sfidn - Olahraga Peninggi Badan yang Efektif selama Massa Pertumbuhan

Olahraga Peninggi Badan yang Efektif selama Massa Pertumbuhan

sfidn.com – Olahraga peninggi badan seringkali melibatkan gerakan peregangan dan latihan yang menantang gaya gravitasi, seperti lompat tali, berenang, hingga basket.

 

Olahraga Peninggi Badan yang Efektif selama Massa Pertumbuhan

Salah satu manfaat olahraga yang sering luput dari perhatian adalah kemampuannya dalam membantu seseorang yang masih dalam massa pertumbuhan untuk menambah tinggi badannya secara alami.

Meski faktor genetik adalah yang paling menentukan tetapi faktor eksternal pun bisa memberikan kontribusi yang cukup besar.

Contohnya saja olahraga. Ketika Anda melatih seluruh tubuh, tidak hanya otot yang merasakan dampak positifnya tapi tulang-tulang pun terstimulasi untuk terus tumbuh dan semakin kuat. 

Belum lagi, otot yang dilatih dapat menjaga postur tubuh yang baik sehingga pertumbuhan individu menjadi lebih optimal.

Pertumbuhan tinggi badan pria akan berhenti setelah mencapai usia 20 tahun. Sedangkan wanita akan sampai pada usia 18 tahun. Hal ini terjadi karena lempeng ujung tulang panjang atau yang disebut dengan epifisis menutup sehingga tidak bisa tumbuh lagi.

 

6 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan

Apabila Anda masih berada di usia atau massa pertumbuhan, ada baiknya untuk mengusahakan segala cara untuk meningkatkan tinggi badan. Tentunya dengan cara yang alami dan aman, seperti halnya rutin berolahraga.

Ada enam rekomendasi olahraga peninggi badan yang efektif selama massa pertumbuhan, yaitu:

 

1. Lompat Tali

Olahraga peninggi badan yang pertama adalah lompat tali. Jenis latihan fisik ini akan merangsang pertumbuhan karena saat melompat, tubuh akan mengalami peregangan yang menyeluruh, terutama pada tulang belakang, kaki, dan inti.

Tahukan Anda jika banyak saraf yang ada di telapak kaki. Ketika Anda bermain lompat tali maka otot akan terus berkontraksi sehingga merangsang pelepasan hormon pertumbuhan ke seluruh tubuh.

 

2. Berenang

Olahraga peninggi badan yang kedua adalah berenang. Saat berenang, Anda akan bekerja melawan resistensi air sehingga menciptakan latihan peregangan dan kekuatan yang memicu pertumbuhan otot dan tulang.

Selain itu, berenang juga membebaskan tubuh Anda dari beban gravitasi sehingga memberikan kesempatan bagi tulang belakang merenggang tanpa tekanan yang berlebihan. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih tinggi.

 

3. Bola Basket

Basket adalah olahraga peninggi badan yang sudah populer sejak lama. Basket melibatkan gerakan berlari, melompat, dan mengambil bola sepanjang waktu sehingga membutuhkan tulang yang kuat.

Tekanan atau guncangan yang terjadi selama Anda bermain basket akan mengaliri lempeng tulang dengan darah sehingga akan merangsang pertumbuhan untuk mencapai tinggi badan yang maksimal.

 

4. Bola Voli

Sama halnya dengan bola basket, bola voli juga menjadi salah satu olahraga peninggi badan yang terbilang efektif. Lihat saja bagaimana para pemain voli memiliki tinggi di atas rata-rata dibandingkan manusia biasa.

Melompat, memukul, dan mengejar bola berulang kali sambil menggerakan seluruh anggota badan dapat menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan tulang.

 

5. Bersepeda

Menggerakan dan memanjangkan kaki berulang kali saat bersepeda juga bisa membantu meningkatkan tinggi badan Anda.

Bersepeda juga dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh sehingga pengontrolan berat badan yang ideal bisa lebih dilakukan.

Tahukan Anda jika massa lemak yang berlebihan di dalam tubuh dapat menghambat produksi hormon pertumbuhan yang berdampak pada sulitnya meningkatkan tinggi badan.

 

6. Bulu Tangkis

Olahraga peninggi badan yang terakhir adalah bulu tangkis. Bermain bulutangkis melibatkan latihan intensif pada otot-otot bahu dan meregangkan tulang belakang secara ekstensif. 
Aktivitas ini mampu memberikan kontribusi pada peningkatan tinggi badan melalui gerakan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tubuh manusia.

 

Lakukan keenam olahraga tersebut dengan rutin, terlebih lagi jika Anda masih berada dalam massa pertumbuhan yang aktif dan ingin memiliki tubuh yang tinggi. Selamat membuktikannya.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

How to Grow Taller, (2023), Which Sport is Best for Height Growth?

DSF, (2022), Sports That Can Naturally Stimulate Height Growth

NuBest, (2023), WHICH SPORT IS BEST FOR HEIGHT GROWTH?
 


 
Tags:
#olahraga  #tinggi badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article