sfidn - Buah Rendah Karbohidrat yang Aman Dikonsumsi saat Diet Atkins

Buah Rendah Karbohidrat yang Aman Dikonsumsi saat Diet Atkins

sfidn.com – Saat menerapkan diet atkins, segala jenis makanan yang mengandung karbohidrat harus dibatasi. Maka dari itu, memilih buah rendah karbo menjadi hal yang wajib Anda lakukan.

 

Buah Rendah Karbohidrat yang Aman Dikonsumsi saat Diet Atkins

Diet atkins adalah sebuah program diet rendah karbohidrat yang dikembangkan oleh Dr. Robert C. Atkins. Program ini fokus pada pengurangan asupan karbohidrat untuk mendorong tubuh masuk ke dalam keadaan ketosis (menjadikan lemak sebagai bahan bakar utama).

Oleh karena itu, mengonsumsi buah-buahan yang dianggap sehat pun harus dibatasi jika buah tersebut tinggi karbohidrat agar tidak mengganggu proses ketosis pada diet atkins.

Kami akan membantu Anda sukses menerapkan diet atkins tanpa mengurangi nutrisi lain yang bisa didapatkan dari buah-buahan. 

 

8 Buah Rendah Karbohidrat yang Cocok untuk Diet Atkins

Sedikitnya, ada delapan buah rendah karbohidrat yang aman untuk Anda konsumsi saat menjalankan diet Atkins, seperti blackberry, alpukat, semangka, tomat, belimbing, raspberry, lemon, dan stroberi. Berikut informasi selengkapnya.

 

1. Blackberry

Blackberry memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, yaitu sekitar 9-10 gram per 100 gram buah. Selain itu, buah ini juga tinggi serat yang baik untuk pencernaan.

 

2. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung lemak sehat sangat tinggi, sedangkan kandungan karbohidratnya relatif rendah hanya sekitar 8-9 gram per 100 gram buah.

 

3. Semangka

Semangka memang mengandung karbohidrat tapi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak hanya sekitar 7-8 gram per 100 gram. Sebagian besar buah ini adalah air sehingga aman untuk Anda konsumsi saat diet atkins.

 

4. Tomat

Tomat adalah buah yang sangat rendah karbohidrat karena hanya mengandung 2-3 gram per 100 gram buah. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C dan likopen yang berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan penyembuhan luka.

 

5. Belimbing

Belimbing juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, yaitu sekitar 4-5 gram per 100 gram. Buah ini juga dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah sehingga tidak hanya aman dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet tapi juga orang yang mengalami diabetes.

 

6. Raspberry

Buah rendah karbo berikutnya adalah Raspberry karena hanya mengandung sekitar 12 gram karbohidrat per 100 gram buah. Raspberry juga merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

 

7. Lemon

Lemon memiliki kandungan karbohidrat yang relatif rendah, yaitu sekitar 6-8 gram per 100 gram buah dan kaya akan vitamin C yang baik untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

 

8. Stroberi

Buah terakhir yang mengandung karbohidrat sangat rendah adalah stroberi, yaitu sekitar 5-7 gram per 100 gram. Lebih rendah dari buah beri lainnya.

 

Baca Juga:

Inilah Berbagai Manfaat Buah Berry untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

 

Buah yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Setelah mengetahui buah apa saja yang rendah karbohidrat, Anda juga perlu mengetahui buah-buahan yang tinggi karbo agar dapat menghindarinya saat menjalankan diet Atkins. Buah-buahan yang dimaksud, yakni:

  • Kurma: Mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, yaitu sekitar 75-80 gram per 100 gram.
  • Pisang: Mengandung karbohidrat sekitar 22-25 gram per 100 gram.
  • Mangga: Mengandung karbohidrat sekitar 15-20 gram per 100 gram.
  • Pepaya: Mengandung karbohidrat sekitar 11-14 gram per 100 gram.
  • Apel: Mengandung karbohidrat sekitar 10-15 gram per 100 gram.

 

Dengan mengonsumsi buah rendah karbohidrat, Anda tetap dapat menyukseskan diet atkins dan mencapai ketosis tanpa harus kehilangan nutrisi yang banyak ditemukan pada buah-buahan. Telitilah dalam memilih buah agar mencapai kesehatan dan kebugaran yang Anda inginkan.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah  #Diet Atkins  #Karbohidrat 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article