sfidn - Tips Bentuk Otot Sayap Lebih Kekar

Tips Bentuk Otot Sayap Lebih Kekar

Sfidn.com – Bagi kalian yang sedang menjalani program latihan pembentukan otot bagian otot sayap, wajib untuk membaca tips ini. Tips untuk membentuk otot sayap lebih kekar ini didapatkan dari salah satu personal trainer & certified trainer Dicky Januar. Otot sayap adalah salah satu otot yang membentuk punggung kita layaknya otot trapezius, deltoid, rhomboid, dan beberapa otot lainnya. 
 

Tips Bentuk Otot Sayap Lebih Kekar


Lakukan latihan pull up, one arm dumbbell row, pull down, dan beberapa teknik lainnya. Agar proses pembentukan otot sayap lebih efektif, pahamilah 4 poin dibawah ini :

1. Lakukan dengan tepat sasaran

Ketika melakukan latihan otot sayap, cobalah untuk selalu fokus dalam melatihnya. Fokus dulu pada otot sayap kalian sampai mendapatkan hasilnya. Lakukan juga teknik dan gerakan yang benar untuk menghindari terjadinya cedera otot. Pastikan posisi punggung pada kondisi yang selaras dengan batang tubuh kalian. Hindari melakukan gerakan yang terlalu condong kedepan atau kebelakang yang terlalu berlebihan. Hal tersebut akan membahayakan lengkungan alami tubuh kalian.

 

2. Pakai beban sesuai dengan kemampuan

Poin kedua adalah tentang beban yang kalian gunakan. Cobalah untuk menyesuaikan berat beban yang digunakan saat berlatih. Jangan terlalu ringan, dan juga jangan terlalu berat. Asumsi bahwa semakin berat beban yang kita angkat maka semakin cepat juga pembentukan otot sayap adalah salah besar. Lakukan saran ini  :

Sebagai panduan untuk mendapatkan berat beban yang tepat, ambilah 1 beban misal 10 kg dan lakukan gerakan latihan sebanyak 12 repetisi untuk 1 set. Jika gerakan sudah stabil, artinya berat beban tersebut sudah tepat. Jika bisa melakukan lebih dari 12 repetisi artinya beban sudah terlalu ringan, nah ketika itu kalian bisa mencoba menambah beban secara bertahap. Jika merasa berat tidak bisa mengangkat kurang dari 12 repetisi, artinya berat beban terlalu berat dan wajib kalian kurangi.
 

--- Related Article ---

3. Tambah variasi gerakan latihan

 

Poin ketiga berhubungan dengan variasi gerakan. Ketika kalian melakukan gerakan dan jumlah repetisi yang sama dalam beberapa hari, otot tubuh pastinya akan beradaptasi. Jangan biarkan hal ini berlangsung terlalu lama karena bisa menyebabkan perkembangan otot akan semakin lama dan kurang efisien. Selain itu durasi latihan juga akan menjadi lebih lama lagi. Cobalah untuk memberikan variasi gerakan dalam latihan kalian. Kalian bisa gunakan mesin, dumbbell, dan alat latihan fisik lainnya yang bisa mendukung pembentukan otot sayap kalian. Selain itu, kalian juga bisa menambah set, berat beban, dan juga repetisi gerakan secara periodis.

 

4. Ingat selalu tentang otot lower back

Yang terakhir adalah mengenai otot lower back. Ketika kalian melatih otot bagian punggung, latih juga otot lower back karena otot ini merupakan tipikal otot yang sangat rawan terhadap cedera. Kalian bisa melakukan gerakan seated good morning atau hyperextensions. Kalian juga bisa melatihnya dengan gerakan yoga (cat pose, cobra pose, dan downward facing dog pose).  Untuk menghindari cedera, latihan untuk punggung bawah juga bisa membentuk otot sayap lebih optimal lagi.
 

Nah itu dia Tips untuk membentuk otot sayap lebih kekar berdasarkan saran Profesional personal trainer yang bisa kalian coba. Jangan lupa, setelah berolahraga imbangi dengan konsumsi nutrisi sehat dan akhiri dengan istirahat dengan cukup. Selamat berolahraga dan semoga berhasil mendapatkan otot sayap kekar!

 

 
Tags:
#otot sayap 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article