sfidn - Kandungan dan Manfaat Keju Cottage Mendukung Diet yang Sehat 

Kandungan dan Manfaat Keju Cottage Mendukung Diet yang Sehat 

sfidn.com – Keju cottage semakin dikenal luas oleh masyarakat setelah viral di media sosial sebagai pengganti dressing makanan sehat yang mendukung program diet seimbang. 

Kandungan protein yang tinggi membuat keju cottage memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, seperti membantu pertumbuhan dan pemeliharaan otot, mencegah osteoporosis, dan masih banyak lagi. 

Keju cottage memiliki rasa yang asam segar sehingga mudah diterima di lidah siapa saja, termasuk individu yang kurang menyukai produk olahan susu. 

Kami ingin mengajak Anda untuk mengenal keju cottage dengan lebih dalam, mulai dari sejarah, proses pembuatan, kandungan, hingga manfaat yang dimilikinya. Mari simak bersama-sama.

 

Apa Itu Keju Cottage?

Keju cottage adalah salah satu jenis keju yang yang memiliki tekstur lembut mirip dengan tahu susu, rasanya yang sedikit asam, serta nilai gizinya yang tinggi. 

Baru-baru ini, kepopuleran keju cottage di Indonesia begitu meningkat setelah program diet Tiffany Plate viral di media sosial. 

Rasanya yang sedikit asam membuat keju cottage sangat cocok dihidangkan bersama makanan yang manis maupun gurih sehingga cocok disandingkan dengan sayur, lauk, maupun buah. 

 

Sejarah Keju Cottage

Sejarah keju cottage hingga akhirnya dikenal luas oleh masyarakat di seluruh dunia sangatlah Panjang. Keju ini muncul pertama kali di Inggris sekitar abad ke-17 atau ke-18. 

Awalnya, keju cottage disebut sebagai “curds and whey” yang memiliki arti dadih atau sisa susu yang dihasilkan dalam produksi keju. 

Keju ini dahulunya adalah makanan yang sangat sederhana dan terjangkau karena mudah dibuat dan kala itu, peternak sapi masih sangat banyak sehingga mereka memiliki akses yang mudah ke bahan baku susu. 

Pada abad ke-19, imigran Inggris membawa tradisi pembuatan keju cottage ke Amerika Serikat. Keju jenis ini mulai banyak dikenal dan digunakan sebagai komponen penting dalam hidangan salad. 

Seiring berjalannya waktu, beberapa produsen keju mulai memproduksi keju cottage dengan berbagai rasa dan tekstur, termasuk menyediakan pilihan keju rendah lemak atau pun bebas lemak. Hingga akhirnya jenis keju ini populer di seluruh dunia. 

 

Proses Pembuatan Keju Cottage

Proses pembuatan keju cottage dimulai dengan memanaskan susu sapi segar hingga mencapai suhu tertentu. 

Kemudian, bahan asam seperti cuka atau jus lemon ditambahkan ke dalam susu panas tersebut. Ini akan membuat protein dalam susu menggumpal dan membentuk curd (dadih). 

Setelah itu, curd dipisahkan dari whey (cairan yang tersisa) dan dibiarkan mengendap selama beberapa waktu. 

Setelah itu, curd yang mengeras ini dipecah-pecah menjadi butiran kecil hingga menjadi keju cottage yang kita kenal saat ini. 

 

--- Related Article ---

 

Kandungan yang Terdapat dalam Keju Cottage

Keju cottage memiliki beberapa kandungan yang sangat baik bagi kesehatan maupun tubuh manusia, seperti protein, kalsium, vitamin b, zat besi, dan probiotik. 

Jenis keju lembut ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan sehat. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam keju cottage:

  • Protein: Keju cottage mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.
  • Kalsium: Ini adalah mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Vitamin B: Keju cottage kaya akan vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, dan vitamin B12, yang penting untuk berbagai fungsi tubuh.
  • Zat Besi: Keju cottage mengandung zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.
  • Probiotik: Beberapa keju cottage mengandung probiotik alami yang baik untuk kesehatan pencernaan.

 

Manfaat Keju Cottage

Keju cottage adalah memiliki kandungan yang mengagumkan. Tidak heran jika Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang menguntungkan jika rutin mengonsumsinya. Terlebih lagi ketika Anda sedang dalam program diet. 

Kami akan akan merincikan beberapa manfaat keju cottage dengan lebih detail di bawah ini:

 

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Keju cottage merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Protein dalam keju ini mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. 

Protein dan asam amino esensial sangat baik untuk membantu pertumbuhan serta pemeliharaan otot, memperbaiki sel yang rusak, mengatur fungsi enzim, menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjadi sumber energi cadangan. 

 

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain protein, keju cottage juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi di mana manfaatnya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. 

Dengan begitu, Anda dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis yang dapat mengurangi risiko patah tulang saat usia lanjut.

 

3. Manfaat Vitamin B dalam Keju Cottage

Keju cottage kaya akan vitamin B kompleks, termasuk riboflavin (B2), niacin (B3), dan vitamin B12 yang memiliki manfaat, diantaranya: 

  • Mendukung kesehatan mata, kulit, dan organ lain yang terpapar sinar matahari
  • Memproduksi adenosine triphosphate yang menjadi sumber energi utama dalam sel
  • Membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah
  • Mencegah anemia megaloblastic
  • Menjaga kesehatan otak  
  • Meningkatkan Energi dan Metabolisme

 

4. Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Darah

Keju cottage mengandung zat besi yang mendukung pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh. 

Kandungan zat besi ini yang dapat menjaga Anda dari risiko anemia, kelelahan akut, dan masalah kesehatan lainnya. 

 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Beberapa varietas keju cottage yang tidak dipasteurisasi mengandung probiotik alami seperti Lactobacillus acidophilus. 

Probiotik ini dapat menjaga kesehatan pencernaan karena akan menyeimbangkan flora dan fauna dalam usus Anda serta mampu menyerap nutrisi dengan lebih baik.

 

6. Mengontrol Berat Badan

Keju cottage sering diintegrasikan dalam program diet karena sifatnya yang rendah lemak dan tinggi protein. 

Dengan mengonsumsinya secara rutin maka dapat meningkatkan rasa kenyang yang bertahan lama. Ini akan mengurangi keinginan untuk makan camilan tidak sehat sehingga berat badan Anda terkontrol dengan baik. 

 

7. Keju Cottage Menjadi Makanan Serbaguna:

Manfaat lain dari keju cottage, yakni dapat digunakan dalam berbagai hidangan. Mulai dari sarapan, camilan, hingga hidangan utama sehingga membuatnya mudah diintegrasikan dalam rencana makanan sehari-hari Anda.

 

Keju cottage adalah pilihan makanan sehat yang sangat baik bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan berat badan. 

Anda telah memahami sejarah, cara pembuatan, kandungan, serta manfaat yang ada pada keju cottage. Jadi, jangan ragu memasukkan bahan makanan ini ke dalam hidangan harian Anda. Selamat mencoba. ***
 


 
Tags:
#diet  #keju 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article