sfidn - Manfaat Melakukan Jumping Jack 100 Kali Setiap Hari

Manfaat Melakukan Jumping Jack 100 Kali Setiap Hari

sfidn.com – Melakukan push up 100 kali mungkin sudah banyak orang lakukan tapi bagaimana dengan jumping jack? Kira-kira, manfaat apa yang bisa didapatkan? Simak jawabannya berikut ini.

 

Apa Itu Jumping Jack?

Jumping jack adalah gerakan melompat dengan cara membuka dan menutup kaki sambil mengayunkan lengan ke atas dan ke bawah.

Gerakan jumping jack termasuk ke dalam latihan seluruh tubuh dan kardiovaskular karena melibatkan penggunaan otot bahu, inti, fleksor pinggul, paha depan, bokong, dan betis sambil menantang kekuatan jantung dan paru-paru.

Anda bisa melakukan jumping jack kapan saja dan di mana saja dengan mudah sehingga Anda bisa mencapai banyak repetisi dalam satu hari.

 

Manfaat Jumping Jack 100 Kali dalam Satu Hari

Banyak ahli yang menyarankan untuk melakukan jumping jack 100 kali setiap hari karena memberikan manfaat yang sangat signifikan bagi kesehatan tubuh.

Manfaat jumping jack di antaranya:

 

1. Membakar Lebih Banyak Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Saat melakukan jumping jack, tubuh membutuhkan banyak energi untuk melompat. Ini akan meningkatkan aktivitas metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori yang berdampak pada penurunan berat badan.

Anda bisa membakar kalori sebanyak 8-10 kkal per menit, tergantung berat badan, tingkat metabolisme, dan kecepatan gerakan saat melakukan jumping jack.

Jika tubuh Anda kuat, melakukan 100 jumping jack bisa diselesaikan dalam 2-3 menit atau lebih lama jika Anda masih pemula.

 

2. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan

Olahraga apa pun, termasuk jumping jack bisa membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Melakukan gerakan yang sama terus menerus akan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh, sehingga energi Anda menjadi lebih kuat dan tahan lama.

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jumping jack adalah latihan kardiovaskular yang dapat meningkatkan detak jantung. Melakukannya secara teratur akan melatih kekuatan dan daya tahan otot jantung agar mampu bekerja secara optimal. Dengan begitu, kesehatan jantung pun akan lebih terjaga.

 

4. Memperbesar Kapasitas Paru-paru

Saat berolahraga, kita membutuhkan oksigen dalam jumlah banyak agar otot bisa bekerja dengan lebih keras selama latihan.

Jika dilakukan secara rutin, ini akan melatih paru-paru untuk mengambil lebih banyak oksigen sehingga kapasitas paru-paru pun dapat meningkat.

 

5. Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Kapasitas aerobik mengacu pada kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen secara efisien selama periode aktivitas fisik yang berkelanjutan. Ini mencerminkan seberapa baik tubuh Anda dapat mengangkut, menyampaikan, dan menggunakan oksigen untuk mendukung aktivitas fisik tersebut.

Dengan berolahraga, tubuh akan mengambil dan menggunakan oksigen dengan lebih efisien. Oleh karena itu, jumping jack bisa membantu meningkatkan kapasitas aerobik sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam waktu yang lama untuk melakukan berbagai aktivitas.

 

6. Memperkuat Otot

Gerakan jumping jack melibatkan banyak otot, termasuk otot kaki, lengan, dan inti tubuh. Melakukan 100 kali jumping jack dalam satu hari adalah mampu memperkuat otot secara signifikan.

 

7. Meningkatkan Koordinasi antar Tubuh

Jumping jack melibatkan gerakan yang kompleks sehingga membutuhkan koordinasi yang baik antara tangan dan kaki. Melakukannya setiap hari bisa membantu Anda menjadi lebih gesit dan lebih terampil saat melakukan aktivitas apa pun.

 

8. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Melakukan latihan beban secara teratur mampu meningkatkan kepadatan tulang kita. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari osteoporosis dan masalah tulang lainnya seiring bertambahnya usia.

 

Baca Juga:

Ini Cara Membakar 100 Kalori Tambahan Setiap Harinya

 

Apakah Jumping Jack 100 Kali Setiap Hari Itu Aman?

Melakukan jumping jack 100 kali setiap hari aman untuk dilakukan bahkan oleh seorang pemula. Meski ada tantangan dalam hal stamina, pemula bisa mengakalinya dengan melakukan beberapa set latihan dengan sedikit istirahat.

Seorang pemula mungkin bisa melakukan 5-7 set (15-20 rep/set) dengan istirahat antar set sekitar 10 detik. Sedangkan bagi individu yang lebih mahir, bisa melakukan 2-4 set (25-50 rep/set) dengan istirahat yang lebih pendek, yaitu 5 detik antar set.

Meski akan terasa berat di hari pertama latihan tapi semuanya akan berjalan lebih mudah ketika Anda sudah terbiasa. Jadi, mulai sekarang juga untuk melakukan jumping jack 100 kali setiap hari, terutama di pagi hari. Selamat berolahraga.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#manfaat jumping jack  #jumping jacks 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article