sfidn - 6 Latihan untuk Menghilangkan Lemak di Punggung, Selamat Tinggal Lipatan Bra

6 Latihan untuk Menghilangkan Lemak di Punggung, Selamat Tinggal Lipatan Bra

sfidn.com – Pernahkah Anda menemukan lipatan yang menonjol di tubuh bagian belakang saat menggunakan bra? Itu adalah lemak yang berkumpul di area punggung Anda.

Selian tidak baik bagi kesehatan, lemak di punggung juga bisa mengurangi estetika tubuh karena akan terlihat tidak rata bak punuk unta.

Jika Anda mengalami masalah yang sama dan ingin menghilangkan lemak di punggung, cobalah untuk melakukan enam latihan khusus yang dapat menyingkirkan lipatan di sekitar bra Anda.

 

Apa yang Terjadi Jika Lemak Punggung Tidak Dihilangkan?

Lemak punggung yang berlebihan dan tidak dihilangkan bisa menyebabkan masalah pada tulang belakang yang nantinya akan memperburuk postur tubuh Anda.

Tulang belakang yang tidak normal bisa menimbulkan ketidaknyamanan, rasa nyeri hingga kesulitan bergerak karena mobilisasi menjadi terbatas.

Selain itu, risiko kesehatan jantung dan pembuluh darah pun dipertaruhkan. Lemak yang berlebihan di bagian tubuh manapun dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang membuat kesehatan kardiovaskular menjadi terganggu.

Bagi wanita, lemak di punggung juga dapat memengaruhi penampilan karena membuat lipatan pada bra menjadi menonjol sehingga tidak bagus untuk dilihat.

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak Punggung?

Satu-satunya cara paling aman untuk menghilangkan lemak punggung adalah dengan berolahraga sembari diimbangi dengan diet dan pola makan yang sehat untuk membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Pemilihan jenis latihan pun perlu diperhatikan agar pembakaran lemak bisa terfokus pada target yang dituju karena massa otot di area tersebut meningkat.

Ketika massa otot bertambah maka metabolisme berjalan lebih cepat yang mana itu adalah proses pembakaran kalori menjadi energi. 

Ketika kalori semakin berkurang, lemak akan dipecah untuk menjadi energi cadangan. Hingga akhirnya, massa lemak akan menurun dan tubuh terlihat lebih ramping.

 

6 Latihan Paling Efektif untuk Menghilangkan Lemak Punggung 

Anda bisa menghilangkan lemak di punggung dengan melakukan enam latihan paling efektif, seperti Wall Push-up, Pull up, Lat Pulldown, Bent Over Rows, Superman Pose, dan Bird Dog Pose. Berikut penjelasan selengkapnya.

 

1. Wall Push-up

Wall Push-up mirip dengan Push-up biasa namun dilakukan dengan cara berdiri sambil menempelkan telapak tangan di dinding. Gerakan dari latihan ini akan secara efektif memperkuat otot dada, bahu, trisep, dan juga otot punggung.

Latihan Wall Push-up adalah cara yang bagus untuk mengurangi lemak punggung yang sering menyebabkan timbulnya tonjolan di sepanjang garis bra. Lakukan latihan ini 12-15 repetisi sebanyak 3 set.

 

2. Pull Up

Pull up merupakan latihan yang menantang tapi secara langsung menargetkan otot-otot yang ada di punggung Anda. Ini akan meningkatkan massa otot secara signifikan dan menghilangkan lemak yang ada di punggung.

Gunakan pull up bar jika Anda masih membutuhkan alat bantuan yang aman dan nyaman untuk menarik tubuh Anda ke atas dan ke bawah. Lakukan dalam 5-8 repetisi sebanyak 3 set.

 

3. Lat Pulldown

Jika Anda memiliki akses ke pusat kebugaran, cobalah untuk berlatih Lat Pulldown di mana Anda harus menarik sebuah beban ke arah dada menggunakan mesin tertentu.

Latihan Lat Pulldown ini akan memperkuat seluruh otot punggung dan membantu mengencangkannya sehingga tonjolan lemak berkurang dan kulit tidak akan bergelambir.

Sebagai awalan, Anda bisa berlatih dengan pola 8–10 repetisi x 3 set atau 10 – 12 repetisi x 2 set.

 

4. Bent Over Rows

Bent Over Rows adalah latihan kekuatan yang menguatkan otot-otot punggung bagian atas seperti otot dorsal, trapezius, dan rhomboids. 

Melakukan latihan ini secara konsisten dapat membantu membangun otot di area tersebut yang pada gilirannya bisa membantu meningkatkan definisi otot setelah lemak terbakar.

 

5. Superman Pose

Anda bisa membakar lemak punggung tanpa membutuhkan bantuan alat khusus apa pun bahkan tanpa perlu pergi ke luar ruangan. Caranya dengan melakukan salah satu gerakan yoga yang disebut Superman Pose.

Pose yang mirip dengan adegan superman terbang ini dilakukan dengan cara berbaring telentang dengan tangan di bawa lurus ke depan, lalu mengangkat tangan dan kaki secara bersamaan, meninggalkan perut dan paha yang tetap menempel di lantai.

 

6. Bird Dog Pose

Latihan terakhir untuk menghilangkan lemak di punggung Anda dengan efektif adalah melakukan Bird Dog Pose atau Pose Anjing Burung.

Bird Dog Pose melibatkan posisi merangkak seperti anjing dan terbang seperti burung dengan mengangkat serta mengulurkan tangan dan kaki secara bergantian. Latihan ini akan membantu memperkuat otot-otot punggung dan otot inti Anda dengan maksimal.

 

Mengurangi lemak yang ada di tubuh Anda memang memerlukan usaha yang besar serta tekad yang sangat kuat. 

Olahraga memang menjadi kunci untuk membakar kalori. Namun, memastikan tubuh Anda tidak menimbun lebih banyak lemak karena makan secara berlebihan juga sangat penting untuk dilakukan.

Jadi, terapkanlah gaya hidup yang sehat dan jangan lupa berlatih 6 gerakan di atas jika Anda ingin mendapatkan proporsi tubuh yang ideal tanpa adanya tonjolan lemak di sepanjang bra Anda. Selamat mencoba.

 

--- Related Article ---


Referensi:

  • Health Shots, (2023), Want to reduce the bra bulge? Try 8 exercises to trim back fat
  • Healthline, (2023), Try the Superman Exercise to Stand Tall and Proud
  • Verywell Fit, (2023), How to Do a Lat Pulldown: Proper Form, Variations, and Common Mistakes
     

 
Tags:
#Otot Punggung  #Lemak 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article