8 Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan Fisik dan Mental

sfidn.com – Tahukah Anda? Popularitas Muay Thai yang semakin meningkat sejak awal abad ke-21, tepatnya dalam satu dekade terakhir, terjadi bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah karena manfaat yang ditawarkannya untuk kesehatan Anda. Tidak hanya fisik, tetapi mental juga. 

Artikel ini mengupas secara tuntas apa saja manfaat Muay Thai untuk kesehatan fisik dan mental yang bisa Anda dapatkan.

Apa itu Muay Thai?

Muay Thai adalah olahraga yang berasal dari negara Thailand. Ring latihannya pertama kali dibuat di negara ini pada tahun 1921, tetapi bentuk seninya sudah ada sejak awal 1900-an. 

Dikenal juga sebagai “seni delapan anggota badan", karena Muay Thai melibatkan sepasang kepalan tangan, siku, lutut, dan tulang kering secara konsisten. 

Seni delapan anggota badan sendiri sudah dimulai pada abad ke-16 sebagai Seni Bela Diri yang digunakan oleh tentara raja. Seiring waktu, ini menjadi sistem pertarungan praktis untuk perang dan olahraga yang ditonton oleh banyak orang untuk bersenang-senang.

Muay Thai pun terus bertumbuh dari waktu ke waktu di seluruh dunia. 

Saat ini, ada sekitar 4.000 gym Muay Thai di dunia dengan orang-orang dari berbagai tingkat keahlian dan kemampuan dalam seni ini.

Apakah Muay Thai berbahaya?

Yups, ini adalah pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh orang-orang. Jawabannya adalah bisa tidak dan bisa ya. Mengapa? 

Jika Anda melatih diri Anda sebagai petarung profesional dan berniat memasuki Thailand Fight Camp untuk olahraga Muay Thai yang sebenarnya, maka cedera yang Anda alami bisa sangat parah dan serius. 

Namun, jika tujuan Anda adalah untuk menjadi bugar dan bersenang-senang dengan semua perlengkapan keselamatan Anda, maka Anda berada pada risiko cedera yang minimum.

Plus, Anda sebaiknya tidak melatih diri Anda setiap hari. Sebaliknya, ambil istirahat di sela-sela hari latihan Anda, dan biarkan tubuh Anda rileks sebelum Anda mulai berlatih lagi secara intens. 

Idealnya, Anda harus mulai dengan 3 hari seminggu, kemudian upgrade menjadi 5 hari seminggu atau bahkan 6 hari seminggu, tergantung pada kekuatan tubuh Anda. Perlu diketahui bahwa pejuang profesional bisa berlatih hingga 2 kali sehari, 6 hari seminggu.

8 Manfaat Muay Thai untuk kesehatan fisik dan mental

Banyak orang, mungkin termasuk Anda, bergabung dengan olahraga Muay Thai untuk menjadi lebih sehat, bugar, dan kuat. Selain itu, Anda pun dapat membangun kepercayaan diri dan kesehatan mental Anda.

Berikut 8 manfaat Muay Thai untuk kesehatan fisik dan mental Anda:

1. Membakar kalori secara efektif.

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kuncinya adalah diet yang sehat, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Nah, rutinitas olahraga yang tepat dapat membuat pekerjaan Anda jadi lebih mudah. 

Jika Anda ingin menghilangkan kelebihan lemak, kuncinya adalah membakar kalori. Nah, salah satu manfaat Muay Thai adalah dapat membakar kalori secara efektif. Mengejutkannya lagi, hanya sedikit olahraga yang dapat melakukannya sekuat Muay Thai.

Bayangkan, 1 jam Anda berlatih Muay Thai, Anda dapat membakar sekitar 690 kalori. Sangat menarik, bukan? 

2. Meningkatkan kekuatan tubuh.

Bohong rasanya jika mengatakan bahwa latihan Muay Thai itu mudah. Faktanya, ini memang sulit. Setiap sesi latihannya berlangsung selama 1-2 jam dan menggabungkan beberapa teknik dasar, latihan kekuatan, dan latihan pengkondisian

Pelatihan tradisional untuk petarung bahkan memasukkan lari 3-5 km juga sebagai pemanasan. 

Ini akan membuat tubuh Anda yang sakit hari ini menjadi semakin kuat keesokan harinya. Jelas, karena melatih Muay Thai secara teratur akan meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh Anda secara keseluruhan.

3. Memperluas lingkaran sosial.

Selalu ada rasa persahabatan yang kuat di setiap gym Muay Thai.

Dengan memiliki minat yang sama dalam mempelajari Muay Thai, setiap orang bekerja untuk mencapai tujuan bersama dalam memperbaiki diri, darah dan keringat ditumpahkan selama pelatihan, dan inilah yang akhirnya meningkatkan rasa persahabatan dan memperluas lingkaran sosial Anda dengan anggota lainnya.

4. Meningkatkan suasana hati.

Anda mungkin merasa bosan dengan latihan kebugaran seperti berlari di treadmill atau mengangkat beban lama yang sama, maka Muay Thai adalah penawarnya. 

Selain mempelajari berbagai teknik dan kombo, latihan modern ini menggabungkan berbagai gerakan yang membuat latihan menjadi lebih menyenangkan dan efektif pada saat yang bersamaan. 

Ketika olahraga yang Anda lakukan terasa menarik, Anda pun akan memiliki lebih banyak motivasi dan insentif untuk berlatih. Baik untuk rekreasi atau kebugaran, Muay Thai adalah aktivitas ideal yang memuaskan dan menyenangkan.

5. Meningkatkan kepercayaan diri.

Salah satu manfaat Muay Thai yang paling sering dilaporkan adalah meningkatkan kepercayaan diri. Setelah ditelisik, ini karena program pelatihannya dapat membuat Anda menjadi lebih ramping dan Anda berada dalam kondisi yang lebih baik. 

Ketika seseorang merasa senang dengan penampilannya, rasa percaya diri yang dikeluarkannya pun semakin besar. Di sisi lain, jika Anda berusaha untuk berlatih Muay Thai secara teratur, kondisi tubuh Anda akan menjadi lebih baik dan kepercayaan diri Anda akan terus tumbuh. 

6. Menurunkan tekanan darah.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor 1 secara global. Salah satu penyakit jantung paling umum adalah hipertensi, atau tekanan darah tinggi.

Masalah kesehatan ini dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti stroke dan gagal jantung. 

Langkah pertama untuk mengurangi risikonya adalah dengan membuat perubahan gaya hidup yang positif, salah satunya dengan melakukan latihan kardiovaskular secara teratur. 

Muay Thai, sebagai olahraga kardio-intensif, dapat menurunkan tekanan darah dan memperkuat jantung Anda selama dilakukan secara teratur. 

7. Membangun ketangguhan mental.

Manfaat Muay Thai selanjutnya dapat membangun ketangguhan mental Anda, karena Anda akan didorong melewati batas Anda selama pelatihan – secara fisik dan mental. 

Tuntutan fisik dari pelatihan ini membutuhkan banyak ketekunan mental. Oleh sebab itu, Muay Thai tidak hanya memperkuat tubuh, tetapi juga pikiran Anda. 

Awalnya, Anda mungkin akan selalu merasa yang paling payah, tetapi jika Anda terus mendorong diri Anda sendiri, pikiran Anda pun menjadi lebih kuat. 

Terlepas dari apa yang Anda lakukan, ketangguhan mental Anda dapat membantu Anda menangani dan melewati setiap tantangan dalam hidup Anda.

8. Meningkatkan endorfin.

Seperti yang telah disebutkan pada poin 4, Muay Thai adalah olahraga yang menyenangkan. Selain karena latihannya yang unik dan menarik, ternyata manfaatnya pun dapat meningkatkan endorfin, yang juga berdampak pada suasana hati Anda. 

Tidak heran, jika Anda merasa senang setelah melatih diri Anda dengan Muay Thai, karena Anda telah mengalami endorphin rush, yaitu peningkatan endorfin yang disekresikan di otak dan sistem saraf. 

Sekelompok bahan kimia ini dapat memblokir rasa sakit, meningkatkan rasa aman dan sejahtera, serta membantu mengelola stres. Hebatnya lagi, endorfin berfungsi sebagai relaksan alami dan dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak

Oleh karena itu, latihan Muay Thai secara intens dijamin dapat memberikan  Anda dorongan endorfin yang hebat. 

Itulah sederet manfaat Muay Thai untuk kesehatan fisik dan mental yang lebih baik. Anda pun tidak perlu khawatir, karena meskipun terlihat sulit, latihan ini sebenarnya mudah untuk dipelajari, karena tekniknya yang sangat lugas dan to the point

Anda tidak perlu menghapal koreografi yang rumit atau terperinci.

Terlebih lagi, Muay Thai adalah salah satu senjata paling berbahaya dan efektif untuk Anda miliki. Pria maupun wanita, semuanya dapat memperoleh manfaat dari mempelajari Muay Thai.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Absolute (2021). 10 benefits of training Muay Thai.
  • Croom, Adam. 2022. Muay Thai, psychological well-being, and cultivation of combat-relevant affordances. Philosophies. 7. 65.
  • Fight City Gym. What Are The Physical and Mental Benefits of Muay Thai Training.
  • Fighters Vault (2021). 10 Benefits of Muay Thai Training.
  • KST Muay Thai. 7 Amazing Benefits You Will End Up Getting When You Train Muay Thai.
  • Legends MMA (2021). 6 Reasons Why Muay Thai Training Is Beneficial for You.
  • Mohamad et al. 2016. Sports science-based research on the sport of Muay Thai: A review of the literature. Walailak Journal of Science and Technology (WJST). 14 (8): 615–625.
  • YOKKAO. Muay Thai Benefits.
Tags:
#sfidn  #muay thai  #muay thai adalah  #teknik muay thai  #manfaat Muay Thai  #Muay Thai berasal dari  #Muay Thai berasal dari negara  #latihan Muay Thai 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article