6 Suplemen untuk Membentuk Perut Six Pack

sfidn.com – Perut six pack adalah tujuan dari kebanyakan orang yang pergi ke gym. Dengan mengatur pola makan, melakukan latihan secara rutin, serta istirahat yang cukup, Anda mungkin masih perlu meningkatkan upaya Anda.

Nah, suplemen untuk perut six pack mungkin bisa menjadi perpaduan sempurna menuju impian Anda.

Jika Anda menginginkan hasil yang lebih besar, lebih cepat, lebih kuat, dan dalam bentuk yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi nutrisi tambahan ini. 

Lantas, apa saja suplemen untuk membentuk perut six pack? Ini daftarnya!

6 Suplemen untuk membentuk perut six pack

Berikut daftar suplemen yang dapat membantu Anda mendapatkan perut six pack, serta cara kerjanya di dalam tubuh.

1. Protein powder

Yups, bubuk protein sudah seharusnya ‘wajib’ ada di antara tumpukan suplemen Anda.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bubuk protein memiliki efek positif terhadap kinerja atletik, kekuatan otot, pertumbuhan dan pemeliharaan otot, bahkan meningkatkan pembakaran lemak.

Kinerja atletik

Ketika kinerja Anda meningkat, Anda pun mampu berlatih lebih keras. Semakin Anda berlatih keras, semakin banyak otot yang Anda bangun dan lemak yang Anda bakar.

Kekuatan dan kehilangan lemak

Peningkatan asupan protein selama Anda membangun otot dapat membuat Anda mengangkat beban yang lebih berat, dan ini berdampak positif pada ukuran otot dan detak jantung istirahat (basal metabolic rate) Anda. 

Semakin tinggi laju metabolisme, semakin banyak kalori yang dibakar, semakin banyak pula lemak yang dapat dihilangkan.

Pertumbuhan  dan pemeliharaan otot

Otot membutuhkan kalori untuk berfungsi. 

Semakin banyak otot yang Anda bentuk, semakin banyak pula kalori yang bisa Anda bakar – bahkan ketika istirahat. 

Jadi, total kalori yang terbakar ketika istirahat akan dimaksimalkan jika Anda memiliki suplai protein yang cukup dalam sistem tubuh Anda.

Pertimbangkanlah bubuk protein sebagai suplemen untuk perut six pack Anda dengan alasan berikut: 

  • Whey protein isolate (bubuk protein yang cepat dicerna) berperan penting untuk sintesis protein ketika diminum setelah berolahraga.
  • Bubuk protein sangat bagus Anda minum di antara waktu makan atau sebagai meal replacement ketika Anda bepergian.
  • Kasein (bubuk protein yang lambat dicerna) bagus diminum sebelum tidur untuk meningkatkan suplai asam amino Anda.

2. Fat burner

Anda mungkin kesulitan menemukan mana fat burner atau pembakar lemak yang tepat untuk Anda. Oleh sebab itu, simaklah 6 kategori berikut untuk membantu Anda menemukan satu yang terbaik.

  • Termogenik: meningkatkan suhu tubuh internal Anda dengan meningkatkan detak jantung istirahat Anda. Bahan utamanya adalah kafein, yohimbe, dan synephrine HCL.
  • Pemblokir karbohidrat (carb blockers): mengikat karbohidrat yang Anda konsumsi dan tidak membiarkan tubuh Anda mencernanya. Bahan utamanya adalah ekstrak kacang merah putih.
  • Pemblokir lemak (fat blockers): mengikat lemak yang Anda konsumsi dan tidak membiarkan tubuh Anda mencernanya. Bahan utamanya adalah kitosan.
  • Penekan nafsu makan: membantu menekan nafsu makan dan efektif meredakan rasa idam Anda. 
  • Regulator tiroid: membantu mengatur metabolisme dan tingkat energi Anda. Bahan utamanya adalah guggulsterone dan forskolin.
  • Pemblokir kortisol: membantu menjaga kadar kortisol Anda. Bahan utamanya adalah fosfatidilserin.

3. Teh hijau

Suplemen untuk perut six pack selanjutnya adalah teh hijau, yang sudah digunakan sebagai obat untuk membantu ekskresi urin dan penyembuhan luka sejak 1000 tahun yang lalu.

Saat ini, sudah banyak studi yang membuktikan manfaat teh hijau untuk kesehatan, di antaranya:

  • Meningkatkan tingkat antioksidan dan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
  • Membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar ultra violet (UV).
  • Memiliki kadar kafein yang cukup untuk meningkatkan suhu inti Anda, sehingga lebih banyak kalori yang terbakar, yang otomatis meningkatkan kehilangan lemak.
  • Bersifat diuretik, sehingga membantu Anda mengeluarkan kelebihan air dari sistem tubuh dan memberikan Anda tampilan yang lebih terbentuk dan tidak terlalu kembung.

