Matras Yoga dan Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentangnya

sfidn.com – Matras yoga adalah salah satu aksesoris olahraga yang digunakan untuk mencegah tangan dan kaki Anda tergelincir selama latihan yoga. 

Seperti yang Anda ketahui, yoga adalah salah satu bentuk latihan kuno yang berfokus pada fleksibilitas, kekuatan, dan pernapasan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental.

Karena terdiri atas berbagai macam gerakan yang bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan, diperlukan matras yoga yang secara khusus untuk mencegah terjadinya cedera dan memaksimalkan gerakan Anda.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan aksesori ini selama latihan yoga. Artikel ini juga akan mengulas sejarah, manfaat, dan tips memilih matras yoga yang terbaik untuk Anda.

Sejarah singkat matras yoga

Awalnya, yoga dipraktikkan di atas rumput, lalu di atas kulit binatang, seperti harimau atau rusa. Kulit binatang ini lebih banyak bantalan dan lebih lengket, sehingga sangat membantu Anda saat berlatih pose yang cukup rumit. Selain itu, dapat memberikan sedikit perlindungan bagi orang dengan kulit sensitif. 

Namun, latihan yoga yang semakin populer, menyebabkan penggunaan kulit harimau, terutama dari hewan yang mati secara alami, menjadi tidak praktis lagi. 

Alhasil, pada awal abad ke-20, para yogi banyak yang menggunakan handuk dan tikar katun sebagai penopang saat latihan yoga. Pada tahun 1967, Angela Farmer, seorang instruktur yoga dari Inggris melakukan improvisasi menggunakan karpet busa sebagai tikar yoga darurat. 

Akhirnya, idenya ini berkembang pesat. Ayah Angela yang merupakan seorang petani, menjadi produsen karpet busa pertama yang membuat tikar yoga eceran. Produksi dan desain tikar yoga pun terus berkembang selama tahun 1980-an dan 1990-an, dan hingga kini sudah banyak varian tikar atau matras yoga yang tersedia di pasaran. 

Mengapa Anda perlu matras yoga?

Untuk mengurangi risiko cedera (seperti tangan dan kaki tergelincir) sambil memperbaiki postur dan mendapatkan manfaat dari latihan yoga secara maksimal dan menyeluruh, perlu adanya panduan penyelarasan yoga. 

Panduan penyelarasan yoga adalah garis khusus pada yoga yang membantu Anda memposisikan tubuh secara benar. Ini merupakan salah satu dasar inti dari setiap latihan yoga yang baik.

Nah, matras yoga adalah alat yang dapat membantu Anda memposisikan tubuh dengan benar selama latihan yoga. Ini menandakan ‘ruang gerak’ Anda selama latihan, sehingga pose yoga Anda tetap fokus pada area gerak Anda dan terhindar dari risiko tergelincir.

Oleh sebab itu, saat Anda memilih matras yoga yang bagus, panduan penyelarasan yoga harus menjadi pertimbangan mendasar Anda, bersama dengan hal-hal lain, seperti bahan, ketebalan, ukuran, dan harganya.

Manfaat 

Bila dirincikan, berikut manfaat menggunakan matras yoga yang bisa Anda dapatkan:

  • Mengurangi risiko cedera, seperti cedera punggung dan terpeleset, karena anti-selip dan mampu menyerap keringat.
  • Membantu memperbaiki pose yoga, terlebih jika Anda melakukannya tanpa instruktur latihan. Menggunakan matras yoga memungkinkan Anda untuk meregangkan otot-otot Anda dalam batas yang ditentukan dan membangun kekuatan Anda secara perlahan.
  • Menjaga keseimbangan tubuh Anda lebih lama.
  • Memberikan Anda ruang gerak yang bersih di mana pun Anda berada.
  • Membuat Anda tetap hangat selama latihan.
  • Meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda secara keseluruhan, termasuk mengurangi kelelahan dan nyeri otot, meningkatkan kesehatan ligamen dan sendi, serta meningkatkan mobilitas Anda. 
  • Membuat yoga lebih mudah dilakukan, khususnya bagi pemula.

