sfidn - Efek Samping Mass Gainer yang Perlu Anda Waspadai

Efek Samping Mass Gainer yang Perlu Anda Waspadai

sfidn.com – Dalam upaya meningkatkan berat badan dan massa otot tanpa lemak, banyak orang yang menggunakan bantuan suplemen, contohnya Mass Gainer. Namun, suplemen ini pun memiliki efek samping yang perlu diwaspadai karena mungkin ada yang tidak cocok mengonsumsinya.

 

Efek Samping Mass Gainer yang Perlu Anda Waspadai

Mass Gainer adalah suplemen nutrisi yang dirancang khusus untuk membantu seseorang menambah berat badan dan massa otot tanpa harus khawatir adanya penimbunan lemak di dalam tubuh.

Suplemen Mass Gainer Terbuat dari campuran protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan serat. Semua kandungan ini dianggap efektif dalam membantu mereka yang kesulitan menaikan berat badan maupun membangun massa otot yang tebal.

 

Manfaat Mass Gainer Bagi Tubuh Anda

Selian menambah berat badan dan membangun massa otot, ada banyak manfaat lainnya dari Mass Gainer, seperti:

 

1. Memperoleh Asupan Protein yang Tinggi

Mass Gainer memiliki kandungan protein yang tinggi karena berasal dari sumber-sumber berkualitas, seperti whey dan casein. Protein akan mendukung proses regenerasi dan pertumbuhan otot yang lebih cepat setelah latihan.

 

2. Mendapat Nutrisi yang Cukup tanpa Makan dalam Jumlah Besar

Anda mungkin ingin mendapatkan nutrisi yang cukup tapi tidak mau mengonsumsi banyak makan. Mass Gainer bisa menjadi solusinya. Kandungan karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serta di dalam suplemen tersebut sudah bisa memberikan sebagian besar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda.

 

3. Meningkatkan Energi dan Kekuatan selama Latihan

Karbohidrat yang ada di dalam Mass gainer biasanya cepat diserap oleh tubuh sehingga dapat memberikan energi selama latihan karena membantu mempertahankan dan memulihkan glikogen otot yang hilang.

 

4. Mengurangi Risiko Peradangan

Kandungan Medium-Chain Triglycerides (MCT) yang biasanya ada di dalam Mass gainer memiliki efek anti-inflamasi dengan memodulasi respon sistem kekebalan tubuh.

Ini artinya, mengonsumsi Mass Gainer dapat mengurangi risiko peradangan yang berkaitan dengan penyakit tertentu, seperti penyakit usus, sindrom metabolik, dan lain-lain.

 

5. Cocok untuk Ectomorph dan Orang dengan Metabolisme Tinggi

Individu dengan tipe tubuh ectomorph “kurus” dan yang memiliki metabolisme tinggi biasanya akan kesulitan dalam menaikkan berat badan. Namun, pengonsumsian Mass Gainer secara teratur dapat membantu mengubah kondisi tersebut.

 

Efek Samping Mass Gainer

Tidak Bisa Dipungkiri jika Mass Gainer memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Namun, segala sesuatu memiliki efek samping yang bisa saja dirasakan oleh individu tertentu.

Kami telah merangkum tujuh efek samping Mass Gainer yang perlu Anda waspadai, yakni:

 

1. Lemak Tubuh yang Berlebihan

Mass gainer yang kurang berkualitas biasanya memiliki kalori yang tinggi. Apalagi jika diimbangi dengan aktivitas fisik yang memadai. Hal ini bisa saja meningkatkan lemak di tubuh Anda secara berlebihan.

Ada baiknya jika Anda memilih suplemen dari produsen terpercaya, mengikuti pedoman pengonsumsian, serta tidak lupa berolahraga.

 

2. Masalah Pencernaan dan Gangguan Lambung

Efek samping Mass Gainer yang berikutnya berkaitan dengan masalah pencernaan dan gangguan lambung pada individu tertentu. 

Beberapa orang mungkin mengalami kembung, diare, dan gastroenteritis karena kandungan protein, karbohidrat kompleks atau bahan tambahan tertentu dalam Mass Gainer. Terutama bagi mereka yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap laktosa.

 

3. Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Pengonsumsian berlebihan atau tanpa pengawasan tenaga medis pada orang-orang yang memiliki resistensi insulin bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

 

4. Peningkatan Gula Darah yang Cepat

Karbohidrat dalam Mass Gainer dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. Ini bisa merugikan individu yang memiliki masalah dalam pengontrolan gula darah, seperti orang dengan diabtes dan resistensi insulin yang dapat memperburuk kondisinya.

 

5. Gangguan Metabolisme

Mass Gainer dapat menyebabkan gangguan metabolisme terutama pada orang yang tidak memiliki kebutuhan kalori yang tinggi. Akibatnya, individu tersebut bisa saja menimbun kalori dan lemak secara berlebihan.

 

6. Overdosis Vitamin dan Mineral

Beberapa Mass Gainer mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan overdosis, dengan potensi dampak negatif pada kesehatan.

 

7. Ketergantungan pada Suplemen

Mengandalkan Mass Gainer secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dapat menyebabkan ketergantungan dan mengurangi kecenderungan untuk mendapatkan nutrisi dari makanan alami.

 

Saat memutuskan untuk menggunakan Mass Gainer, penting untuk memahami manfaat sekaligus efek samping yang mungkin timbul agar Anda memiliki perhatian, kesadaran, dan pengawasan yang baik terhadap kesehatan dan kebutuhan tubuh Anda sendiri.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#mass gainer 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article