5 Manfaat Kesehatan Minum Teh Chamomile Setiap Hari

sfidn.com - Teh chamomile adalah salah satu minuman penyegar yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Bunga chamomile (Matricaria recuita) sendiri berasal keluarga daisy (Asteraceae) dan sedikit berbau apel, yang mungkin menjelaskan namanya – dalam bahasa Yunani, chamomile artinya apel Bumi.

Selain rasanya yang manis dan bersahaja, banyak orang minum ini sebagai alternatif bebas kafein untuk teh hitam atau hijau.

Tidak ketinggalan juga, teh dari bunga putih dan kecil ini dikemas dengan tinggi antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. 

Artikel berikut akan menjelaskan lima manfaat kesehatan minum teh chamomile setiap hari.

5 Manfaat kesehatan minum teh chamomile setiap hari

Beberapa manfaat teh chamomile untuk kesehatan yang sayang sekali jika Anda lewatkan begitu saja, di antaranya:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat teh chamomile yang paling terkenal adalah membantu mengatasi masalah tidur. 

Diduga, kemampuannya ini berasal dari kandungan apigenin – antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak Anda, yang dapat menimbulkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

Beberapa penelitian pun sudah membuktikannya. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum 270 mg ekstrak chamomile 2 kali sehari selama 28 hari memiliki 1/3 lebih sedikit waktu bangun di malam hari dan tertidur 15 menit lebih cepat daripada kelompok orang yang tidak mengonsumsi ekstrak tersebut.

Hanya saja, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk menentukan sejauh mana efeknya pada kualitas tidur seseorang. 

Meski begitu, minum teh chamomile sebelum tidur patut Anda coba jika Anda sulit tidur.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Minum teh chamomile setiap hari diduga juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda. 

Sayangnya, penelitian terbatas menunjukan chamomile mungkin efektif untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi risiko gangguan pencernaan tertentu, seperti:

  • Diare: dikaitkan dengan sifat anti-inflamasinya.
  • Sakit maag: dengan mengurangi tingkat keasaman di perut dan menghambat pertumbuhan bakteri yang berkontribusi terhadap perkembangan maag.
  • Klaim anekdot menyatakan bahwa ini dapat menenangkan perut dengan meringankan beberapa gejala, seperti mual, perut kembung dan bergas.

Terlepas dari itu semua, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengonfirmasi manfaat chamomile terhadap pencernaan.

3. Melindungi Anda dari jenis kanker tertentu

Kandungan antioksidan (apigenin) yang tinggi dalam bunga chamomile telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu.

Dalam penelitian tabung reaksi, apigenin terbukti dapat melawan sel kanker, terutama pada payudara, kulit, saluran pencernaan, prostat, dan rahim.

Selain itu, satu penelitian terhadap 537 orang mengamati bahwa kelompok yang minum teh chamomile 2-6 kali per minggu secara signifikan berisiko lebih rendah terkena kanker tiroid daripada kelompok yang tidak meminumnya.

Meski menjanjikan, penelitian pada manusia yang lebih berkualitas tinggi masih diperlukan untuk memperkuat argumen bahwa teh chamomile dapat mencegah kanker.

--- Related Article ---

 

4. Mengontrol gula darah

Manfaat teh chamomile selanjutnya ialah dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Kemampuannya ini telah dikaitkan dengan sifat anti-inflamasinya yang dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas – terjadi ketika kadar gula darah Anda naik secara kronis.

Perlu diingat bahwa kesehatan pankreas Anda sangat penting, karena menghasilkan hormon insulin yang bertanggung jawab untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen), sehingga gula darah Anda stabil.

Beberapa penelitian juga telah mengonfirmasi hal ini. Misalnya, satu penelitian terhadap 64 penderita diabetes, kelompok yang minum teh chamomile dengan makanan setiap hari selama 8 minggu memiliki kadar gula darah rata-rata yang jauh lebih rendah daripada kelompok yang minum air.

Meski sebagian besar penelitian yang ada dilakukan pada hewan, temuan ini cukup menjanjikan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain apigenin, chamomile juga kaya akan senyawa flavon, yang juga termasuk kelompok antioksidan.

