sfidn - Latihan Relaksasi Otot Leher yang Tegang

Latihan Relaksasi Otot Leher yang Tegang

sfidn.com – Bagaimana cara latihan relaksasi otot leher tegang sehingga bisa normal kembali? Pertanyaan ini biasanya muncul ditanyakan oleh mereka yang bekerja terlalu lama didepan layar monitor computer. Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu bisa mendapatkan jawabannya bro! Latihan peregangan otot leher tengang ini akan membantumu mengatasi rasa kurang nyaman yang bisa menjadi nyeri kronik pada daerah sekitar lehermu. 

 

Latihan relaksasi otot leher yang tegang

 

Cara melakukan relakasi yang direkomendasikan

 

- Duduklah pada kursi, tangan kanan berpegangan pada bagian bawah pinggiran kursimu, pastikan bahu kanan tidak bergerak. Siku kanan sedikit ditekuk.

- Letakkan telapak tangan kirimu pada sisi kanan kepala. Secara perlahan dorong kepala ke sisi sebelah kiri agak ke depan sehingga telinga kirimu berada didepan bahu kiri.

- Lakukan sampai kamu merasakan tarikan lembut pada bagian belakang leher sebelah kanan.
 

Otot leher yang bekerja : Lateral next flexors, trapezius, dan levator scapulae.
 

Catatan dalam melakukan relaksasi leher

- Tahan setiap gerakan selama 20 hingga 30 detik. Rileks, biarkan otot leher memanjang. Kemudian lakukan pada sisi lainnya.

- Lakukan gerakan ini sebanyak 2 sampai 3 kali pada tiap sisinya. Ketika meregangkan leher kea rah kiri sebaliknya tangan kanan berpegangan pada pinggiran bangku. Begitu juga sebaliknya. Hal ini akan membuatmu lebih gampang mempertahankan bahu agar tetap dalam posisi tegak. Dengan itu leher akan lebih meregang.

 

Lihat video dibawah ini untuk menambah informasi seputar relaksasi otot leher yang tegang

 

 

Manfaat latihan relaksasi otot leher

Peregangan diatas berguna untuk membantu meredakan rasa tegang dan rasa tidak nyaman yang bisa mengarah pada nyeri atau cedera leher kronis nantinya. 

--- Related Article ---

Kesalahan yang harus dihindari

- Jangan pernah memutar, menekuk bahu atau membungkukan batang tubuh. Kamu tidak akan bisa lakukan peregangan dengan baik dan maksimal.

- Jangan menyorongkan dagu kearah depan, hal tersebut akan membuat tulang belakang atas tidak sejajar / tidak lurus, hal tersebut juga akan mengurangi efektifitas pereganganmu.

- Jangan mendorong kepala terlalu keras dan terlalu cepat, hal ini akan membuat leher dan tulang belakang bagian atas menjadi tegang.
 

Nah itu dia Penjelasan tentang latihan relaksasi otot leher yang tegang sehingga bisa normal kembali, bagikan artikel ini ke temanmu yang sedang mengalami leher tegang agar bisa mengatasinya ya. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

 

 
Tags:
#Otot Leher  #Relaksasi Otot 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article