sfidn - Kumpulan Makanan Untuk Tulang Padat dan Kuat

Kumpulan Makanan Untuk Tulang Padat dan Kuat

sfidn.com - Dengan memiliki kepadatan tulang yang membuat tulang kuat, kita akan mudah dalam menjalani aktifitas. Konsumsi kumpulan makanan ini untuk menjaga tulang agar tetap padat dan kuat

Kondisi terbaik kepadatan dan tulang kuat bagi rata-rata manusia terletak pada saat awal masa dewasa, setelah beranjak ke masa paruh baya, tulang akan secara perlahan mengalami pengikisan. Fase ini disebut fase menopause untuk kaum hawa. selain dengan berolahraga yang berhubungan dengan tulang untuk mencegah dan memperlambat terjadinya osteoporosis atau pengikisan / tulang keropos, imbangi olahraga dengan konsumsi beberapa makanan untuk membuat tulang tetap kuat dibawah ini.

Makanan untuk kepadatan tulang diantaranya : 

 

 

 

1. Kacang-kacangan


Dengan rutin mengkonsumsi makanan jenis kacang-kacangan ataupun biji-bijian, memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Konsumsilah kenari yang mengandung omega 3, Kacang tanah juga almond yang mengandung potasium yang bermanfaat untuk melindungi tulang dari hilangnya kalsium. Kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga memiliki kandungan nutrisi protein dan zat bernutrisi lain yang mempunyai peran serta dalam membangun tulang yang sehat dan kuat.

 

 

 

2. Ikan salmon

 


 

Ikan salmon adalah jenis ikan yang memiliki lemak sehat dan mengandung nutrisi yang sangat berguna untuk tulang kita. Salmon memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kasium didalam tubuh. Salmon juga kaya akan kandungan omega 3. Mengkonsumsi ikan salmon tidak hanya semata-mata harus makan bentuk daging ikan salmonnya saja, alternatif lainnya yaitu dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan (salmon) yang sudah terbukti secara klinis bisa mengurangi tulang yang keropos dan mencegah osteoporosis.

 

3. Makanan olahan dari bahan kedelai

 


 

Sudah bisa ditebak, makanan ini bisa berupa tahu ataupun tempe. Dalam 125 gram tahu yang sudah diproses dengan kalsium, didalamnya telah terkandung kurang lebih 861 miligram kalsium. Selain itu, berdasarkan penelitian baru telah ditemukan bahwa bahan kimia nabati yang dikenal dengan isoflavon didalam kedelai ternyata bermanfaat untuk memperkuat tulang dan mempertahanan kepadatan tulang. Isoflavon ini juga memiliki efek seperti hormon esterogen pada wanita sehingga bisa juga bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah penyakit tulang pada wanita yang sudah dalam usia menopause.

 

4. Sayuran hijau

Didalam sayuran dengan warna hijau terdapat kandungan kalsium yang bisa membuat tulang kita menjadi lebih kuat dan menjaga kepadatan tulang. Contoh sayuran yang bisa dikonsumsi adalah Lobak hijau. kubis cina, ataupun bok choy. Dalam takaran 1 cangkir lobak hijau yang dicincang matang kurang lebih dengan berat 250 gram ternyata mengandung kurang lebih 200 mg kalsium didalamnya.

 

Selain makanan diatas, sumber lain untuk mendapatkan tulang kuat dan tetap padat adalah dengan mengkonsumsi minuman dan olahraga pendukung tulang kuat dibawah ini :
 

--- Related Article ---

5. Susu


 

Seperti yang kita ketahui bersama, minuman yang satu ini adalah sumber utama kalsium untuk tulang. Untuk orang dengan usia dewasa hingga usia 50 tahun, membutuhkan 1.000 mg kalsium per harinya.Khusus untuk wanita mulai usia 51 tahun dan pria dengan usia mulai 71 membutuhkan kebutuhan kalsium yang lebih besar yaitu 1.200 mg per harinya. Dengan mengkonsumsi susu sebanyak 250 ml perhari, bisa menyuplai tubuh kita sebanyak 300 mg kandungan kalsium.

 

 

6. Keju dan Yogurt


 

Jika tidak suka susu, alternatif lain yang bisa kalian coba adalah dengan meminum yogurt yang memiliki kandungan kalsium hampir sama dengan susu. Selain itu, keju juga bisa dikonsumsi uuntuk tulang kuat.

 

7. Olahraga beban

Setelah tahu tentang makanan dan minuman untuk membuat kepadatan tulang tetap terjaga dan tulang kuat, untuk menghasilnya hasil maksimal, lakukanlah latihan beban secara teratur. Latihan beban adalah kegiatan yang menggunakan berat tubuh untuk menguatkan tulang juga otot kita. Pilihan olahraga diantaranya : tenis, sprint, jogging, menari, dan joga bisa dicoba untuk mendapatkan tulang kuat.

Setelah konsumsi makanan dan minuman diatas, imbangi dengan olahraga dibawah ini.
 

8. Suplemen kalsium

Poin terakhir ini adalah poin opsional, jika kalian telah mendapatkan cukup kalsium didalam tubuh, tips ini tidak perlu dilakukan. Tapi jika kalian ingin mencobanya tidak ada salahnya asalkan selalu konsumsi sesuai aturan dan tidak overdosis pastinya. Agar terhindar dari efek samping, hindari konsumsi suplemen kalsium lebih dari 500 mg per konsumsi. Suplemen kalsium karbonat lebih baik dikonsumsi berbarengan dengan konsumsi makanan, sedangkan suplemen kalsium sitrat bisa di minum setiap waktu.

Contoh suplemen yang bisa dicoba untuk dikonsumsi adalah ULTIMATE NUTRITION OMEGA 3 1000MG 90 SOFTGEL

 

Nah itu dia informasi tentang Kumpulan makanan untuk tulang kuat, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


 
Tags:
#nutrisi  #Kesehatan Tulang 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article