sfidn - Benarkah Plank Bisa Membuat Perut Sixpack? Ternyata Ini Jawabannya

Benarkah Plank Bisa Membuat Perut Sixpack? Ternyata Ini Jawabannya

sfidn.com – Hingga saat ini, masih banyak orang yang mengira kalau Plank bisa membuat perut sixpack sehingga selalu dimasukan ke dalam rutinitas latihan. Benarkah demikian?

 

Benarkah Plank Bisa Membuat Perut Sixpack? Ternyata Ini Jawabannya

Mendapatkan perut sixpack memang menjadi impian banyak orang, terutama bagi mereka yang peduli dengan kesehatan fisik dan estetika tubuh.

Salah satu gerakan yang dianggap efektif untuk membuat perut menjadi sixpack adalah Plank yang merupakan bagian dari latihan isometrik yang fokus pada kekuatan inti.

Meskipun banyak orang yang masih mempercayai hal tersebut, namun kami akan beberkan faktanya kepada Anda.

 

Plank Tidak Cukup untuk Membuat Perut Menjadi Sixpack

Faktanya, Plank tidak cukup untuk membuat perut Anda menjadi sixpack karena ini adalah latihan isometrik yang hanya akan meningkatkan kekuatan dan stabilitas inti. Memunculkan perut “kotak-kotak” membutuhkan usaha yang lebih besar dari sekedar Plank setiap hari.

Jika Anda ingin mendapatkan perut yang kencang dan kuat maka Plank bisa membantu tapi kalau ingin mendapatkan perut yang sixpack, Anda harus mencari jenis latihan lain yang secara khusus melatih otot rektus abdominis dan mengaktifkan otot perut secara maksimal.

Selain itu, Anda juga wajib menurunkan lemak tubuh hingga di bawah 20%. Barulah perut yang sixpack bisa terlihat dengan jelas.

 

6 Latihan Terbaik untuk Membentuk Perut Sixpack

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, bicycle crunch menjadi latihan yang paling banyak mengaktifkan otot perut. Diikuti oleh The Captain’s chair, dan Vertical Leg Crunch.

Meski begitu, ada beberapa variasi Plank yang dapat membantu melatih otot rektus abdominis dengan lebih baik daripada Plank tradisional, seperti Side Plank, Plank with a Twist, dan Plank with Leg Lift.

Mari kita bahas enam latihan yang dapat membantu Anda untuk membentuk dan mendapatkan perut yang sixpack.

 

1. Bicycle Crunch

Bicycle crunch langsung menargetkan otot rektus abdominis dan oblique sehingga akan tepat sasaran jika Anda menginginkan perut yang sixpack. Ini adalah gerakan mengayuhkan kaki di udara dalam posisi sit up. Mirip seperti orang yang sedang bersepeda tapi tanpa menggunakan alat.

 

2. The Captain’s chair

The captain’s chair melibatkan gerakan duduk di kursi tinggi dengan tangan memegang pegangan serta kaki yang diangkat ke atas dapat membentuk garis tengah perut dan membantu menciptakan tampilan perut “kotak-kotak”.

 

3. Vertical Leg Crunch

Vertical leg crunch juga salah satu variasi sit up yang dapat membantu Anda melatih otot rektus abdominis dengan lebih intens. Ini dilakukan dengan cara berbaring telentang dan mengangkat kaki ke atas, lalu melakukan sit up seperti biasa.

 

4. Side Plank

Dibandingkan Plank klasik, Side Plank lebih efektif dalam memberikan tampilan otot perut yang lebih terdefinisi, terutama yang berada di bagian samping perut. Hampir semua artikel yang membahas latihan untuk membentuk perut sixpack akan menyarankan gerakan ini.

 

5. Plank with a Twist

Plank with a twist mungkin akan terasa cukup sulit karena Anda harus melakukan gerakan rotasi tubuh menuju sisi berlawanan. Meski begitu, variasi gerakan ini secara tepat menargetkan otot rektus sekaligus obliques. Tidak hanya mengencangkan, gerakan ini akan membentuk otot perut Anda.

 

6. Plank with Leg Lift

Tingkatkan intensitas latihan abs Anda dengan plank with leg lift. Dengan tambahan mengangkat kaki ke atas satu per satu saat dalam posisi Plank, ini akan mendorong keterlibat otot rektus abdominis dengan lebih besar sehingga akan lebih efektif jika dimasukkan ke dalam program pembentukan perut sixpack.

 

Berapa Lama untuk Mendapatkan Perut Sixpack?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan perut yang sixpack akan sangat bervariasi bagi masing-masing individu karena akan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kadar lemak dalam perut, aktivitas fisik, dan pola makan.

Selama Anda masih memiliki kadar lemak yang cukup tinggi maka untuk mendapatkan tampilan perut sixpack akan lebih lama, yaitu sekitar 3-24 bulan. Itu karena untuk menghilangkan lemak saja bisa memakan waktu 10-14 minggu melalui diet yang ketat.

Sedangkan bagi Anda yang kadar lemaknya sudah di bawah 20% dan berlatih secara rutin maka Anda bisa mendapatkan perut “kotak-kotak” dalam waktu yang lebih singkat.

Memahami dengan benar otot apa yang bekerja saat melakukan latihan akan berguna dalam perencanaan program kebugaran yang sesuai dengan tujuan individu. Dengan begitu, latihan yang nantinya akan dilakukan tidak melenceng dari target yang diharapkan.

Selamat mencoba enam latihan di atas untuk membentuk dan memiliki perut yang sixpack. Jangan lupa dengan poin penurunan lemak perut yang sudah dibahas sebelumnya, ya.

 

 


Referensi:

  • Cathe, Will Planks Alone Give You Six-Pack Abs?
  • EverPhysique, Can You Get a Six Pack Abs from Just Planking?
  • PureGym, How to do Bicycle Crunches

 


 
Tags:
#sixpack  #abs  #plank  #perut sixpack 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article