sfidn - Tips Latihan Pemain Sepak Bola Profesional

Tips Latihan Pemain Sepak Bola Profesional

sfidn.com – Tips Latihan Fisik menjadi Pemain Sepak Bola Profesional telah banyak dilakukan oleh mereka yang telah malang melintang dikejuaraan sepak bola nasional dan internasional. Beberapa pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Wayne Rooney adalah contoh nyata para pemain bola professional yang gemar melakukan latihan dibawah ini. Khusus untuk kalian yang baru saja ingin memulai hobi ataupun memiliki passion di olahraga sepak bola, wajib simak tips latihan fisik sepak bola ini! Selamat membaca.

Latihan fisik menjadi pemain sepak bola Pro


1. Latihan Daya Tahan Tubuh



Daya tahan tubuh salah satunya adalah daya tahan darah dan jantung atau lebih dikenal dengan istilah kardiovaskuler. Daya tahan tubuh ini bisa dilatih dengan melakukan latihan kardio ( cardio training ) seperti berlari jogging atau melakukan gerakan lain yang dominan terdiri dari nilai-nilai aerobic. Mulai biasakan diri untuk berlari jogging sekitar 40 hingga 60 menit dengan berbagai macam variasi kecepatan yang bisa dikombinasikan satu dengan yang lainnya. Tujuan dari latihan kardio ini adalah untuk menambah daya tahan otot tubuh sekaligus daya tahan kardiovaskuler. Maksud dari pernyataan diatas adalah bahwa kita dituntut untuk terus bergerak dan lari dalam durasi waktu tertentu dan cukup lama tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Setelah terbiasa dengan berlatih kardio, lanjutkan dengan menambah kecepatan,kualitas gerak, dan intensitas latihan agar bisa lebih berpengaruh dalam kekuatan dan stamina kalian dilapangan. Hingga pada akhirnya kalian bisa melakukan gerakan yang cepat dalam tempo lama dan konsisten pastinya.


2. Latihan Kekuatan Tubuh




Setelah mantap dalam melakukan latihan daya tahan, latihan selanjutnya yang wajib kalian kerjakan adalah latihan kekuatan tubuh. Cara melakukannya adalah dengan berlatih latihan beban. Latihan beban telah terbukti sangatlah efektif untuk meningkatkan kekuatan para pemain sepak bola. Latihan ini bisa dilakukan dimulai dengan berlatih push up, pull up. Back up, squat, angkat dumbbell ataupun angkat barbell, dan latihan dengan menggunakan beban lainnya. Wajib kalian ingat, ketika melakukan latihan kekuatan ini diwajibkan untuk tidak loncat ditempat dengan permukaan keras karena bisa menyebabkan cedera tubuh pada bagian tulang tungkai dan tulang kering kalian.


3. Latihan Kecepatan Tubuh




Latihan selanjutnya adalah latihan kecepatan tubuh. Didalam dunia olahraga khususnya pada latihan sepakbola, kecepatan merupakan faktor utama yang harus dimiliki oleh setiap pemain bola dalam satu tim. Semua pemain sepak bola termasuk kipper juga dituntut dan diwajibkan untuk bisa bergerak cepat tanpa kehilangan keseimbangan tubuh. Nah, untuk latihan kecepatan ini jenis latihan yang bisa kita lakukan adalah dengan lari shuttle run atau lari bolak balik dengan jarak 6 kilometer. Jika sudah terbiasa melakukan shuttle run ini, tingkatkan kualitas latihan dengan menambahkan beban dan rintangan. Selain shuttle run, latihan lain yang bisa kalian lakukan adalah berlari sprint dengan intensitas tinggi juga tidak kalah efektifnya dalam melatih kecepatan tubuhmu.

SFIDN Baca juga


4. Latihan Kelenturan Tubuh



Sebagai pemain sepakbola yang professional, merupakan tuntutan untuk bisa fleksibel agar bisa bergerak dengan lincah untuk mengubah arah dan berbalik badan ketika bermain sepak bola. Selain itu, kelenturan berpengaruh dalam mencegah terjadinya cedera di bagian persendian dan otot kalian. Program latihan fleksibilitas yang bisa kalian terapkan adalah dengan berlatih peregangan dengan baik dan benar. Contoh latihan yang bisa kalian lakukan untuk melatih kelenturan ini adalah dengan melakukan mencium lutut, sikap lilin, dan latihan lainnya.


5. Penuhi Asupan Gizi pada Makanan yang dikonsumsi



Nah, setelah bisa dan terbiasa melakukan ke 4 latihan diatas. Poin terakhir ke lima ini adalah kunci yang harus kalian penuhi. Dengan melakukan ke 4 latihan diatas tanpa diimbangi dengan asupan gizi yang baik maka akan sia-sia saja. Karena dengan menjaga asupan yang masuk kedalam tubuh kita, bisa mengoptimalkan energi kalian dalam bermain sepak bola ataupun pada pertandingan yang sebenarnya. Secara umum, para pemain sepak bola wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi air yang mengandung kandungan rehydrate untuk memudahkan kalian dalam mencerna karbohidrat agar lebih cepat sehingga bisa dengan mudah diserao oleh tubuh.

Itu dia 5 program latihan fisik yang wajib kalian lakukan untuk menjadi seorang pemain sepak bola professional seperti pemain idola seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Wayne Rooney. Jika ada penjelasan yang masih belum kalian pahami, silakan tuliskan pada kolom komentar dibawah ya! Jika menurut kalian informasi tentang tips sepak bola ini bermanfaat, silakan share artikel ini disosial media kalian masing-masing. Selamat mencoba dan salam olahraga!


 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article