sfidn - 5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Forearm di Rumah

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Forearm di Rumah

sfidn.com — Cara terbaik untuk membangun otot forearm atau lengan bawah adalah dengan meregangkan dan merusak otot-otot tersebut. 

Terdengar aneh? Faktanya, hal ini akan merangsang tubuh Anda untuk memulai proses perbaikan terhadap kerusakan tersebut dan membangun kembali dengan sedikit lebih ekstra, sehingga otot lebih siap terhadap upaya serupa di masa mendatang.

Umumnya, semakin banyak resistensi yang Anda miliki untuk bergerak, semakin mudah untuk Anda meregangkan otot-otot Anda, sehingga cukup untuk memicu pertumbuhan otot dalam waktu singkat.

Sama halnya saat Anda melakukan latihan forearm menggunakan peralatan kebugaran.

Jadi, cobalah pertimbangkan beberapa alat untuk latihan forearm berikut, agar gerakan Anda semakin membuat otot-otot tegang dan kembali dengan lebih kuat – dengan tetap memastikan tubuh cukup nutrisi dan istirahat.

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Forearm di Rumah

1. Hand Grip

Alat untuk latihan forearm ini tampaknya sederhana, hanya bisa membuka dan menutup.

Namun faktanya, alat ini populer di kalangan atlet, karena kemampuannya dalam membantu membesarkan lengan.

Layaknya tang yang sulit ditutup, peralatan ini bagus untuk melatih lengan bawah Anda, dan lebih khusus lagi, membantu Anda menutup jari-jari Anda dengan baik.

Hadir dalam beberapa model, ada yang dilengkapi dengan fitur resistensi yang dapat disesuaikan, ada pula yang mengharuskan Anda untuk membeli secara terpisah jika ingin meningkatkan pelatihan pegangan Anda. 

Beberapa orang mungkin lebih suka hand grip dengan pegangan yang lembut, sementara yang lain mungkin tidak keberatan dengan pegangan baja sederhana.

Bentuknya yang simple, portable, relatif murah, dan tahan lama juga menjadi keunggulan dari hand grip, sehingga banyak diincar orang.

Menyenangkan bukan jika Anda bisa berlatih santai di mana pun dan kapan pun Anda mau?

Tertarik menambahkan hand grip ke dalam latihan forearm Anda? Cek di sini untuk rekomendasi terbaiknya!

2. Forearm Wrist Roller


Sumber gambar: Amazone

Tidak kalah hebat dari hand grip, forearm wrist roller juga bisa Anda tambahkan ke dalam jajaran alat kebugaran Anda.

Hebatnya, alat ini bisa melatih bagian lengan bawah dan pergelangan tangan Anda di waktu yang sama.

Jadi, hanya dengan satu alat saja, Anda sudah bisa menuai dua manfaat besar sekaligus.

Bagian yang paling banyak disukai dari alat latihan otot forearm ini adalah penggunaan band sebagai alternatif kabel, sehingga lebih aman, karena tidak mudah tergelincir dari satu sisi ke sisi lainnya

Alhasil, ini memberikan Anda pengalaman latihan yang lebih seimbang dan menyenangkan.

Tak hanya itu, roller ini dirancang seperti tank dengan genggaman yang sangat kuat.

Pemberat seperti kettlebell, dumbbell, atau weight plates, juga dapat dipasang ke tali dengan carabiner yang disertakan. 

Tentu saja, dengan lebih banyak fitur dan kualitas yang lebih baik, harganya pun jadi lebih tinggi.

Namun, jika Anda serius dengan roller ini, maka Anda melakukan investasi yang sangat berharga untuk kesehatan dan kebugaran Anda.

Temukan forearm wrist roller terbaik Anda di sini!

3. One-Handed Free Weights

Mungkin tidak semua orang menyadari hal ini, tetapi Anda bisa menggunakan beban bebas dalam banyak latihan untuk memperkuat lengan bawah Anda.

Dalam melatih forearm, membuat perbedaan dengan beban bebas pada kedua tangan adalah penting.

Itulah mengapa menggunakan beban bebas satu tangan cenderung lebih melatih otot lengan bawah Anda dibandingkan dengan beban bebas dua tangan.

Satu keuntungan lagi dari beban bebas adalah Anda juga bisa menggunakannya untuk melatih bagian tubuh yang lain. 

Tahan lama dan tidak mengalami penurunan nilai juga menjadi daya tarik orang untuk berinvestasi sedikit lebih besar terhadap alat latihan forearm ini.

