sfidn - 10 Sayuran yang Boleh Dimakan oleh Penderita Asam Lambung

10 Sayuran yang Boleh Dimakan oleh Penderita Asam Lambung

sfidn.com – Penderita penyakit asam lambung atau GERD harus berhati-hati dalam memilih makanannya untuk menghindari refluks asam dan gejala yang tidak diinginkan.

Salah satu cara efektif untuk mengelola asam lambung adalah dengan mengonsumsi sayuran yang dapat membantu menetralkan keasaman dan mendukung kesehatan pencernaan

Beberapa jenis sayuran tidak hanya kaya akan nutrisi tapi juga mudah dicerna dan dapat mengurangi peradangan.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas sayuran apa saja yang boleh dimakan oleh penderita  penyakit asam lambung beserta alasannya.

 

Apa Itu Penyakit Asam Lambung?

Penyakit asam lambung atau yang dikenal juga sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD), adalah kondisi di mana asam dari lambung naik ke esofagus (refluks asam) sehingga menyebabkan rasa terbakar di dada atau tenggorokan.

Gejala GERD, di antaranya:

  • Rasa terbakar di dada (heartburn) yang sering terasa setelah makan atau saat berbaring.
  • Regurgitasi, yaitu naiknya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan atau mulut.
  • Kesulitan menelan (disfagia).
  • Batuk kering kronis.
  • Suara serak atau sakit tenggorokan.
  • Rasa asam atau pahit di mulut.

Meski terlihat sepele tapi sebenarnya penyakit asam lambung atau GERD ini sangat berbahaya karena bisa memicu komplikasi dan mengancam nyawa.

Oleh karena itu, penderitanya harus bisa mengontrol tingkat keasaman lambung dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Itu karena makanan menjadi salah satu faktor utama yang memicu refluks asam dan GERD.

 

Sayuran yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Salah satu jenis makanan yang penting untuk diperhatikan oleh penderita asam lambung atau GERD adalah sayuran. Beberapa jenis sayuran ada yang aman untuk dikonsumsi dan ada pula yang tidak.

Berikut adalah 10 jenis sayuran yang boleh dimakan oleh penderita penyakit asam lambung atau gerd:

 

1. Timun

Timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, yakni mencapai sekitar 95-96% sehingga dapat  menghidrasi tubuh dan membantu mengontrol produksi asam di lambung. Timun juga memiliki sifat basa yang dapat menetralkan keasaman dalam lambung. 

Di sisi lain, timun kaya akan serat yang membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko sembelit yang sering kali memperburuk gejala GERD.

 

2. Zukini

Zukini adalah sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga membuatnya mudah dicerna dan baik untuk kesehatan organ pencernaan. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di saluran pencernaan. 

Memasukan zukini ke dalam menu makan harian Anda dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam lambung sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita GERD.

 

3. Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat kompleks dan tidak menyebabkan peningkatan produksi asam di dalam lambung. Kandungan serat dalam kentang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Namun, penting untuk mengonsumsi kentang yang dipanggang atau direbus tanpa tambahan lemak berlebih seperti mentega atau krim karena bisa memicu refluks asam.

 

4. Selada

Selada merupakan sayuran berdaun hijau yang rendah kalori dan kaya akan serat. Selada mudah dicerna dan tidak menyebabkan produksi gas berlebih sehingga baik untuk penderita asam lambung. Sayuran ini juga mengandung vitamin A dan K serta folat yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

 

5. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, serat, vitamin K, dan antioksidan. Semua senyawa itu bisa membantu Anda memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, wortel memiliki sifat basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung. 

 

6. Seledri

Seledri memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori sehingga baik untuk penderita asam lambung. Sayuran seledri juga kaya akan serat dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan memperlancar pencernaan. 

Mengunyah seledri setiap hari dapat merangsang produksi saliva yang membantu tubuh untuk menetralkan asam lambung.

 

7. Bayam

Bayam adalah sumber nutrisi yang kaya akan serat, vitamin A, C, K, dan folat. Sayuran ini memiliki sifat basa yang membantu menetralkan keasaman dalam lambung.

 

8. Buncis

Buncis adalah sayuran rendah kalori yang tinggi serat dan protein yang bermanfaat dalam memperlancar pencernaan serta menjaga keseimbangan pH dalam lambung. 

Selain itu, buncis juga kaya akan vitamin C, K, dan folat, yang penting menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan tulang, serta pembentukan sel darah merah.

 

9. Kale

Kale merupakan salah satu sayuran yang paling padat nutrisi. Sayuran ini mengandung serat, vitamin A, C, K, dan kalsium. Kale memiliki sifat basa yang membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi peradangan sehingga aman untuk dikonsumsi penderita GERD atau pun untuk mencegah refluks asam.

 

10. Pakcoy

Pakcoy atau bok choy adalah jenis sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga kubis (Brassicaceae). Dari segi pH, sayuran hijau umumnya memiliki sifat yang agak basa ketika dikonsumsi karena mengandung mineral alkali, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Ini akan membantu menetralkan asam lambung.

 

Kesimpulan

Sayuran, seperti timun, zukini, kentang, selada, wortel, kacang hijau, seledri, bayam, buncis, dan kale tergolong aman untuk dimakan oleh penderita asam lambung atau GERD.

Itu karena sayuran-sayuran tersebut bisa membantu menetralkan asam dan tidak memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

Dengan memilih dan mengonsumsi sayuran yang tepat, Anda bisa meminimalkan risiko terjadinya refluk asam serta meredakan gejalanya. Ini akan membantu Anda menjalani hidup yang lebih aman, nyaman, dan berkualitas.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Sayuran  #asam lambung  #lambung 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article