sfidn - Jalan kaki 10.000 Langkah Setiap Hari, Ini yang akan Terjadi Pada Tubuh Anda

Jalan kaki 10.000 Langkah Setiap Hari, Ini yang akan Terjadi Pada Tubuh Anda

sfidn.com – Pakar kesehatan menganjurkan kita untuk jalan kaki 10.000 langkah setiap hari tentu saja bukan tanpa alasan. 

Jalan kaki 10.000 langkah setiap hari mampu memberikan efek positif yang begitu besar hingga Anda akan terkejut saat merasakannya. 

Supaya keinginan Anda untuk jalan kaki hingga 10.000 langkah semakin besar, kami akan memberitahu apa saja yang akan terjadi pada tubuh Anda jika berani melakukannya. 

 

Baca Juga: 

5 Cara Tidur Lebih Nyenyak, Maksimalkan Pembersihan Racun dalam Tubuh

 

Fakta Jalan Kaki 10.000 Langkah 

Tahukah Anda jika awal mula penyebutan 10.000 langkah ini bukan berasal dari ahli kesehatan atau pun pakar kebugaran. 

Namun ternyata, angka ini berasal dari sebuah kampanye periklanan Jepang di tahun 1965 untuk  memperkenalkan dan menjual pedometer. 

Barulah setelah itu, para peneliti mulai mencari tahu kebenaran klaim dari manfaat kesehatan jalan kaki 10.000 langkah untuk kesehatan dan kebugaran manusia. 

Jalan kaki 10.000 langkah setara dengan 7-8 kilometer. Itu tergantung pada tingkat kecepatan Anda berjalan.  

Sebenarnya, jumlah langkah yang dibutuhkan setiap manusia itu berbeda. Tidak ada angka yang cocok untuk semua orang. Namun, jika Anda mau jalan kaki hingga 10.000 langkah, tentu akan ada manfaat signifikan bagi tubuh Anda. 

Dengan berjalan 10.000 langkah, Anda bisa membakar kalori hingga 300-500 kalori dan akan bertambah seiring meningkatnya sistem metabolisme tubuh Anda. 

 

Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari

Peneliti berasumsi bahwa dengan jalan kaki 10.000 langkah, terlebih lagi dengan berjalan cepat maka dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, kekuatan otot, dan kepadatan tulang.

Tambahan lainnya, dapat mendukung dan memperbaiki kesehatan mental dengan cara menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati agar menjadi lebih baik. 

Kami akan menjabarkan lebih jauh mengenai manfaat jalan kaki 10.000 langkah setiap harinya berikut ini. 

 

Baca Juga: 

6 Jenis Olahraga yang Ampuh Membakar Lemak dengan Cepat

 

1. Jalan Kaki 10.000 Langkah Meningkatkan Kebugaran Kardiorespirasi

Kardiorespirasi merupakan istilah yang mengacu pada interaksi antara dua sistem vital dalam tubuh manusia, yaitu sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) dan sistem respiratori (pernapasan). 

Ini melibatkan proses-proses yang penting bagi transportasi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh serta pengeluaran karbondioksida dan produk sisa metabolisme lainnya dari tubuh.

Kardiorespirasi yang bugar dan sehat dapat membantu Anda menghasilkan energi secara efektif sehingga memberikan kekuatan dan daya tahan yang lebih baik untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Manfaat lainnya, kardiorespirasi yang sehat akan berdampak pada peningkatan kapasitas paru-paru serta kualitas pernapasan sehingga tubuh mampu menyuplai oksigen yang cukup untuk proses metabolisme seluler serta pembuangan produk sisa yang tidak diinginkan.

 

--- Related Article ---

 

2. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Kepadatan Tulang

Dengan berjalan kaki 10.000 langkah setiap harinya maka secara signifikan otot di tubuh Anda akan semakin kuat dan kepadatan tulang pun ikut meningkat. 

Aktivitas jalan kaki melibatkan banyak otot dalam tubuh, terutama otot yang berada di kaki, pinggul, dan panggul. 

Selama berjalan, otot-otot ini diberi rangsangan untuk bekerja sehingga ia didorong untuk memperkuat dan memperbesar dirinya demi menunjang aktivitas yang sedang tubuh lakukan. 

Seiring waktu,kekuatan dan massa otot pun akan meningkat yang membuat Anda jauh lebih sehat karena massa lemak akan berkurang.  

Di sisi lain, kegiatan berjalan mengharuskan tulang untuk menopang dan mendukung berat tubuh Anda. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan dan kekuatan tulang serta membantu mencegah penurunan kepadatan tulang. 

 

3. Jalan Kaki 10.000 Langkah dapat Memperbaiki Kesehatan Mental

Bagi penderita depresi, kecemasan, dan stres, Anda biasanya disarankan oleh ahli kesehatan untuk memperbanyak olahraga, termasuk berjalan kaki. 

Aktivitas jalan kaki 10.000 langkah memberi manfaat yang signifikan terhadap tubuh karena akan membantunya meningkatkan sirkulasi darah dan asupan oksigen ke otak. Hal ini membantu meningkatkan fungsi kognitif manusia. 

Berjalan juga dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon endorfin yang disebut-sebut sebagai hormon kebahagiaan sehingga suasana hati Anda akan meningkat dan memberikan rasa nyaman. 

 

Risiko Jalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari

Jalan kaki 10.000 langkah bukan hal yang mudah karena jarak yang ditempuh terbilang cukup jauh. Apalagi jika dilakukan setiap hari bersamaan dengan aktivitas Anda yang begitu padat. 

Ada risiko yang menyertai kegiatan ini, seperti cedera, ketegangan sendi, hingga overtraining. Potensi ini akan bergantung pada tingkat kebugaran Anda saat berolahraga.

 

Baca Juga: 
Overtraining: Gejala, Cara Mengatasi, dan Tips Mencegahnya

 

Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan lebih lambat atau pun memakai alas kaki yang tepat. Bahkan, jalan kaki 4000-7500 langkah per harinya sudah cukup untuk meningkatkan metabolisme dan harapan hidup manusia. 

Jalan kaki menjadi olahraga ringan, sederhana, dan murah dengan segudang manfaat bagi tubuh Anda. Sebisa mungkin luangkan waktu agar Anda dapat berjalan kaki hingga 10.000 langkah setiap hari. Selamat berolahraga. ***


Referensi: 
www.verywellfit.com
www.pritikin.com 
www.insider.com 
 


 
Tags:
#berjalan  #jalan  #jalan cepat 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article