Flavon telah dipelajari potensinya dalam menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang merupakan penanda penting dari risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian terhadap 64 pasien diabetes menemukan bahwa kelompok yang minum teh chamomile dengan makanan juga mengalami penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol-LDL (jahat) dibandingkan dengan yang minum air.

Penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk mengonfirmasi perannya terhadap kesehatan jantung.

Namun, tetap tidak ada salahnya jika Anda menambahkan teh ini ke dalam diet Anda.

Manfaat kesehatan potensial lainnya

Adapun manfaat kesehatan teh chamomile yang bersifat anekdot dan tidak didukung oleh penelitian ilmiah, di antaranya:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh, seperti mencegah dan mengobati flu biasa, serta menenangkan tenggorokan yang sakit.
  • Meredakan kecemasan dan depresi, tetapi sebagian besar penggunaannya sebagai aromaterapi atau suplemen.
  • Meningkatkan kesehatan kulit (melembabkan dan mengurangi peradangan), melalui produk kosmetik, seperti losion, krim mata, dan sabun.
  • Mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Beberapa manfaat anekdotnya ini mungkin bisa dipelajari lagi di masa depan.

Efek merugikan dari teh chamomile

Secara umum, minum teh chamomile aman bagi kebanyakan orang.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati, karena ada beberapa laporan efek samping yang dapat muncul, seperti:

  • Alergi.
  • Iritasi mata (umumnya pada produk kosmetik), yang dapat menyebabkan konjungtivitis (peradangan pada lapisan mata).
  • Tidak disarankan untuk anak kecil, wanita hamil atau menyusui, dan orang dengan penyakit hati atau ginjal – karena belum ada penelitiannya.

Meski demikian, tidak ada laporan efek samping yang mengancam jiwa atau pun toksisitas dari minum teh bunga daisy ini.

Cara membuat teh chamomile

Untuk membuat teh chamomile, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Didihkan 1 gelas air (250 ml) atau sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Siapkan 2 sendok teh bunga chamomile kering atau 4 sendok makan bunga chamomile segar untuk setiap satu gelas. 
  • Setelah air mendidih, matikan api dan masukkan bunga chamomile ke dalam pot. Biarkan selama 5-10 menit sebelum disaring.
  • Tuang ke dalam gelas dan teh chamomile siap untuk dinikmati. 

Kesimpulan

Minum teh chamomile setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, menyehatkan pencernaan dan jantung, kontrol gula darah yang lebih baik, serta mencegah jenis kanker tertentu. Teh ini juga umumnya aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang, tetapi mungkin tidak disarankan untuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta orang dengan penyakit hati atau ginjal.

 

Jika Anda tertarik untuk minum teh chamomile, Anda bisa mendapatkannya di sini. Jangan lupa, lakukan riset mendalam dan cek testimoni dari pelanggan sebelum Anda membelinya, baik secara online maupun offline.

 

Referensi:

  • Gohar AA, Zaki AA. 2014. Assessment of some herbal drugs for prophylaxis of peptic ulcer. Iran J Pharm Res. 13 (3): 1081-1086.
  • Peterson et al. 2012. Associations between flavonoids and cardiovascular disease incidence or mortality in European and US populations. Nutr Rev. 70 (9): 491-508.
  • Rafraf et al. 2015. Effectiveness of chamomile tea on glycemic control and serum lipid profile in patients with type 2 diabetes. J Endocrinol Invest. 38 (2): 163-70.
  • Riza et al. 2015. The effect of Greek herbal tea consumption on thyroid cancer: a case-control study. Eur J Public Health. 25 (6): 1001-5.
  • Sebai et al. 2014. Antidiarrheal and antioxidant activities of chamomile (Matricaria recutita L.) decoction extract in rats. J Ethnopharmacol. 152 (2): 327-32.
  • Shukla S, Gupta S. 2010. Apigenin: a promising molecule for cancer prevention. Pharm Res. 27 (6): 962-978.
  • Srivastava et al. 2010. Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future. Mol Med Rep. 3 (6): 895-901.
  • Zick et al. 2011. Preliminary examination of the efficacy and safety of a standardized chamomile extract for chronic primary insomnia: a randomized placebo-controlled pilot study. BMC Complement Altern Med. 11: 78.
Tags:
#sfidn  #chamomile  #teh chamomile  #manfaat teh chamomile  #bunga chamomile  #efek samping teh chamomile  #cara membuat teh chamomile 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article