Menu Diet Sehat Turun 4 Kilo dalam Sebulan

sfidn.comMenu diet sehat adalah kebutuhan utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Bagi Anda yang sedang menjalani diet maka makanan sehat harus ada dalam daftar menu harian. Menu sehat harian harus memiliki kandungan yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian,seperti, protein,karboidrat, lemak,mineral,vitamin, dan air untuk menunjang kebutuhan kinerjanya. Beberapa jenis makanan yang mempunyai manfaat seperti yang disebutkan diatas itu memiliki peranan penting. Berikut di bawah ini akan saya jelaskan makanan sehat untuk memenuhhi kebutuhan diet Anda.

  • Menu Diet Sehat dari Karbohidat

Karbohidrat sangat dibutuhkan, terutama tubuh memerlukan energy yang berasal dari karbohidrat ini, apalagi otak manusia memerlukan kandungan karbohidrat untuk memaksimalkan kinerjanya. Beberpa makanan yang mengandung karbohidrat antara lain, sayur-sayuran,kacang-kacangan, buah-buahan, susu.

  • Menu Diet Sehat Protein

Selain daripada karbohidrat yang bisa memeberikan energy bagi tubuh, nyatanya protein memiliki energy yang di perlukan oleh tubuh. Manfaat yang didapat dari kebutuhan protein dalam tubuh adalah dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan luka,  dapat menjaga kesehatan tubuh dan untuk membantu pertumbuhan tubuh. Untuk mendapatkan pasokan protein yang di butuhkan tubuh, Anda bisa memperolehnya dari telur,daging-dagingan,ikan dan kacang-kacangan

  • Menu Diet Sehat Lemak

Lemak dalam tubuh sebenarnya baik untuk dikonsumsi karena memliki manfaat untuk meningkatkan  masa imun, menjaga struktur sel, memiliki peran untuk membantu penyerapan vitamin dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak memang dianjurkan, namun terkadang manusianya sendiri yang terlalu banyak mengkonsumsinya, sehingga terjadinya kegemukan. Kegemukan sendiri sangat berbahaya terutama dapat mengakibatkan serangan jantung.

  • Menu Diet Sehat Vitamin dan Mineral

Kandungan nutrisi yang memiliki manfaat dari vitamin dan mineral ini yakni dapat membantu mengoptimalkan dan menjalankan fungsi dari setiap organ tubuh agar bisa berjalan secara maksimal. Antara lain vitamin dan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh seperti vitamin A,B,C,D dan K, kalsium, kalium, zat besi, selenium dan zinc. Dengan melihat jenis makanan sahat yang saya jelaskna diatas, setidaknya mungkin Anda sudah tahu untuk membuat daftar menu diet Anda. Namun penulis akan menjelaskan tips makanan sehat sperti yang dijelaskna dibawah ini.

1. Sarapan Pagi

Menu yang pertama untuk melakukan diet sehat adalah dengan melakukan sarapan pagi, karena sarapan pagi bagus untuk kesehatan. Selain itu dengan sarapan pagi maka perut tidak akan terlalu tergoda untuk melakukan cemilan. Sarapan harus seimbang misalkan mengkonsumsi 1 buah telor, satu mangkuk salad dan mengkonsumsi roti gandum bakar, atau makanan yang memiliki kandungan lemak yang sedikit lainnya.

2. Makan Siang

Menu diet sehat selanjutnya adalah dengan menjadwalkan makan siang. Menjadwalkan makan siang ini artinya Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Menu makan siang bisa dengan mengkonsumsi yang banyak mengandung serat, karena serat dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh Anda bisa mendapatkan serat tersebut dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Selain dari serat Anda juga harus mengkonsumsi lemak dan karbohidrat,karena tubuh harus memiliki kebutuhan tersebut,Anda bisa mendapatkan lemak tersebut dari buah alpukat dan jangan sampai salah pilih lemak untuk dinsumsi karena ada dua jenis lemak yaitu lemak yang baik da nada juga lemak yang kurang baik untuk kesehatan. Perbanyak air putih karena dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh dan konsumsilah sekitar 8 sampai 10 gelas perharinya, Anda bisa mengkonsumsinya secara bertahap dari pagi sampai malam hari.

--- Related Article ---

3. Makan Malam

Menu makan malam untuk diet sehat Anda adalah dengan mengkonsumsi banyak protein karena dapat membantu dalam pertumbuhan Anda, dan diusahakan untuk mengurangi makanan yang mengandung banyak protein. Makanan yang direcomendasikan untuk diet sehat adalah seperti kentang rebus, dada ayam, dan nasi merah.

Setelah melakukan makanan diet sehat yang telah saya sampaikan diatas sebaiknya Anda melanjutkan untuk tetap berolahraga, karena berolahraga bagi siapapun harus tetap melakukannya, apalagi bagi Anda yang sedang dalam melakukan diet sehat.

 

Tags:
#diet  #nutrisi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail