sfidn - 8 Buah Tinggi Kalsium yang Bagus untuk Tulang dan Gigi

8 Buah Tinggi Kalsium yang Bagus untuk Tulang dan Gigi

sfidn.com – Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Food Chemistry menyebutkan bahwa buah ara atau tin mengandung kalsium yang paling tinggi di antara buah-buahan yang diuji.

 

8 Buah Tinggi Kalsium yang Bagus untuk Tulang dan Gigi

Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi kesehatan, terutama untuk pembentukan dan pemeliharaan gigi serta tulang yang kuat. Selain itu, kalsium juga berperan dalam fungsi jantung, kontraksi otot, dan sistem saraf.

Beberapa jenis buah dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap asupan kalsium harian. Terlebih lagi, buah-buahan menyediakan kalsium tanpa lemak jenuh yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih sehat.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, kalsium yang berasal dari sumber nabati, termasuk buah-buahan dapat diserap dengan baik oleh tubuh meskipun kadarnya lebih rendah dibandingkan produk susu.

 

8 Buah Tinggi Kalsium

Berikut adalah delapan buah tinggi kalsium yang bisa Anda konsumsi setiap hari:

 

1. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi. Faktanya, buah ini juga merupakan sumber kalsium yang baik. 

Satu buah jeruk berukuran sedang atau 100 gr sajian mengandung sekitar 45-52 mg kalsium.

Mengonsumsi buah jeruk secara teratur tidak hanya membantu memperkuat tulang dan gigi tapi juga membantu penyembuhan luka, melindungi sel dari kerusakan, mencegah sembelit, dan menjaga berat badan.

 

2. Buah Ara

Buah ara atau tin, baik itu dalam bentuk segar atau pun kering mengandung kalsium paling tinggi di antara buah-buahan lainnya, yaitu sekitar 35-36 gr kalsium per 100 gr sajian. 

Buah ara juga kaya akan serat dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

3. Kiwi

Buah tinggi kalsium berikutnya adalah kiwi. Anda bisa menemukan sekitar 34 mg kalsium dalam 100 gr sajian. 

Kiwi juga kaya akan Vitamin C yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh, pembentukan kolagen, dan perlindungan antioksidan. 

Selain itu, terdapat pula nutrisi lainnya, seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, Vitamin K, tembaga dan potasium serta enzim khusus bernama actinidin yang akan membantu pencernaan dengan memecah protein.

Enzim actinidin dalam buah kiwi bisa membantu meredakan kembung dan gangguan pencernaan.

 

4. Kurma

Kurma memiliki tekstur yang kenyal dan lembut serta cita rasa yang manis seperti madu. Buah ini kaya akan nutrisi, seperti serat, vitamin, mineral, dan kalsium.

Dalam 100 gr kurma terdapat 39-40 mg kalsium, 74,2 gr karbohidrat, 2,4 gr protein, dan 0,4 gr lemak.

Buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mendukung pencernaan yang sehat, meningkatkan mikrobioma usus yang sehat, meredakan sembelit, pemanis alami, dan sumber energi yang cepat.

 

5. Aprikot Kering

Jika berbicara tentang buah tinggi kalsium, kita tidak boleh melewatkan aprikot kering. Dalam 100 gr buah aprikot kering mengandung sekitar 67 mg kalsium atau setara dengan 6% dari daily value (DV). Angka ini lebih tinggi dibandingkan buah aprikot segar yang hanya mengandung 13-15 mg kalsium.

Buah aprikot juga kaya akan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata dan potasium yang membantu pengaturan tekanan darah.

 

6. Murbei

Murbei (mulberry) merupakan buah beri kecil yang tumbuh pada tanaman berbunga dalam genus morus. Buah ini mengandung kalsium yang sangat tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya, yaitu sekitar 39 mg per 100 gr sajian. 

Selain itu, murbei juga kaya akan vitamin C, vitamin K, zat besi, serta antioksidan. Semua nutrisi yang ada di buah murbei ini mampu mengurangi peradangan pada tubuh, menyehatkan jantung, mengatur kadar gula darah, dan lain-lain.

 

7. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah tropis yang mengandung kalsium tinggi. 100 gr pepaya segar mengandung sekitar 20 mg kalsium atau 2% dari DV.

Buah pepaya juga tinggi serat dan enzim papain yang dapat membantu pencernaan sehingga Anda tidak mudah mengalami sembelit. Anda juga bisa mendapatkan nutrisi lain, seperti vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan. 

 

8. Blackberry

Buah beri lainnya yang tinggi kalsium adalah blackberry. Buah ini mengandung sekitar 29 mg kalsium per 100 gr sajian, termasuk di dalamnya 9 gr karbohidrat, 1,3 gr protein, dan 0,4 gr lemak. 

Anda juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya dari blackberry, seperti Vitamin C, Vitamin K, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan pencernaan.

Meksi kandungan kalsium dalam buah tidak sebanyak susu, daging, ikan, keju, atau pun yogurt tapi ini bisa memberikan variasi makanan yang lebih banyak dan nutrisi yang lebih beragam.

Oleh karena itu, konsumsi kedelapan buah-buahan di atas untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Ingatlah bahwa orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000-1.1000 mg kalsium per hari, sedangkan remaja 1.200 mg per hari.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah  #Kalsium 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article