sfidn - Tips Memilih Berat Dumbbell Untuk Pemula

Tips Memilih Berat Dumbbell Untuk Pemula

Ketika berbicara mengenai olahraga, maka hal yang paling sering terbesit adalah angkat beban dan fitness. Terutama bagi para pria yang ingin menambah kekuatan otot dan juga membentuk porsi tubuh yang ideal. Salah satunya dengan memanfaatkan alat seperti dumbbell. Bagi yang penasaran, sebenarnya seberapa penting dan bagaimana tips memilih berat dumbbell? berikut ini informasi lengkapnya :
 

Tips memilih berat dumbbell

 

  1. Pilih berat dumbbell sesuai tingkat kekuatan

Hal pertama yang wajib dipahami, setiap orang yang berolahraga memiliki tubuh dan juga asupan yang berbeda. Jelas hal ini akan mempengaruhi tipe dumbbell apa yang harus digunakan pertama kali. Sehingga anda bisa nyaman saat berolahraga. Cobalah menggunakan tips dengan menghitung beban ataupun berat tubuh.

Misalnya saja, berat dumbbell akan disesuaikan dengan kekuatan yang anda miliki. Standarnya beban yang dimiliki kurang lebih 60-70% dari beban tersebut. Misalnya saja, apabila anda memutuskan untuk menggunakan dumbbell seberat 3 kg dan dapat bertahan dengan baik. Maka berat yang sesuai yaitu 3 kg x 60% = 1.8 kg. lalu bagaimana jika 70%? maka kurang lebih seberat 2,1 kg saja.

Maksudnya 60-70 itu seperti apa. Jika anda menggunakan di kedua sisi, maka satu sisi mengangkat kurang lebih 1,8 kg dan sisi lain 2,1 kg saja. Namun sulit menemukan dumbbell yang bisa memberikan angka tepat, sehingga kisaran saja misalnya 1,5 kg dan 2 kg.

 

  1. Coba dari yang Paling Ringan

Pesan penting lainnya yang harus anda pahami yaitu adanya pemahaman bahwa olahraga bukanlah ajang gengsi, melainkan kesehatan dan olahraga yang benar. Apabila masih merasa belum terbiasa dengan dumbbell cobalah untuk mengangkat beban yang ringan terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, karena anda harus bisa menggunakan cara yang benar untuk bisa mengangkat beban.

Cobalah dari yang paling ringan hingga anda benar-benar bisa menggunakan masa tersebut. Manfaat ini didapatkan apabila anda memang ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga dumbbell. Bertahap lebih baik ketimbang harus menggunakan beban yang berat secara langsung. Karena akan berbahaya bagi tubuh.

 

  1. Gunakan Pelatih

 

Apabila anda pemula, maka berlatih dengan pelatih professional harus dilakukan. Hal ini sangat penting, mengingat banyak informasi yang mungkin anda tidak tahu, dengan bimbingan pelatih maka anda akan diarahkan untuk melakukan olahraga yang tepat. Misalnya saja, sebagian besar tempat gym ataupun fitness center yang ada di kota besar akan menawarkan jasa pelatih professional yang mendampingi anda. Jangan ragu apalagi takut membuang uang, karena merekalah yang membantu anda untuk memilih dumbbell yang tepat dan mendampingi olahraga angkat beban anda.

 

--- Related Article ---

 

  1. Jangan Merasa Sok

 

Apabila anda berhasil menguasai teknik ataupun berhasil mengangkat beban dengan kekuatan yang ringan. Maka anda bisa memasuki tahap selanjutnya namun jangan lupa bahwa tahapan tersebut sangatlah penting karena jika anda langsung berubah untuk mencoba mengangkat dumbbell dengan ukuran yang sangat besar.

Tips memilih berat dumbbell selanjutnya yaitu menggunakan tahapan ataupun lompatan saat menggunakan. Jangan lupa evaluasi diri, dan juga kekuatan serta lakukan penambahan secara bertahap misalnya saja pertama ada menggunakan dumbbell dengan berat 1.5 kg. Maka selanjutnya cobalah untuk menggunakan beban seberat 2 kg selama berulang-ulang. Jangan hanya satu kali saja karena bisa jadi untuk olahraga yang selanjutnya tumbuh tidak bisa menerima atau beradaptasi dengan beban yang berat.

 

  1. Brand Bukan Masalah

 

Sebagian orang mengatakan bahwa beban dumbbell seringkali dipengaruhi oleh kualitas ataupun merek yang digunakan. padahal sebenarnya kualitas tersebut mungkin hanya berdasar pada awet atau tidaknya barang dan juga kualitas dari kulit ataupun bagian lainnya. Namun untuk beban sendiri tiap-tiap merk mereka telah menentukan sesuai dengan standar. sehingga tips untuk memilih berat Dumbbell tidak akan terpengaruh oleh brand atau merek yang digunakan.

 

  1. Evaluasi Diri dan Program Olahraga

 

Hal terakhir yang harus anda pahami ketika memutuskan untuk memilih berat atau bobot yang tepat. Dengan memastikan bahwa anda telah mengevaluasi diri secara keseluruhan dan juga menyiapkan program latihan yang tepat.

Terutama jika anda merupakan salah satu orang yang belum pernah berolahraga ataupun melakukan kegiatan yang sangat berat seperti angkat beban. Maka olahraga dengan memanfaatkan dumbbell akan sangat sulit untuk dilakukan. Bagi beberapa orang mungkin akan terasa bahwa mereka mengalami kesakitan bahkan cedera. 

Berita informasi lengkap bagi anda para pemula yang ingin mencoba memilih alat untuk membantu olahraga salah satunya adalah dumbbell hal yang paling penting yang harus anda perhatikan. Ketika memutuskan untuk berolahraga bukan hanya menambah masa otot ataupun melakukan diet ketat.

 

Tetapi anda juga harus bisa menyusun program dan juga olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Karena jika terlalu memaksakan diri maka akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jika anda berhasil olahraga dengan cara yang benar pasti hasilnya akan maksimal bukan hanya sehat dan bugar tetapi bentuk tubuh juga ideal.

 

 


 
Tags:
#tips  #pemula  #dumbbell 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article