sfidn - 10 Manfaat Buah Amla yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda

10 Manfaat Buah Amla yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda

sfidn.com – Buah amla adalah buah berwarna hijau atau kuning dengan rasa masam dan sedikit pahit. Buah ini disebut juga sebagai gooseberry India atau buah malaka (di Indonesia).

Sekilas, buah amla mirip dengan beri atau anggur hijau tetapi ia memiliki garis putih samar di kulitnya dan biji berwarna hijau di bagian dalam.

Buah amla terkenal memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan karena mengandung Vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan, lebih tinggi dari buah acai berry dan delima.

 

Manfaat Buah Amla

Berikut adalah beberapa manfaat buah amla yang harus Anda tahu:

1. Meredakan Sariawan

Buah amla mengandung Vitamin C yang tinggi serta memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat mempercepat penyembuhan jaringan mulut yang rusak, termasuk meredakan sariawan dengan cepat.

 

2. Mengobati Sakit Tenggorokan

Buah amla dapat mengobati sakit tenggorokan atau pun radang tenggorokan dengan meredakan iritasi serta infeksi yang terjadi. Anda bisa membuat jus amla dan mencampurnya dengan madu agar tidak terlalu asam.

 

3. Meredakan Pilek

Buah amla dapat meredakan gejala pilek, seperti batuk dan hidung tersumbat. Buah ini akan membantu mengurangi peradangan di saluran pernapasan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus yang menyebabkan pilek. 

Minum jus amla atau teh amla secara teratur untuk meringankan gejala pilek dan mempercepat pemulihan.

 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah amla dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai pertahanan utama tubuh melawan infeksi dan penyakit. 

Selain itu, antioksidan dalam buah amla juga bisa membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah amla juga kaya akan serat sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah ini bisa membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus yang sehat.

Namun, Anda perlu berhati-hati karena amla dapat merangsang produksi asam lambung. Di satu sisi, asam lambung dapat membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih efisien. Di sisi lain, ini bisa memperburuk kondisi orang yang memiliki GERD.

 

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, yakni protein yang dapat menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Seperti yang kita tahu bahwa buah amla sangat kaya akan Vitamin C. Oleh karena itu, buah ini dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Amla bisa mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan bintik-bintik hitam. Untuk kesehatan rambut, buah ini sering dijadikan bahan baku dalam pembuatan minyak rambut untuk mencegah rambut rontok, ketombe, dan pertumbuhan rambut yang sehat.

 

7. Mengontrol Gula Darah

Buah amla sangat bagus untuk penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Buah ini mengandung kromium mineral yang dapat mengatur metabolisme karbohidrat serta merespons insulin di dalam tubuh.

 

8. Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin banyak yang belum tahu kalau buah amla juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata karena ia mengandung Vitamin A. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat mencegah beberapa masalah penglihatan, seperti katarak dan degenerasi makula pada orang lanjut usia.

 

9. Mendetoks Tubuh

Sifat diuretik pada buah amla bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Pembuangan urin ini bisa sekaligus mendetoks tubuh dengan mengeluarkan racun dan produk limbah dalam tubuh.

 

10. Mendukung Penurunan Berat Badan

Jika Anda memiliki rencana untuk menurunkan berat badan, konsumsi buah amlah secara rutin. Buah ini bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, buat amla dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori menjadi lebih optimal.

 

Cara Mengonsumsi Buah Amla

Anda bisa mengonsumsi buah dengan berbagai cara, seperti di makan langsung, dijadikan rujak, dibuat jus atau pun teh. Bahkan, sudah tersedia suplemen buah amla di berbagai toko herbal. Sebaiknya, konsumsi buah ini di pagi hari untuk manfaat dan hasil yang maksimal.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah amla  #manfaat buah 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article