sfidn - BCAA VS Creatine, Mana yang Lebih Baik untuk Pertumbuhan Otot?

BCAA VS Creatine, Mana yang Lebih Baik untuk Pertumbuhan Otot?

sfidn.com – Sebagian orang memilih BCAA karena mendukung pembentukan otot, sementara yang lainnya lebih condong pada Creatine karena kemampuannya dalam meningkatkan energi dan kinerja fisik. 

Namun, suplemen manakah yang lebih baik untuk meningkatkan pertumbuhan otot? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

 

Apa Itu BCAA dan Fungsinya?

BCAA atau Branch Chain Amino Acids adalah asam amino esensial yang terdiri dari leusin, isoleusin, dan valin yang mendukung proses pembentukan otot. 

Fungsi Utama BCAA adalah memberikan bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot yang baru. 

BCAA juga terlibat dalam metabolisme lemak sehingga sering digunakan oleh atlet dan binaragawan untuk meningkatkan kinerja olahraga mereka.

Suplemen BCAA tersedia dalam bentuk bubuk atau kapsul dan dapat dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga, atau sebagai bagian dari pola makan tinggi protein. 

Penggunaan BCAA umumnya dianggap aman, namun individu dengan masalah kesehatan tertentu seperti penyakit hati atau ginjal sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya dalam jumlah besar.

 

Apa Itu Creatine dan Fungsinya?

Creatine adalah senyawa organik dengan rumus H2N yang berperan dalam memberikan energi pada sel. Senyawa ini pada dasarnya bisa ditemukan dalam tubuh manusia dan makanan seperti daging dan ikan. 

Pengonsumsian suplemen creatine telah terbukti dapat meningkatkan energi tubuh dengan mengisi ulang tingkat ATP yang merupakan sumber energi utama untuk otot.

Saat tingkat ATP rendah, Anda akan merasa lelah dan lesu. Maka dari itu, fungsi utama dari Creatine adalah meningkatkan produksi energi agar otot memiliki kekuatan dan daya tahan yang cukup selama aktivitas atau latihan fisik yang intens.

Suplemen creatine juga telah terbukti bermanfaat bagi para atlet dan olahragawan karena mampu mengurangi akumulasi asam laktat yang sering kali menyebabkan kram dan nyeri.

Meskipun terbilang aman, pengonsumsian Creatine harus diimbangi dengan asupan cairan yang cukup untuk mengurangi risiko efek samping, seperti sakit perut, diare, atau mual. 

Individu dengan masalah ginjal sebaiknya mengonsultasikan penggunaan suplemen olahraga dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

 

Perbedaan BCAA dan Creatine

BCAA penting untuk pembentukan dan pemulihan otot tetapi tidak menyediakan energi tambahan. Sedangkan Creatine berfungsi sebagai sumber energi bagi otot sehingga memungkinkan otot bekerja lebih keras dan lebih lama daripada biasanya.

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan performa selama olahraga maka Creatine menjadi pilihan tepat. Namun, jika fokus utama Anda adalah pada pembentukan, pertumbuhan, dan pemulihan otot setelah berolahraga maka pilihlah BCAA.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa suplemen olahraga yang paling baik untuk meningkatkan pertumbuhan otot adalah BCAA bukan Creatine.

Meski begitu, saat kinerja atletik Anda meningkat melalui pengonsumsian creatine maka jumlah otot yang rusak akan semakin banyak. Kondisi ini pun akan membantu Anda meningkatkan pertumbuhan otot karena akan ada lebih banyak otot yang diregenerasi. Jadi, jangan pandang rendah creatine, ya. 

 

Manfaat Suplemen BCAA

Suplemen BCAA memberikan sejumlah manfaat signifikan, seperti:

 

1. Meningkatkan Kinerja Olahraga

Studi menunjukkan bahwa penggunaan BCAA sebelum dan selama latihan dapat menunda kelelahan, mengurangi rasa nyeri otot, dan meningkatkan performa atletik. 

Contohnya, para pengendara sepeda yang mengonsumsi BCAA mampu mencapai jarak lebih jauh dan lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. 

Begitu pula dengan atlet angkat besi yang melaporkan peningkatan kekuatan dan penurunan nyeri otot setelah mengonsumsi BCAA.

 

2. Mendukung Proses Penurunan Berat Badan

Suplemen BCAA juga membantu dalam proses penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi BCAA kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, BCAA juga dapat meningkatkan metabolisme kreatin setelah berolahraga.

 

3. Mendorong Pertumbuhan Otot

Komposisi BCAA sangat mendukung pertumbuhan otot. Leusin, memainkan peran penting dalam proses sintesis protein otot. Isoleusin membantu dalam daya tahan dan membawa nutrisi penting ke otot.

Sementara valin membantu mencegah kerusakan otot dan mendukung sintesis kreatin.

 

4. Mengurangi Nyeri Otot dan Pemulihan yang Cepat

BCAA telah terbukti mengurangi nyeri otot pasca-latihan karena dapat mengurangi kerusakan otot dalam jangka pendek maupun panjang. Ini memungkinkan atlet untuk berlatih dengan intensitas yang lebih tinggi tanpa risiko cedera atau kelelahan otot yang berlebihan.

 

5. Pencegahan Pengecilan Otot

Selama periode pembatasan kalori atau diet, BCAA dapat membantu mencegah kehilangan massa otot dengan memberikan sumber energi alternatif..

 

Manfaat Suplemen Creatine

Creatine juga merupakan suplemen yang bagus karena memiliki banyak manfaat, seperti:

 

1. Peningkatan Kekuatan Otot

Creatine terbukti meningkatkan massa dan kekuatan otot. Dengan memberikan tambahan energi ke otot, suplemen ini mampu mendukung kontraksi otot yang lebih kuat selama latihan.

 

2. Membantu Pemulihan Otot

Creatine membantu memulihkan energi yang hilang selama latihan intensif sehingga memungkinkan pemulihan otot  yang lebih cepat dan kesiapan untuk sesi latihan berikutnya.

 

3. Penyediaan Energi untuk Otot

Dengan meningkatkan simpanan kreatin fosfat di otot, suplemen ini akan meningkatkan produksi energi selama aktivitas fisik tinggi, seperti sprint atau latihan kekuatan.

 

4. Mendukung Pertumbuhan Otot yang Cepat

Meski tidak menjadi suplemen utama untuk pertumbuhan otot tetapi melalui peningkatan kadar ATP, Creatine dapat memfasilitasi kontraksi otot yang lebih kuat dan lebih lama sehingga mendukung menyebabkan pertumbuhan dan kekuatan otot yang lebih baik.

 

Begitu banyak manfaat yang ditawarkan baik oleh BCAA maupun Creatine sehingga menjadikannya pilihan terbaik bagi mereka yang ingin meningkatkan kinerja olahraga, pemulihan yang lebih cepat, dan mendukung pertumbuhan otot yang optimal. 

Namun, sebelum mengonsumsinya, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk mengecek keamanannya pada tubuh Anda.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#creatine  #bcaa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article