Bahan (material)

Berikut 4 bahan utama matras yoga yang sering digunakan:

  • PVC: tahan lama, sangat lengket, ringan, dan harganya murah, tetapi berbau menyengat dan mengandung zat racun berbahaya seperti ftalat. 
  • Karet alami: sangat lengket dan ramah lingkungan, tetapi tidak tahan di bawah sinar matahari langsung, berat, dan harganya lebih mahal dari PVC.
  • PER: tidak beracun, harganya terjangkau, ramah lingkungan, dan anti-bau, tetapi tidak selengket matras yoga dari bahan PVC.
  • TPE: tidak beracun, ramah lingkungan, anti-lembap, ringan, dan tersedia dalam berbagai tekstur, tetapi paling tidak tahan lama dari semua jenis bahan yoga mat.
--- Related Article ---

Tips memilih matras yoga terbaik

Matras yoga yang baik menyediakan permukaan yang stabil dan tidak licin, sehingga Anda tidak perlu khawatir tergelincir atau jatuh saat latihan yoga. Alat penunjang ini juga menggambarkan garis khusus yang menjadi ruang gerak pribadi Anda, terutama ketika Anda latihan di kelas yang ramai dengan sedikit ruang pribadi yang tersedia.

Berikut beberapa tips memilih matras yoga terbaik:

  • Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, seperti serat tumbuhan, plastik bebas racun atau biodegradable, dan lateks karet alam. Namun, jika Anda memang ingin matras yoga paling tahan lama, PVC adalah pilihan yang lebih baik. 
  • Tekstur matras membuat Anda nyaman. Misalnya, matras yoga dari bahan PVC cenderung lengket dan halus, sementara matras yang terbuat dari bahan yang tidak terlalu lengket cenderung memiliki pola taktil yang terangkat untuk memberikan anti-selip ekstra.  
  • Ukuran matras sesuai dengan tubuh Anda, tidak terlalu pendek atau terlalu besar.
  • Pilih ketebalan matras sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, semakin tebal matras, semakin berat dan sulit untuk dilipat, tetapi juga menawarkan lebih banyak bantalan. Sementara matras yang tipis, lebih mudah dilipat dan dibawa bepergian, tetapi tidak menawarkan banyak bantalan. Anda bisa saja memilih matras yang tebal untuk latihan yoga di rumah dan yang tipis untuk di luar ruangan.
  • Matras yoga yang bagus tahan terhadap keausan biasa dan tahan bau. Namun ingat, sebagus apa pun matras yoga Anda, ia tetap memerlukan perawatan secara rutin. 

Cara membersihkan

  • Jika kotor sedikit, semprotkan matras Anda dengan larutan (2 gelas air dan 4 tetes sabun cuci piring), kemudian gosok dengan handuk, bersihkan dengan air, lalu jemur hingga kering. 
  • Jika sangat kotor, rendam matras dalam larutan air hangat dan beberapa tetes deterjen, kemudian bilas sampai bersih. Setelah itu, letakkan matras di atas handuk kering dan gulung bersama-sama dengan handuk tersebut. Menginjak matras yang digulung dapat memeras lebih banyak air dari matras dan masuk ke dalam handuk. Kemudian, buka gulungan dan jemur hingga kering.

Matras yoga sangat membantu Anda, terutama para pemula, untuk melakukan latihan yoga dengan tepat dan maksimal. Jika Anda tertarik menggunakannya, SFIDN menghadirkan berbagai varian yoga mat yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Selain itu, yoga mat di sini dibandrol dengan harga terjangkau dan ada carrying strap juga dalam paketnya, sehingga Anda dapat membawa matras ke mana-mana dengan mudah.

Bagaimana? Tertarikkah Anda menggunakan matras yoga? 

 

Referensi:

Yoga Journal (2007). Got Grime? How to Clean Your Mat.
Swayam (2020). Benefits and Comfort Associated with Yoga Mat.
NHS (2021). A Guide to Yoga.
Yoga Bliss. Importance of Yoga Mat in Yoga.
Live Strong (2018). Do You Need to Use a Yoga Mat?
SportsRec (2011). What Makes a Good Yoga Mat?
Yoga International. Yoga Mats: Are They Really Necessary?
Yogaline (2020). The 5 Benefits of Yoga Mat Alignment Guidelines.
Better Mind Body Soul. Everything You Should Know About the Benefits of A Yoga Mat.

RELATED PRODUCT YOU MUST HAVE

Tags:
#Yoga  #matras yoga  #matras yoga terbaik  #yoga mat 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail