latihan wall push up atau push up di dinding yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda, tidak hanya yang berkaitan dengan kesehatan tapi juga dari segi penampilan.

Wall push up memiliki gerakan yang cenderung lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja namun tetap memiliki manfaat yang sama besarnya dengan push up klasik.

Utamanya, latihan wall push up berguna untuk melatih otot bisep, trisep, dada, dan bahu (deltoid anterior) secara keseluruhan. Ini menjadi satu gerakan efektif untuk tubuh bagian atas yang kuat dan indah.

Tidak sampai di situ, variasi latihan push up di dinding ini juga dapat melatih otot punggung, trapezius, perut, hingga pinggul Anda dengan cukup signifikan.

Siapa pun bisa melakukan wall push up karena gerakan ini cukup ramah persendian sehingga risiko cederanya pun sangat minim. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkuat lengan Anda dengan cara yang mudah.

 

5 Manfaat Wall Push Up Bagi Wanita

Bagi seorang pemula, ia membutuhkan jenis latihan yang mudah diikuti tapi tetap efektif meningkatkan kekuatan otot-ototnya sebelum beralih ke gerakan yang lebih sulit.

Wall push up selain mudah dilakukan, latihan ini juga memiliki berbagai manfaat yang bagus, terutama bagi para wanita seperti:

 

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat wall push up yang pertama bagi wanita adalah menurunkan berat badan. Bukankah ini yang Anda inginkan?

Meski tidak seefektif kardio, namun saat Anda rutin melakukan latihan ini maka akan ada banyak kalori yang mampu tubuh Anda bakar dalam setiap sesi latihannya.

Dengan melakukan wall push up, wanita dengan bobot sekitar 68 kg dapat membakar sekitar 5,45 kalori setiap menitnya dan jumlah ini bisa lebih banyak jika Anda memiliki berat badan yang lebih besar.

Masukkan jenis latihan ini ke dalam program penurunan berat badan untuk mempercepat tujuan Anda tersebut.

 

2. Memperkuat Tubuh Bagian Atas

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa wall push up bisa melatih seluruh otot tubuh bagian atas, mulai dari lengan, leher, punggung, dada, perut, hingga pinggul sehingga secara bertahap kekuatan otot-otot tersebut pun akan meningkat.

Faktanya, wanita memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang sedikit lebih lemah dibandingkan pria. Hal ini berlaku kebalikannya di mana tubuh bagian bawah pria lebih lemah daripada wanita. Maka dari itu, Anda perlu melatihnya untuk memperkuat seluruh tubuh Anda secara seimbang.

 

3. Mengencangkan Payudara

Wall push up juga bisa dijadikan latihan untuk mengencangkan payudara secara alami. Latihan secara rutin akan memberikan efek angkat pada payudara karena otot di sekitar dada menjadi lebih kencang. Jadi, jangan ragu untuk melakukannya setiap hari. Minimal 3-5 menit setiap sesi.

 

4. Mendapatkan Stabilitas Inti yang Lebih Baik

Manfaat wall push up lainnya bagi wanita, yaitu Anda bisa mendapatkan stabilitas inti yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. 

Kondisi tersebut bisa berdampak pada postur tubuh yang lebih baik, keseimbangan tubuh yang bagus, dan meminimalisir risiko terjadinya cedera pada punggung bagian bawah dan area pinggang.

 

5. Tidak Membebani Sendi Bahu dan Lengan

Apakah Anda memiliki masalah pada sendi bahu atau lengan sehingga tidak diperbolehkan untuk melakukan latihan yang dapat membebani kedua area tersebut?

Jika iya, maka latihan wall push up dapat menjadi alternatif yang bagus karena jenis latihan ini tidak membebani sendi bahu atau pun lengan Anda dengan signifikan. Ini bisa terjadi karena Anda tidak perlu melawan gaya gravitasi yang menyulitkan pergerakan.

 

Cara Melakukan Wall Push Up dengan Benar

Cara melakukan wall push up sangat mudah, yakni:

  • Berdiri di dekat dinding. Beri sedikit jarak antara tubuh Anda dengan dinding sekitar satu langkah. Jika ingin lebih menantang, Anda bisa mengambil sekitar 1,5-2 langkah.
  • Letakkan telapak tangan di dinding sambil menekuk siku. Pastikan tangan sudah dibuka selebar bahu.
  • Kencangkan otot perut inti agar kontraksi otot bisa terjadi.
  • Selanjutnya, dorong tubuh menjauh dari dinding dengan meluruskan tangan.
  • Dorong tubuh kembali mendekati dinding dengan menekuk tangan.
  • Pastikan tubuh tetap lurus saat Anda melakukan wall push up. 
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 10-12 repetisi sebanyak 3 set atau lebih.
  • Untuk meningkatkan tantangan, Anda bisa berdiri sambil berjinjit.

 

Ini adalah latihan yang mudah tanpa memerlukan usaha yang banyak atau pun tambahan alat. Cukup berdiri dekat dinding dan melakukan gerakan push up, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai manfaat yang bagus bagi seorang wanita. Selamat mencoba.

 

--- Related Article ---


Referensi:

  • Health Shots, (2022), Want to get rid of those jiggly arms? Then make wall push-ups your ultimate BFF!
  • Steel Backed By Science, (2022), How to Do Wall Push Ups (Form & Benefits)
  • Live Strong, (2023), How to Do Wall Push-Ups (and the 5 Best Variations) for a Stronger Upper Body

 


 
Tags:
#Push Up  #manfaat push up  #wall push up 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article