sfidn - 5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Pull Up di Rumah

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Pull Up di Rumah

sfidn.com – Mau latihan pull up di rumah tapi bingung alat apa yang bagus untuk digunakan? Meski latihan ini bisa dilakukan tanpa alat khusus, Anda mungkin ingin memaksimalkan atau menambah tantangan dalam latihan Anda. 

Jangan khawatir, artikel berikut akan memberikan Anda beberapa rekomendasi alat untuk pull up di rumah. Dijamin, latihan Anda akan semakin seru dan menantang, selamat mencoba!

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Pull Up di Rumah

1. Pull Up Door Chinning Bar

Beli Sekarang

 

Jika Anda menginginkan alat yang simple dan anti-ribet, pull up door chinning bar, atau disingkat dengan pull up bar, mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Anda cukup memasangnya di kusen pintu rumah Anda dengan cara dipuntir sampai pas dan kuat – tidak perlu sekrup.

Terbuat dari bahan solid steel berkualitas tinggi yang dilengkapi dengan secure brackets di kedua sisi ujung, serta foam lembut, nyaman, dan anti-slip untuk pegangan, membuatnya mampu menahan beban hingga 150 kg.

Namun ingat, jangan gunakan palang tanpa memasangnya terlebih dahulu ke braket! 

Bonusnya lagi, alat untuk pull up ini tersedia dalam dua ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan ruang latihan Anda, yaitu 62-100 cm dan 80-130 cm.

2. Gymnastic Ring

Beli Sekarang

 

Anda mungkin heran bagaimana bisa alat berbentuk cincin ini bisa digunakan untuk pull up di rumah. Yups, gymnastic ring, yang dapat dipasang di langit-langit rumah, dapat meningkatkan tantangan dalam latihan Anda.

Jika Anda ingin menambah varian gaya bebas selama berlatih pull up, gymnastic ring adalah pilihan yang cocok. 

Cincin senam ini memberikan kebebasan bergerak pada tangan dan lengan Anda dibandingkan saat Anda menggunakan bar. Karena ketidakstabilan tali, menjaga keseimbangan dan stabilitas dengan ring adalah tantangan tambahan yang membutuhkan fokus mental dan fisik. 

Anda pun harus melibatkan otot perut, paha depan, fleksor pinggul, dan punggung untuk menjaga agar tali dan tubuh Anda tidak bergoyang. Kekuatan cengkeraman juga sangat diperlukan di sini, untuk membantu menstabilkan tubuh Anda agar tidak berayun. 

Selain itu, alat untuk pull up ini adalah alternatif yang sehat, karena memungkinkan rentang gerak yang lebih besar, sehingga membantu mengurangi stres dan ketegangan di area bahu dan siku.

Meski opsi ini agak tidak biasa, tetapi percayalah, gymnastic ring menawarkan keuntungan tidak hanya melatih kekuatan otot, tetapi juga keterampilan koordinasi Anda. 

3. Multi-Grip Pull Up Bar

Beli Sekarang

 

Sesuai dengan namanya, alat pull up yang satu ini memang dikemas dengan berbagai fitur. 

Multi-grip pull up bar menawarkan Anda beberapa posisi pegangan yang dapat Anda sesuaikan untuk mencegah kelelahan. Mulai dari pegangan sempit, pegangan netral, hingga pegangan yang lebar, kehadiran fitur ini dapat menargetkan otot lengan Anda dari berbagai sudut.

Alat ini juga memiliki bantalan busa di sudut-sudutnya, sehingga tidak akan merusak pintu rumah Anda. Bonusnya lagi, Anda tidak perlu sekrup dan bisa langsung dipasang di kusen pintu.

Terbuat dari baja tebal, yang terdiri atas 3 tiang baja untuk stabilitas dan daya tahan maksimal, multi-grip pull up bar dapat menampung beban hingga 200 kg.

4. Abdominal Sling Pull Up

Beli Sekarang

 

Selanjutnya, ada abdominal sling pull up, atau disingkat dengan ab straps, sebagai alternatif untuk menggunakan lengan atas untuk menopang berat badan Anda (pada pull up bar, latihan Anda akan berfokus pada perut). 

Alih-alih memegang palang, dengan menempatkan lengan atas Anda di tali, lalu meraih palang atau ke atas tali, melakukan latihan inti pun menjadi lebih mudah.

Salah satu manfaat utama menggunakan ab straps adalah (dengan menggantung) Anda dapat mengurangi tekanan di area punggung, yang menyebabkan kebanyakan orang tidak mau melakukan latihan perut. 

Satu-satunya kelemahan yang jelas dari alat ini adalah Anda perlu sesuatu untuk menggantungnya, seperti pull up bar pada poin nomor 1.  

5. Wall Mount Pull Up Bar

Beli Sekarang

 

Untuk Anda yang menginginkan tatanan alat olahraga yang lebih rapi di rumah, wall mount pull up bar mungkin adalah pilihan yang pas. 

Pemasangan alat ini bisa di langit-langit, sehingga dinding dan pintu rumah Anda bebas dari sesuatu yang dapat menghalangi pergerakan Anda. 

Dilengkapi dengan 4 lubang pemasangan di setiap ujung dan busa berdensitas tinggi, membuatnya sangat kokoh, dapat menahan beban hingga 100 kg, serta lebih nyaman untuk digunakan.

Tips memilih alat untuk pull up di rumah

Menemukan jenis pull up bar yang cocok untuk di rumah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. 

Jika Anda tinggal di apartemen kecil, pull up door chinning bar bisa Anda pilih, karena panjang palang dapat disesuaikan

Jika Anda memiliki ruang yang lebih luas dan ingin meningkatkan latihan pull up Anda, wall mount pull up bar dan multi-grip pull up bar pas untuk Anda. Alat-alat ini memungkinkan Anda untuk melatih otot bisep dan trisep dari berbagai sudut dengan variasi jarak pegangan.

Ingin alternatif yang lebih sehat? Menggunakan gymnastic ring dan ab straps adalah hal yang tepat. Kedua alat ini dapat mencegah terjadinya cedera di bahu, siku, dan punggung dengan mengurangi tekanan di area tersebut.

Selain alat pull up doorway dan dipasang di dinding, Anda juga bisa menggunakan rak pull up yang berdiri bebas. Alat ini memiliki tapak yang stabil dan ideal untuk Anda yang memiliki garasi atau ruang gym khusus di rumah.

Kesimpulan

Beberapa rekomendasi alat untuk latihan pull up di rumah yang dapat Anda pilih di antaranya pull up door chinning bar, wall mount pull up bar, multi-grip pull up bar, gymnastic ring, dan ab straps.

Pertimbangkan juga beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli, termasuk fitur adjustable, ketinggian dari lantai, dan berat yang dapat ditampung. Lebih penting lagi, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Selamat berlatih!

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Pullup and Dip (2019). The 11 Best Pull-Up Equipment To Improve Your Pull-Up Workout.
  • Men’s Health (2022). The 13 Best Pullup Bars for Home Workouts.
  • Men’s Journal. The Best Pull-Up Bars to Suit Your Home Setup.
  • Pullup and Dip (2019). How To Do Pull-Ups At Home – Top Tips, Exercises & Equipment.
  • Verywell Fit (2022). The Best Pull-Up Bars, According to a Personal Trainer.

 
Tags:
#Pull Up  #sfidn  #alat untuk pull up  #alat untuk latihan pull up  #alat pull up  #alat untuk pull up di rumah  #alat yang digunakan untuk latihan pull up 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article