sfidn - Gerakan Pilates yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah di Rumah

Gerakan Pilates yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah di Rumah

sfidn.com – Tanpa harus pergi ke pusat kebugaran atau pun menyewa instruktur, Anda bisa melakukan berbagai gerakan pilates dengan mudah meski hanya di rumah saja. 
Caranya dengan mengikuti gerakan pilates di bawah ini secara bertahap agar dapat merehabilitasi tubuh Anda dan membuatnya menjadi lebih kuat.

7 Gerakan Pilates di Rumah 

Pilates dikenal sebagai olahraga yang mengutamakan kekuatan, keseimbangan, serta kelenturan sehingga mampu memperbaiki otot tubuh yang rusak atau cedera agar kembali ke kondisi semula. 

Dengan melakukan gerakan pilates, Anda juga bisa memperbaiki postur tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, serta memperbaiki fungsi pernapasan. 
Semua manfaat dari pilates bisa Anda dapatkan meski berlatih di rumah saja. Caranya dengan rutin melakukan beberapa gerakan berikut ini: 

1. The Hundred

Gerakan "The Hundred" merupakan salah satu gerakan ikonik dalam Pilates yang membantu memperkuat otot perut dan meningkatkan kapasitas paru-paru. 
Caranya adalah dengan berbaring telentang, mengangkat kaki, dan meletakkan tangan secara lurus di samping tubuh. 
Selanjutnya, teput telapak tangan ke lantai berulang kali secara berirama sambil mengambil dan menghembuskan napas.

2. Roll-Up

Roll-Up atau menggulung adalah gerakan pilates yang berfokus pada otot inti dan punggung bagian bawah. 
Cara melakukan gerakan ini adalah dengan berbaring telentang. Kemudian secara perlahan, angkat tubuh Anda ke posisi duduk. Lalu kembali lagi ke posisi awal secara perlahan. 
Gerakan roll-up ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tulang belakang Anda sehingga tidak akan mudah cedera atau pun terasa nyeri. 

3. Single Leg Circles

Gerakan single leg circles atau lingkaran kaki tunggal akan melibatkan otot-otot perut, pinggul, dan paha Anda. Gerakan pilates ini membantu meningkatkan keseimbangan dan kekuatan otot kaki. 
Caranya, Anda perlu berbaring telentang dan angkat satu kaki ke atas. Selanjutnya, buat lingkaran kecil dengan kaki tersebut. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki yang lain. 

4. Plank

Plank adalah gerakan yang membantu memperkuat otot inti, lengan, dan bahu serta meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh. 
Gerakan pilate sini bisa Anda lakukan di rumah dengan cara berbaring tengkurap, kemudian angkat tubuh Anda dengan berpegangan pada lengan. 
Pastikan tubuh Anda membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit. Tahan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal.

5. Leg Pull Front

Leg Pull Front atau tarik kaki ke depan merupakan gerakan yang fokus pada otot perut, punggung, dan bahu. Gerakan ini membantu memperkuat otot tubuh bagian atas dan bawah.
Lakukan gerakan ini dengan memulainya dari posisi plank. Berikutnya, angkat satu kaki ke atas dan tahan beberapa detik. Kemudian, ganti kaki yang diangkat. 

6. Toe Tap

Toe tap atau ketuk jari kaki merupakan gerakan dalam pilates yang bisa Anda coba di rumah untuk memperkuat otot perut serta mengembangkan kesadaran tubuh. 
Lakukan gerakan ini dengan berbaring telentang sambil mengangkat kedua kaki yang ditekuk sehingga lutut berada di atas pinggul. 
Selanjutnya, turunkan kedua kaki Anda sehingga jari-jari kaki bisa menyentuh lantai, lalu naikkan kembali ke posisi awal. Lakukan berulang kaki. 

7. Child's Pose

Setelah melakukan gerakan yang menguras energi, penting untuk merilekskan tubuh Anda. Child's Pose adalah gerakan istirahat dalam Pilates. 
Cara melakukannya, yaitu dengan duduk di atas lutut dan menundukkan tubuh ke depan dengan tangan mengarah ke depan, Anda dapat merenggangkan punggung dan otot bahu.

Ingatlah bawa konsistensi dan komitmen dalam berlatih adalah kunci utama kesuksesan Anda mendapatkan manfaat dari gerakan pilates yang Anda lakukan di rumah. Jangan mudah menyerah dan semangat berlatih. ***

Referensi: 
www.self.com/ 
www.self.com/ 
 


 
Tags:
#pilates 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article