sfidn - 15+ Istilah dalam Olahraga Tenis Lapangan yang Perlu Anda Tahu

15+ Istilah dalam Olahraga Tenis Lapangan yang Perlu Anda Tahu

sfidn.com – Belakangan ini, olahraga tenis lapangan menjadi sorotan banyak orang setelah salah satu rumah produksi, yaitu RANS Entertainment menggelar turnamen olahraga selebriti Indonesia.

Meski pun kegiatan tersebut telah selesai namun euforia masyarakat terhadap olahraga tenis lapangan masih tetap tinggi sehingga banyak orang yang akhirnya tertarik untuk mengetahui dan mempelajari olahraga yang masuk ke dalam kategori bola kecil tersebut.

Jika Anda salah satu orang yang menyukai olahraga ini dan ingin mempelajarinya dengan lebih dalam maka ketahui berbagai istilah yang sering digunakan dalam olahraga tenis lapangan.

 

15+ Istilah dalam Olahraga Tenis yang Perlu Anda Tahu

Meski semua orang tahu tentang tenis tapi dibandingkan dengan bulu tangkis, olahraga ini jarang dimainkan karena membutuhkan peralatan dan lapangan yang terbilang khusus.

Namun, jangan jadikan keterbatasan tersebut sebagai penghalang Anda untuk belajar banyak hal. Silakan simak artikel ini karena kami akan menjabarkan makna dari 15+ istilah yang ada di dalam olahraga tenis lapangan. Berikut informasinya.

 

1. Ace

Istilah "Ace" dalam olahraga tenis adalah sebuah pukulan servis yang masuk tapi tidak dapat dijangkau oleh lawan sehingga menghasilkan poin bagi pemukul dan ini adalah salah satu poin paling diinginkan dalam olahraga tersebut.

 

2. Forehand

Forehand adalah salah satu dari dua teknik pukulan dasar dalam tenis. Teknis ini dilakukan dengan cara memukul bola dari sisi raket yang menghadap depan sedangkan ayunan datang dari belakang badan pemain.

 

3. Backhand

Istilah backhand dalam olahraga tenis lapangan adalah pukulan yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan sisi raket yang menghadap ke belakang.

 

4. Servis

Servis adalah pukulan awal dalam setiap poin yang mana pemain harus memukul bola dari area baseline dan melemparkannya ke sisi lapangan lawan.

 

5. Volley

Volley dalam tenis lapangan adalah pukulan yang dilakukan di udara, biasanya di sekitar jaring sebelum bola menyentuh tanah. Pukulan ini sering digunakan dalam permainan ganda atau ketika pemain melakukan serangan dengan agresif.

 

6. Smash

Smash adalah salah satu pukulan tenis yang digunakan ketika bola berada di atas kepala pemain dan bisa dihantam dengan kuat serta tajam ke arah bawah menuju lapangan lawan. 

Pukulan smash seringkali digunakan untuk mengakhiri poin atau mencoba menghasilkan poin dengan memaksa lawan melakukan kesalahan.

 

 

7. Drop shot

Drop shot adalah pukulan yang sangat ringan dan bertujuan untuk membuat bola jatuh di dekat jarring. Teknik ini sering digunakan untuk mengecoh lawan yang berdiri jauh di belakang lapangan sehingga pemain bisa mendapatkan poin.

 

8. Deuce

Deuce adalah salah satu istilah yang digunakan dalam permainan tenis untuk mengacu pada situasi tertentu di mana kedua pemain atau kedua pasangan mendapatkan poin sama, yaitu saat skor mencapai 40-40.

Situasi ini mengharuskan salah satu pemain mencetak dua poin berturut-turut.untuk memenangkan pertandingan.

 

9. First Service

First service dalam olahraga tenis merujuk pada pukulan pertama yang dilakukan oleh seorang pemain yang biasanya dianggap sebagai peluang untuk memulai poin dengan baik dan mendikte jalannya permainan.

 

 

10. Lob

Istilah lob merujuk pada pukulan tinggi yang dilakukan untuk mengirim bola  melewati kepala lawan dengan harapan agar bola jatuh di area yang jauh di belakang lawan. Pukulan ini digunakan untuk mengatasi pemain yang mendekati atau berdiri di dekat net sehingga pemukul bisa mendapatkan poin.

 

11. Rally

Dalam olahraga tenis, istilah "rally" merujuk pada serangkaian pertukaran bola antara dua pemain atau dua pasangan untuk mendapatkan satu poin.

 

12. Groundstroke

Groundstroke adalah salah satu pukulan dasar dalam tenis yang dilakukan saat bola berada di tanah, yaitu sebelum bola mencapai ketinggian yang memungkinkan untuk melakukan pukulan volley atau overhead.

 

 

13. Court

Istilah "court" mengacu pada lapangan atau area di mana permainan tenis dilakukan. Lapangan tenis biasanya terdiri dari berbagai elemen, seperti baseline (garis di bagian belakang lapangan), service box (kotak servis), net (penghalang di tengah lapangan), singles dan doubles alleys (area di sebelah kiri dan kanan lapangan), serta garis-garis lain yang menentukan batas lapangan.

 

14. Service Line

Dalam olahraga tenis, "service line" adalah garis yang terletak di tengah dan memanjang melintasi lebar lapangan. Ketika seorang pemain memberikan servis, ia harus berdiri di belakang service line dan berusaha untuk meletakkan bola di daerah servis lawan.

 

15. Game point

Game point adalah situasi di mana salah satu pemain atau pasangan telah mencapai skor 40 dan hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memenangkan pertandingan. Syaratnya, lawan tidak memiliki skor yang sama.

 

 

16. Baseline

Baseline adalah garis panjang yang membentang di bagian belakang dari lapangan tenis. Daerah ini juga bisa menjadi penentu in atau out nya bola.

 

17. Netcord

Istilah netcord dalam olahraga tenis merujuk pada situasi di mana bola yang sedang dipukul oleh pemain mengenai net atau jaring sebelum melintasi ke sisi lapangan lawan.

 

18. Grand Slam

Grand slam adalah sebutan untuk empat turnamen utama dalam olahraga tenis, yaitu Australian Open, French Open, Wimbledon, dan US Open. Memenangkan salah satu dari keempat turnamen tersebut adalah prestasi yang luar biasa.

 

Itulah 15+ istilah dalam tenis lapangan yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan untuk mempelajari olahraga ini dengan lebih dalam. Tidak sulit kan untuk memahaminya.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#olahraga  #istilah  #tenis 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article