Beberapa contoh one-handed free weights yang dapat Anda gunakan adalah dumbbell, kettlebell, weight plates, dan sejenisnya.

4. Wrist Flexion and Extension Trainer


Sumber gambar: Amazone

Berbeda dari alat-alat sebelumnya, wrist flexion and extension trainer dirancang sangat unik dengan tidak menggunakan beban, melainkan tingkat ketahanan tegangan.

Dengan satu gerakan sederhana saja, Anda sudah bisa melatih otot ekstensor dan fleksor secara bersamaan.

Ya, benda memanjang dengan bantalan empuk ini memungkinkan Anda untuk menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah dengan resistensi ringan.

Secara teori, Anda pun bisa menggunakannya untuk melatih abduksi dan adduksi pergelangan tangan.

Alat untuk latihan forearm ini sangat ringan, portable, dan dilengkapi dengan pegangan busa yang dapat disesuaikan dengan sebagian besar ukuran lengan.

Namun, bagi beberapa orang, perangkat ini bisa saja terlalu panjang untuk lengan yang lebih pendek.

Di sisi lain, meski wrist trainer ini sangat bagus untuk pemula, tetapi mungkin tidak begitu bermanfaat untuk atlet angkat besi berpengalaman atau orang yang sudah terlatih.

Terlepas dari itu semua, alat ini bisa menjadi alternatif yang lebih murah ketika Anda belum mampu menggunakan beban bebas.   

Tertarik menginvestasikannya untuk latihan lengan bawah Anda? Jangan ragu untuk cek di sini!

5. Sidewinder Forearm Exerciser


Sumber video: youtube.com/Jedd Johnson

Terakhir dalam daftar ini ada sidewinder forearm exerciser yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Apa yang membuatnya begitu unik? 

Ya, alat untuk latihan forearm ini bisa berfungsi seperti roller pergelangan tangan tradisional Anda, tetapi tanpa beban atau tali tambahan untuk mengangkat dan membimbingnya.

Selain menghemat pengeluaran Anda untuk beban ekstra, alat ini juga membuat latihan forearm Anda sangat ringkas dan portable.

Cukup dengan mengatur built-in dial, Anda bisa menyesuaikan tingkat resistensi, mulai dari ringan hingga super hardcore.

Fitur lain dari sidewinder adalah tidak menggunakan tali atau beban, tetapi bisa melakukan jumlah putaran yang tak terbatas tanpa henti.

Rotasinya sangat halus dan tenang, serta resistensinya tetap sama selama latihan – atau sampai Anda mengubahnya sendiri.

Pegangannya juga dapat digerakkan secara unilateral atau bilateral, dan dipelintir dalam gerakan searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.

Alhasil, Anda pun dapat melatih otot fleksor dan ekstensor secara individual atau bersamaan dengan gerakan terus-menerus.

Ada 2 versi sidewinder forearm exerciser yang dapat Anda gunakan, yaitu:

  • Sidewinder Pro Xtreme: memiliki pegangan lebar, yang menawarkan cengkeraman lebih luas kepada pengguna dan ketahanan yang lebih tinggi untuk atlet super kuat.
  • Sidewinder Pro Plus: memiliki gagang tebal, untuk mengakomodasi sebagian besar tingkat kebugaran dan ukuran genggaman pengguna.

Tertarik menambahkan sidewinder forearm exerciser ke dalam rak fitness Anda? Cek di sini untuk versi terbaiknya!

Kesimpulan

Itulah sederet alat untuk latihan forearm di rumah yang bisa Anda pertimbangkan, mencakup hand grip, forearm wrist roller, wrist flexion and extension trainer, sidewinder forearm exerciser, serta beban bebas seperti dumbbell, kettlebell, dan weight plates.

Kira-kira, dari kelima alat di atas, manakah yang paling Anda minati? 

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Critical Body (2022). Best Forearm Exercise Equipment and Workout Tool Devices for Building Strength in 2022.
  • Fitness Mastered (2022). 6 Best Forearm Workout Tools & Exercisers Review 2022.
  • Weight Loss Made Practical (2022). 10 Best Forearm Exercise Equipment Tools.

 
Tags:
#sfidn  #forearm  #latihan forearm  #alat latihan forearm  #alat untuk latihan forearm  #lengan bawah  #melatih forearm  #latihan forearm dengan dumbell  #cara membesarkan forearm  #alat latihan otot forearm 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article