sfidn - Mendapatkan Perut Rata dengan Latihan Bicycle Crunch

Mendapatkan Perut Rata dengan Latihan Bicycle Crunch

sfidn.com – Salah satu latihan yang direkomendasikan oleh para ahli kebugaran untuk mendapatkan perut rata adalah bicycle crunch. 

Meski bicycle crunch terlihat sederhana namun di balik itu semua ada manfaat yang luar biasa untuk menguatkan otot perut Anda, meratakannya, hingga membantu membentuk perut yang six pack apabila diimbangi dengan latihan inti lainnya.

 

Mendapatkan Perut Rata dengan Latihan Bicycle Crunch

Bicycle crunch adalah salah satu latihan otot perut yang melibatkan gerakan menyerupai bersepeda tetapi dilakukan sambil telentang di atas lantai atau matras. Jadi, tidak benar-benar menggunakan sepeda untuk latihannya. 

Latihan bicycle crunch fokus untuk melatih otot perut, terutama rectus abdominis (otot tengah perut) dan oblique (otot samping perut).

Gerakan yang dilakukan akan mirip seperti mengayuh sepeda di mana Anda menggerakkan lutut dan siku agar bertemu secara bergantian.

 

Manfaat Melakukan Bicycle Crunch

Apabila Anda rutin melakukan bicycle crunch dengan teknik yang benar maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat, di antaranya meratakan perut hingga memperbaiki postur tubuh yang buruk.

Lebih lengkapnya, berikut adalah lima manfaat melakukan bicycle crunch:

 

1. Menguatkan Otot Perut dan Membuatnya Menjadi Rata

Latihan bicycle crunch menggabungkan gerakan rotasi dan kontraksi otot yang membantu membangun kekuatan di bagian tengah tubuh. Ini membantu dalam mendefinisikan otot perut dan membentuk perut rata yang selama ini Anda inginkan.

 

2. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Benar sekali, bicycle crunch dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak karena melibatkan otot besar serta terjadinya peningkatan metabolisme. Dengan begitu, lapisan lemak di area sekitar perut akan berkurang dengan signifikan.

 

3. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Gerakan olahraga apa pun dapat meningkatkan rentang gerak sehingga fleksibilitas tubuh pun akan turut meningkat dibandingkan Anda duduk diam atau berbaring saja seharian.

Gerakan yang terlibat dalam bicycle crunch membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh terutama di area pinggul dan punggung bagian bawah.

 

4. Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk

Dengan memperkuat otot-otot inti, latihan ini akan membantu memperbaiki postur tubuh yang Anda yang buruk secara keseluruhan karena secara tidak langsung akan mendukung tulang belakang.

Kabar baiknya, postur tubuh yang meningkat akan mengurangi risiko cedera punggung atau punggung bengkok serta membantu menjaga sikap tubuh yang lebih baik daripada biasanya.

 

5. Bisa Berolahraga Di mana Saja dengan Mudah

Salah satu keuntungan besar dari bicycle crunch adalah bahwa Anda bisa melakukan olahraga di mana saja tanpa peralatan khusus. Hanya dengan matras atau permukaan yang nyaman, latihan ini bisa dilakukan dengan mudah.

 

Cara Melakukan Bicycle Crunch dengan Benar

Memahami teknik yang benar saat melakukan gerakan olahraga adalah sebuah keharusan apabila Anda ingin mendapatkan manfaatnya secara nyata sekaligus menghindari diri dari bahaya cedera.

Kami akan berikan panduan tentang bagaimana cara melakukan bicycle crunch dengan benar. Berikut langkah-langkahnya.

  • Berbaringlah telentang di matras dengan tangan di belakang kepala. Tekuk lutut dan angkat kaki sehingga lutut berada pada sudut 90 derajat.
  • Angkat bahu dan kepala Anda dari matras. 
  • Perlahan-lahan, bawa lutut kanan ke arah dada sambil membawa siku kiri mendekati lutut kanan, seolah-olah Anda sedang mengayuh sepeda. 
  • Lakukan gerakan yang sama di sisi lain dengan membawa siku kanan mendekati lutut kiri.
  • Bernapas secara teratur selama latihan. Tarik napas saat memulai gerakan dan hembuskan napas saat melakukan kontraksi otot.
  • Lakukan gerakan ini secara bergantian di kedua sisi sebanyak yang Anda bisa. Umumnya bagi pemula adalah 6-10 repetisi. Lakukan sebanyak 2-3 set.
  • Pastikan untuk menjaga kecepatan gerakan yang konsisten dan fokus pada kontraksi otot perut.

 

Bolehkah Melakukan Bicycle Crunch Setiap Hari?

Melakukan bicycle crunch setiap hari memang diperbolehkan asalkan tidak dilakukan terlalu keras hingga Anda lupa mengistirahatkan otot. Umumnya, otot akan kembali pulih dan melakukan perbaikan setelah beristirahat selama 24-48 jam.

 

Tips Menghindari Kesalahan saat Latihan Bicycle Crunch

Saat berolahraga, kesalahan bisa saja terjadi karena kelalaian atau pun ketidaktahuan. Maka dari itu kami akan memberikan beberapa tips agar dapat melakukan latihan dengan lebih sempurna.

Tips menghindari kesalahan saat latihan bicycle crunch, yaitu:

  • Jaga agar pergerakan tetap halus dan kecepatan yang konstan.
  • Jangan bergerak terlalu cepat untuk menghindari cedera dan kontraksi otot bisa lebih terasa.
  • Mulailah dengan jumlah repetisi yang sesuai dengan level kebugaran Anda dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu.

 

Bicycle crunch adalah latihan yang efektif untuk mendapatkan perut yang rata dan kuat. Dengan melakukan gerakan ini secara teratur dan dengan teknik yang benar, Anda bisa menguatkan otot-otot perut serta meningkatkan kekuatan inti tubuh secara keseluruhan. 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Selamat mencoba.

 

--- Related Article ---


Referensi:

  • Today, (2021), Bicycle crunches are better than standard crunches — here's why
  • BYRDIE, (2022), Bicycle Crunches Are an Amazing Ab Exercise—Here's Why

 


 
Tags:
#otot perut  #Latihan Otot Perut  #bicycle crunch 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article