sfidn - 8 Jus Penambah Energi untuk Meningkatkan Stamina saat Bekerja dan Berolahraga

8 Jus Penambah Energi untuk Meningkatkan Stamina saat Bekerja dan Berolahraga

sfidn.com – Energi adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang aktif dan produktif. Banyak orang yang akhirnya mencari cara untuk meningkatkan energi dan stamina, salah satunya melalui pengonsumsian minuman, seperti jus yang bersumber dari buah-buahan.

 

8 Jus Penambah Energi untuk Meningkatkan Stamina saat Bekerja dan Berolahraga

Tanpa energi yang cukup, seseorang tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan maksimal yang akhirnya menurunkan produktivitas serta pencapaiannya. 

Tidak heran jika orang-orang mencari berbagai cara untuk meningkatkan energinya, salah satunya dengan mengonsumsi minuman berenergi. Namun sayangnya, minuman kemasan seperti itu tidak baik jika dikonsumsi secara jangka panjang.

Selain mengandung kalori yang tinggi, minuman berenergi dapat membuat Anda kecanduan dan ketergantungan. Belum lagi, terdapat bahan pengawet yang tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, pengonsumsian makanan maupun minuman yang diperoleh langsung secara alami menjadi alternatif yang paling bagus untuk Anda lakukan. Seperti halnya, mengonsumsi berbagai jenis jus penambah energi.

Selain sehat dan rasanya yang enak, jus juga bisa digunakan sebagai sumber energi bagi orang-orang yang ingin meningkatkan staminanya saat bekerja maupun berolahraga.

Berikut adalah delapan jenis jus penambah energi untuk meningkatkan stamina Anda dengan cepat dan juga aman.

 

1. Jus Seledri

Jus seledri telah menjadi populer sebagai minuman penambah energi dalam beberapa tahun terakhir ini. Seledri mengandung senyawa yang disebut nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot Anda. 

Penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of the International Society of Sports Nutrition" pada tahun 2017 menemukan bahwa nitrat dapat meningkatkan kinerja atletik.

Maka dari itu, setelah mengonsumsi jus seledri, stamina Anda akan meningkat dengan pesat.

 

2. Jus Bit

Jus bit mirip dengan seledri karena sama-sama mengandung nitrat. Selain itu, jus bit juga mengandung zat besi yang penting untuk transportasi oksigen dalam darah. Jika tubuh kekurangan zat besi maka Anda mungkin akan merasa lelah, lemas, mengantuk, dan kehilangan semangat. 

Penelitian yang diterbitkan dalam "Medicine and Science in Sports and Exercise" menunjukkan bahwa suplemen zat besi dapat meningkatkan kinerja atletik. Jadi, rutinlah mengonsumsi jus bit sebagai sumber energi dan stamina Anda.s

 

3. Jus Delima

Jus delima kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid dan polifenol. Antioksidan dapat membantu melindungi otot dari kerusakan selama aktivitas fisik yang intens. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam "PLoS One" pada tahun 2014 menemukan bahwa konsumsi jus delima secara teratur dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi kerusakan otot.

 

4. Jus Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh dan saat dijadikan jus maka buah ini dapat memberikan energi cepat sebelum Anda beraktivitas. 

Karbohidrat adalah sumber utama energi dalam aktivitas fisik apa pun karena akan dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan sehingga Anda tidak akan mudah lelah tanpa harus mengonsumsi kalori secara berlebihan.

 

5. Jus Jeruk

Siapa yang tidak suka jus jeruk. Minuman satu ini juga dipercaya sebagai sumber penambah energi bagi mereka yang ingin memiliki stamina yang kuat saat harus bekerja maupun berolahraga dengan keras.

Jus jeruk adalah sumber vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika Anda bekerja atau pun berolahraga, tubuh rentan terhadap infeksi dan cedera. Menjaga sistem kekebalan yang kuat adalah kunci untuk menjaga kinerja fisik yang optimal.

 

6. Jus Wortel

Jus wortel mengandung beta-karoten yang merupakan prekursor vitamin A. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan juga dapat membantu pemulihan otot setelah latihan. 

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam "Nutrition Research and Practice," vitamin A telah terbukti memiliki efek positif pada pemulihan otot sehingga mampu meningkatkan energi dan stamina dengan efektif.

 

7. Jus Kurma

Buah kurma adalah sumber energi yang luar biasa karena mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa alami yang terbilang lebih sehat daripada gula yang biasa kita konsumsi. 

Jus buah kurma juga mengandung serat dan berbagai mineral yang dapat membantu tubuh Anda tetap terhidrasi selama beraktivitas.

Penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of the International Society of Sports Nutrition" menemukan bahwa kurma dapat meningkatkan daya tahan atlet.

 

8. Jus Alpukat

Jus alpukat adalah minuman lezat dan mengenyangkan serta dapat memberikan dorongan energi sebelum latihan fisik. Alpukat adalah sumber lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal yang dapat memberikan energi berkelanjutan.

Penelitian dalam "Journal of the American Heart Association" menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dapat membantu meningkatkan daya tahan dan penggunaan energi selama aktivitas fisik yang intens.

 

Selain itu, alpukat juga kaya akan kalium yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga mampu mengurangi risiko kram otot. 

Jus alpukat pun mengandung vitamin K, vitamin E, dan serat yang dapat mendukung kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, dan pencernaan. Satu minuman untuk semua manfaat.

 

Semakin banyak pilihan jus penambah energi yang Anda miliki, semakin beragam pilihan Anda untuk meningkatkan stamina yang dibutuhkan saat Anda bekerja atau pun berolahraga.

Cobalah mengonsumsi kedelapan jus yang sudah kita bahas tadi secara bergantian dan rasakan manfaatnya di tubuh Anda. Selamat mencoba.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah  #jus  #minuman energi  #energi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article