Benarkah Pagi Hari adalah Waktu yang Tepat untuk Olahraga?

sfidn.com - Waktu yang tepat untuk olahraga sering kali menjadi salah satu bahan perdebatan di kalangan sports enthusiasts. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat ada yang menyatakan di pagi hari, ada pula di sore bahkan malam hari. Perbedaan pendapat ini akhirnya menimbulkan keraguan terkait kapan sebenarnya waktu olahraga yang baik untuk tubuh. 

Lantas, benarkah pagi hari adalah waktu yang tepat untuk olahraga? Yuk, simak terus artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Pagi hari sebagai waktu yang tepat untuk olahraga, benarkah?

Waktu olahraga yang dianggap baik oleh sebagian besar orang adalah di pagi hari. Selain menghemat waktu, ini bisa menjadi awal yang baik untuk Anda beraktivitas selanjutnya. 

Menurut Kelly yang dilansir dari Healthline, banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika berolahraga di pagi hari.

Pertama, Anda bisa menyelesaikan sesi latihan Anda sebelum memulai hari. Ini berarti Anda dapat mengawali hari Anda dengan endorfin dan perasaan yang baik, sehingga bisa semangat dan fit beraktivitas sepanjang hari.  

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir ‘kehabisan waktu’ kalau berolahraga di sore atau malam hari – belum lagi kalau ada lembur atau urusan dadakan. Alhasil, olahraga di pagi hari dapat melegakan Anda dan menyisakan waktu Anda untuk kegiatan yang lainnya, seperti memasak makan malam, hang out dengan teman, atau sekadar bersantai.

Jadi, apakah Anda setuju kalau pagi hari adalah waktu terbaik untuk olahraga?

Manfaat olahraga di pagi hari (menurut Sains)

Faktanya, beberapa studi mendukung bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk olahraga. Hal ini karena manfaatnya yang luar bisa yang mungkin tidak akan Anda dapatkan jika berolahraga di sore atau malam hari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Medicine and Science in Sports and Exercise misalnya, studi ini mengevaluasi bagaimana wanita merespons makanan setelah berolahraga di pagi hari. 

Hasilnya sungguh mengejutkan! Ketika para peserta (dengan berat badan sehat dan obesitas) melakukan jalan cepat selama 45 menit, mereka tidak terlalu terganggu saat melihat foto-foto makanan lezat dibandingkan ketika tidak berolahraga sama sekali.

Lebih lanjut, olahraga di pagi hari dapat membuat para peserta meningkatkan aktivitas fisiknya sepanjang hari dibandingkan saat mereka tidak berolahraga di pagi harinya.

Ini menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme, sehingga Anda bisa terus membakar kalori sepanjang hari dibandingkan Anda berolahraga pada malam hari. Apalagi, laju metabolisme tubuh akan melambat saat Anda tidur.

Fairbrother et al. (2014) juga menyatakan bahwa olahraga di malam hari dapat mengganggu tidur Anda. Mengapa? Karena olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Anda. Sesi Anda berkeringat sampai larut malam dapat menyebabkan Anda susah memejamkan mata dan akhirnya, Anda sulit tidur.

Selain itu, berolahraga pada jam 7 pagi dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari daripada melakukannya di sore atau malam hari.

Satu lagi argumen yang menguatkan bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk olahraga, yaitu berolahraga dengan perut kosong bisa membakar lemak lebih banyak. Bahkan, ini bisa membakar hingga 20 persen lemak di tubuh Anda. Tentunya, ini menjadi prestasi yang jauh lebih dapat Anda capai saat berolahraga di pagi hari sebelum sarapan daripada setelah seharian penuh makan secara teratur.

--- Related Article ---

Lalu, apakah olahraga di sore atau malam hari tidak baik?

Pagi hari memang telah dianggap sebagai waktu yang tepat untuk olahraga, tetapi bukan berarti sore atau malam hari adalah waktu yang tidak baik. Terlebih lagi, jika Anda hanya bisa pada waktu tersebut untuk berolahraga.
 
Beberapa studi juga menemukan bahwa olahraga di sore atau malam hari terbukti bermanfaat.

Studi tahun 2010 menemukan bahwa kemampuan tubuh Anda untuk melakukan titik tertingginya adalah di sore hari (jam 2-6 sore), seperti peningkatan suhu tubuh, fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, serta daya tahan untuk kinerja Anda. 

Alhasil, ini menjadikan sore hari sebagai waktu yang ideal untuk Anda berolahraga, karena otot Anda sudah menghangat, serta kekuatan dan daya tahan otot Anda lebih tinggi daripada di pagi hari.

Proses penyerapan oksigen juga terjadi lebih cepat di malam hari, sehingga Anda dapat menggunakan energi Anda lebih efektif daripada di pagi hari. Mengingat olahraga di pagi hari juga perlu pemanasan tambahan untuk latihan Anda, di mana bagi sebagian orang ini bisa mengganggu fokus latihannya.

Selain itu, sore dan malam hari juga dianggap sebagai waktu yang tepat untuk olahraga HIIT atau latihan kecepatan di treadmill, karena proses reaksi tubuh terjadi paling cepat pada saat ini. Sore hari juga merupakan waktu saat detak jantung dan tekanan darah Anda rendah, sehingga dapat mengurangi risiko cedera sambil meningkatkan kinerja.

Kesimpulan

Tidak ada studi yang benar-benar menyimpulkan kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk olahraga. Terlepas dari itu semua, ada satu hal penting yang harus Anda ketahui, yaitu olahraga sangatlah penting – tidak peduli kapan Anda harus melakukannya. Berolahragalah sesuai dengan kemampuan Anda dan lakukan secara konsisten pada waktu yang sama setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal. That’s the most important, right?

 

Referensi:

  • Fairbrother et al. 2014. Effects of exercise timing on sleep architecture and nocturnal blood pressure in prehypertensives. Vasc Health Risk Manag. 2014(10): 691–698.
  • Gonzalez et al. 2013. Breakfast and exercise contingently affect postprandial metabolism and energy balance in physically active males. Br J Nutr. 110(4): 721-32.
  • Hanlon et al. 2012. Neural response to pictures of food after exercise in normal-weight and obese women. Med Sci Sports Exerc. 44(10): 1864-70.
  • Healthline (2018). What’s the Best Time of Day to Exercise?
  • Healthline (2019). 13 Benefits of Working Out in the Morning.
  • Hines CB. 2004. Time-of-Da Time-of-Day Effects on Human P ects on Human Performance. Catholic Education. 7(3): 390-413.
  • Racinais S. 2010. Different effects of heat exposure upon exercise performance in the morning and afternoon. Scand J Med Sci Sports. 20(3) :80-9.
  • Time (2019). This Is the Best Time of Day to Work Out, According to Science.
Tags:
#olahraga  #waktu yang tepat untuk olahraga  #waktu olahraga yang baik  #waktu terbaik untuk olahraga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail