sfidn - 8 Jenis Susu Hewani dan Nabati dengan Segudang Manfaatnya

8 Jenis Susu Hewani dan Nabati dengan Segudang Manfaatnya

sfidn.com – Susu memiliki banyak sekali nutrisi, seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral yang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia.

 

8 Jenis Susu Hewani dan Nabati dengan Segudang Manfaatnya

Saat ini, jenis susu sangat beragam dan berasal dari banyak sumber, mulai dari hewani maupun nabati. Masing-masing memiliki karakteristik, cita rasa, dan manfaat kesehatan yang berbeda.

Misalnya, susu hewani kaya akan kalsium, lemak dan protein. Sedangkan susu nabati tinggi protein, rendah lemak, dan bebas kolesterol. 

Anda bisa memilih jenis susu yang paling Anda sukai atau pun sesuai dengan kebutuhan dan reaksi tubuh. Itu karena beberapa orang ada yang intoleran terhadap laktosa pada susu hewani.

Jadi, apakah Anda sudah tahu apa saja jenis susu yang tersedia di pasaran? Kalau belum, yuk belajar bersama sfidn.com.

 

Apa Itu Susu?

Susu adalah cairan berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina, seperti sapi, kambing, domba, kuda, bahkan manusia serta hasil pengekstraksian dari beberapa tumbuhan, seperti almond, mete, kedelai, dan lain-lain.

Cairan berwarna putih tersebut mengandung banyak nutrisi, seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, kalium, vitamin, dan lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan manusia.

Misalnya, protein dibutuhkan untuk memperbarui dan memperbaiki jaringan tubuh. Kalsium bagus untuk kesehatan tulang, lemak berperan dalam penyerapan beberapa vitamin, dan masih banyak lagi.

 

Manfaat Mengonsumsi Susu Setiap Hari:

  • Mengonsumsi susu setiap hari dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:
  • Memenuhi nutrisi harian untuk menjalankan fungsi tubuh dengan normal
  • Mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis
  • Membantu penyerapan vitamin dan mineral
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Memberi rasa kenyang lebih lama
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan anak
  • Membantu memenuhi cairan tubuh
  • Menjaga fungsi saraf yang sehat
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Baca Juga:

Susu Grass-Fed 101: Nutrisi, Manfaat, dan Keberlanjutannya

 

8 Jenis Susu Hewani dan Nabati

1. Susu Sapi

Susu sapi adalah jenis susu yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia. Minuman ini mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti protein, kalsium, vitamin d, lemak, dan lain-lain.

Anda bisa menemukan beberapa jenis susu sapi yang diolah sesuai tujuannya masing-masing, seperti fresh milk, full cream, low fat, evaporasi, dan lain-lain.

Selain itu, susu sapi juga menjadi bahan baku utama dalam pembuatan keju, yogurt, mentega, dan es krim.

 

2. Susu Kuda

Susu kuda telah lama dikonsumsi oleh manusia, terutama di Asia Tengah dan Eropa Timur. Meskipun tidak sefamiliar susu sapi tapi jenis susu ini mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dan omega-6. 

Beberapa orang percaya bahwa susu kuda memiliki sifat penyembuhan yang unik dan dapat membantu mengatasi masalah kulit, diabetes, paru-paru basah, asma, sampai meningkatkan vitalitas dan kejantanan pria.

 

3. Susu Kambing

Susu kambing, meskipun kurang umum daripada susu sapi, semakin populer karena kandungannya yang lebih mudah dicerna dan profil rasanya yang khas. 

Kandungan lemaknya yang lebih rendah membuatnya menjadi alternatif yang menarik bagi individu yang mungkin memiliki kesulitan mencerna susu sapi.

Selain itu, beberapa orang percaya bahwa susu kambing memiliki sifat anti-inflamasi dan probiotik yang baik untuk mencegah peradangan dan menjaga kesehatan pencernaan.

 

4. Susu Unta

Susu unta paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang berada di di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara. Orang-orang percaya bahwa dengan mengonsumsi susu unta, mereka bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kesehatan jantung. 

Selain itu, susu unta cenderung memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah daripada susu sapi sehingga tidak memicu peningkatan kadar kolesterol jahat secara signifikan.

 

--- Related Article ---

 

5. Susu Almond

Susu almond adalah minuman yang dibuat dari almond yang digiling dan dicampur dengan air, lalu menyaringnya hingga mendapatkan cairan berwarna putih yang mirip dengan susu.

Jenis susu nabati ini biasanya digunakan sebagai alternatif bagi orang-orang yang alergi atau intoleransi laktosa.

Anda bisa mencampurkan susu almond ke berbagai jenis makanan dan minuman, seperti kopi, smoothie, sereal, dan lain-lain.

 

6. Susu mete

Jenis susu nabati lainnya adalah susu kacang mete. Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan susu almond. 

Jika Anda menginginkan susu nabati yang lebih rendah kalori dan lemak maka susu mete bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Manfaat susu mete lainnya, yaitu membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit serta melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, susu mete mengandung karbohidrat dan protein yang dapat memberikan cadangan energi yang tahan lama sehingga cocok dikonsumsi saat berolahraga.

Rasanya yang creamy membuat susu ini juga bisa Anda gunakan ke berbagai resep makanan ataupun minuman.

 

7. Susu Kedelai

Susu kedelai berasal dari biji kedelai yang direndam, digiling, dan disaring bersama air agar menjadi minuman berwarna putih. Kandungan nutrisi dan manfaatnya tidak jauh berbeda dengan susu nabati lainnya.

Namun, cita rasa susu kedelai cukup kuat sehingga beberapa orang mungkin tidak terlalu suka untuk mengonsumsinya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak susu kedelai yang diversifikasi sehingga menghasilkan susu nabati beraneka rasa, seperti cokelat, vanila, stroberi, dan lainnya.

Selai protein, serat, vitamin B, kalsium, dan zat besi, susu kedelai juga mengandung senyawa isoflavon yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan osteoporosis.

 

8. Susu Oat

Susu oat saat ini mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat. Banyak orang bahkan restoran yang menambahkan jenis susu ini ke dalam minuman, seperti kopi dan smoothie. Cita rasanya yang gurih dan creamy mampu memberikan kelezatan yang berbeda.

Oat sendiri merupakan biji-bijian yang berasal dari spesies rumput Avena Sativa. Anda perlu bersenang hati karena susu oat tidak mengandung laktosa sama sekali sehingga aman untuk dikonsumsi oleh individu yang intoleransi laktosa.

Susu oat juga kaya akan serat larut yang bagus untuk membentuk tinja yang sehat sehingga kesehatan pencernaan Anda tetap terjaga.
 

Itulah jenis-jenis susu yang besumber dari hewani dan nabati. Masing-masing memiliki keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya setiap hari.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#susu  #manfaat susu  #susu nabati  #susu hewani 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article