4. CLA (Conjugated Linoleic Acid)

CLA adalah suplemen untuk six pack yang dapat membakar lemak dalam tubuh untuk digunakan sebagai energi. Ini adalah asam lemak yang ditemukan dalam daging sapi dan produk susu.

Asam lemak ini dapat mengganggu proses penyimpanan lemak dan terbukti meningkatkan massa otot tanpa lemak. Seperti yang telah disebutkan, semakin banyak otot yang Anda bangun, semakin banyak pula lemak yang bisa Anda bakar. 

Berikut manfaat CLA lainnya untuk kesehatan Anda:

  • Meningkatkan tingkat metabolisme, untuk pembakaran kalori yang lebih banyak.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan waktu pemulihan otot Anda lebih cepat.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Menurunkan risiko kanker payudara.

Dosis yang direkomendasikan:

  • 1-3 gram setiap kali makan pagi, siang, dan malam.

5. Karnitin

Ada dua bentuk karnitin, yaitu l-carnitine dan acetyl-l-carnitine

Karnitin adalah salah satu suplemen yang dapat membantu Anda secara fisik, dengan memasukkan lemak ke dalam otot Anda, kemudian lemak tersebut dibakar untuk bahan bakar Anda selama latihan.

Selain itu, karnitin terbukti mampu mengeluarkan racun dari otot yang dihasilkan selama berolahraga, sehingga Anda tidak terlalu lelah dan proses pemulihan dari satu latihan ke latihan berikutnya berlangsung dengan lebih baik.

Di sisi lain, suplemen untuk perut six pack ini dapat membantu meredakan kondisi brain fog (otak berkabut), karena telah terbukti membantu meningkatkan fokus dan fungsi mental Anda.

Dosis yang disarankan:

  • 1000-2000 mg sebelum dan sesudah latihan.

6. Beta alanine

Terakhir adalah beta alanine, yang merupakan asam amino non-esensial untuk membantu tubuh memproduksi carnosine. Ini adalah senyawa yang ditemukan dalam sel otot berkedut cepat. 

Fungsi utamanya adalah sebagai buffer ion hidrogen. Jika terlalu banyak ion hidrogen di otot Anda, dapat menyebabkan tingkat pH rendah atau lingkungan yang asam.

Nah, lingkungan asam ini akan menimbulkan sensasi terbakar yang sering Anda rasakan ketika berolahraga, alias asam laktat. Inilah yang menyebabkan Anda kelelahan setelah berolahraga, bahkan gagal otot. 

Selain itu, tingkat pH yang rendah menyebabkan ATP dan kalsium (yang berperan penting dalam kinerja otot) menjadi kurang efektif.

Dengan meningkatkan kadar karnosin dalam tubuh, tingkat pH pun menjadi lebih tinggi yang mengarah ke lingkungan yang kurang asam di otot Anda. Kondisi ini dapat membuat Anda melakukan lebih banyak repetisi, menjaga intensitas tetap tinggi, serta mengurangi kelelahan.

Pertanyaannya, kenapa tidak dikonsumsi langsung? Ini karena straight carnosine tidak bisa dicerna secara efektif oleh tubuh, sedangkan beta alanine mudah dicerna dan diubah menjadi karnosin.

Oleh sebab itu, menambahkan suplemen untuk perut six pack ini ke dalam diet dapat memberikan Anda kemampuan untuk berolahraga lebih keras dan lebih lama. Alhasil, Anda pun bisa membakar kalori lebih banyak selama latihan. 

Di sisi lain, pelatihan yang lebih intens dapat menstimulasi pertumbuhan otot yang lebih banyak – dan sekali lagi, ini menghasilkan lebih banyak kalori untuk dibakar secara keseluruhan.

Dosis yang direkomendasikan:

  • 2-3 gram sebelum dan sesudah latihan.

Kesimpulan

Itulah 6 daftar suplemen untuk perut six pack yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal. Namun ingat, suplemen tersebut hanya akan bekerja secara efektif jika digunakan bersama dengan diet yang tepat dan olahraga secara teratur.

Selalu riset, dan bila perlu, konsultasikan dengan dokter atau sports nutritionist Anda sebelum mengambil satu yang terbaik untuk dikonsumsi secara rutin.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Body Building. 5 Kick-Ass Supplements For A Summer Six-Pack.
  • Body Building. 6 Supplements For Shredded Abs.
  • Insider (2021). Boost your endurance, stamina, and strength with these 5 muscle-building supplements.
  • Medical News Today (2019). What to know about supplements for muscles.
  • Protein Works (2013). How To Get A Sixpack.

 

RELATED PRODUCT YOU MUST HAVE

 

Tags:
#sfidn  #perut six pack  #suplemen untuk perut six pack  #suplemen untuk membentuk perut six pack  #suplemen untuk six pack 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail