sfidn - Floyd Mayweather Workout

Floyd Mayweather Workout

Floyd Mayweather Workout. Bagi anda yang menyukai olahraga tinju tentu saja anda mengenali sosok Floyd Mayweather Jr, siapa yang tidak kenal dengan petinju yang memiliki julukan Money, Dia memulai karir dari tahun 1996 hingga 2007 dan 2009 hingga 2015, dan kembali pada tahun 2017. Selama karirnya, ia memegang banyak gelar dunia dalam lima kelas berat dan kejuaraan lineal dalam empat kelas berat (dua kali di kelas welter), dan pensiun dengan catatan tak terkalahkan. Sebagai seorang amatir, Mayweather memenangkan medali perunggu di divisi kelas bulu di Olimpiade 1996, tiga kejuaraan Sarung Tangan Emas AS (di kelas light flyweight, kelas flyweight, dan featherweight), dan kejuaraan nasional AS di kelas Featherweight.

Mayweather memiliki rekor amatir 84-8 dan memenangkan Kejuaraan Sarung Tangan Emas nasional pada tahun 1993 (di kelas 106 lb), 1994 (di kelas 114 lb), dan 1996 (di kelas 125 lb). Dia dijuluki Pretty Boy oleh rekan tim amatirnya karena dia memiliki sedikit bekas luka setelah pertandingannya, hasil dari teknik pertahanan yang ayah dan pamannya (Roger Mayweather) telah ajarkan padanya. Pada tanggal 26 Agustus 2017 dikelas light middleweight, diadakan pertandingan tinju professional antara Floyd "money" Mayweather Jr dengan "The Notorious" Conor Mcgregor. Di umurnya yang sudah sudah berkepala 4 ini, Floyd tetap memiliki tubuh yang atletis dan ideal.


POLA LATIHAN

Saat pertandingan semakin dekat, Mayweather akan mencapai puncak pelatihannya. Rezim melelahkan, yang dikenal sebagai"kamp", dirancang untuk mendorong petinju ke puncaknya. Kamp-kamp ditujukan untuk tiga tingkat petinju yang berbeda dengan jangka waktu 10 atau 12 minggu tergantung tiap individu. Tingkat pertama adalah kamp pelatihan pengembangan, membawa petinju pemula naik ke peringkat dunia. Lalu ada kamp tingkat dua, di mana petinju yang telah mencapai titik dimana ia mengetahui dengan baik dasar-dasar, dan menghabiskan waktu untuk mendalami teknik ke dalam pikiran mereka hingga menjadi kebiasaan. Terakhir, ada tingkat Mayweather, atau dikenal sebagai kamp reaktivasi, tempat petinju berusia 30 atau 40 tahun pergi berlatih. Untuk pola latihan beban yang dilakukan mayweather adalah menggunakan bodyweight circuit training, yaitu menggunakan beban tubuhnya sebagai resistance.

LATIHAN BEBAN

1. Push-Up



2. Pull-Up



3. Dips



4. Ab Wheel Rollout



5. Hanging Leg Raise



6. Jumping Rope




LATIHAN TINJU

Latihan yang pertama anda lakukan adalah shadow boxing menggunakan dumbell 1kg, lakukan selama 2-3 ronde selama 3 menit tiap rondenya. Peganglah kedua dumbell anda dan posisikan kuda-kuda anda yaitu ortodoks maupun southpaw. Lalu jab straight uppercut hook strike, atau bisa d kombinasikan sesuai dengan pola yang anda sukai dan jangan lupa terus bergerak jangan diam d tempat karena lawan anda tidak mungkin hanya diam saja dan juga untuk melatih footwork anda.



Setelah anda melakukan shadow boxing, sekarang anda menuju heavy bag work, lakukan selama 3-5 ronde masing-masing 3 menit. Kunci utama untuk latihan samsak yang aman dan efektif adalah memukul samsak, bukan mendorongnya. Alih-alih melancarkan pukulan dorongan, maksudnya anda mencoba mendorong tangan sepenuhnya ke arah target, anda harus melancarkan pukulan snap (pukulan keras dan menyentak) saat berlatih. Pukulan snap memungkinkan anda menghemat energi sambil memukul lebih keras dan bergerak lebih cepat. Saat melancarkan pukulan snap, pergelangan tangan akan tersentak balik akibat benturan dengan samsak.



Setelah itu lakukan latihan pad dengan partner atau pelatih tinju anda, anda bisa melatih reflek, ketepatan, dan membuat muscle memory agar dapat merespon situasi lebih cepat. Latihan pad tidak bisa dilakukan sendiri, anda butuh partner agar bisa melakukan latihan ini. Lakukan lah latihan ini selama 5-6 ronde masing-masing 3 menit.



Itu dia informasi penting tentang latihan petinju dunia Floyd Mayweather Workout yang wajib anda ketahui. Selamat mencoba!

Writer : Cakra Adi ( SFIDN Personal Trainer )


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article