Suplemen Zinc: Jenis, Manfaat, Dosis, dan Keamanannya

sfidn.com - Zinc adalah zat gizi mikro yang sangat dibutuhkan untuk mendukung hampir setiap aspek kesehatan Anda. Mineral seng ini juga termasuk sebagai trace mineral yang paling melimpah di tubuh Anda setelah zat besi.

Meski zinc dapat diperoleh dari makanan, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen saat dalam kondisi khusus, misalnya untuk mengobati berbagai penyakit.

Berbagai studi telah membuktikan bahwa zinc dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menstabilkan kadar gula darah, serta membantu menjaga kesehatan kulit, mata, dan jantung Anda.

Jenis suplemen zinc

Saat Anda memilih suplemen seng, Anda mungkin akan melihat ada banyak jenis yang tersedia. Berbagai bentuk seng ini berdampak pada kesehatan Anda dengan cara yang berbeda.

Berikut beberapa jenis suplemen zinc yang ada di pasaran:

  • Zinc gluconate: suplemen seng yang dijual bebas, sering digunakan untuk mengobati flu, seperti semprotan hidung dan pelega tenggorokan.
  • Zinc acetate: sering ditambahkan ke tablet hisap dingin untuk mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan.
  • Zinc sulfate: membantu mencegah kekurangan seng dan mengurangi keparahan jerawat.
  • Zinc picolinate: dapat diserap lebih baik daripada jenis seng lainnya, termasuk seng glukonat dan seng sitrat.
  • Zinc orotate: terikat pada asam orotic dan termasuk yang paling umum di pasaran.
  • Zinc citrate: dapat diserap dengan baik, seperti seng glukonat, tetapi memiliki rasa yang kurang pahit dan lebih menarik.

Zinc gluconate adalah salah satu bentuk zinc yang paling banyak tersedia dan hemat biaya, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu meningkatkan asupan harian Anda tanpa membobol kantong.

Hindari mengonsumsi suplemen zinc gluconate dengan makanan tinggi kalsium atau fosfor, karena dapat mengurangi tingkat penyerapannya dalam tubuh. Makanan tinggi kalsium atau fosfor termasuk susu, yogurt, keju, es krim, kacang polong, lentil, kacang-kacangan, selai kacang, bir, minuman ringan, dan cokelat panas.

Jika Anda ingin dan mampu untuk berinvestasi lebih banyak, maka zinc picolinate bisa menjadi pilihan terbaik, karena dapat diserap dengan lebih baik.

Manfaat suplemen zinc untuk kesehatan

Para ahli kesehatan telah meneliti bahwa seng sangat penting untuk banyak aspek kesehatan Anda, yaitu:

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Jika Anda perhatikan, banyak sekali obat bebas dan pengobatan alami yang mengandung seng, karena kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini karena zinc memiliki sifat antioksidan, yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi Anda dari penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

2. Membantu mengontrol gula darah

Manfaat suplemen zinc juga terkenal dalam kontrol gula darah dan sekresi insulin, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari aliran darah ke jaringan Anda. 

Menurut penelitian, zinc dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan mengurangi resistensi insulin. Pada akhirnya, ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien, sehingga mampu mempertahankan gula darah normal.

3. Membantu melawan jerawat

Manfaat zinc yang satu ini juga sayang sekali dilewatkan begitu saja. Mengonsumsi suplemen zinc juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengobati masalah kulit umum, seperti jerawat.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa seng dapat membantu mengurangi gejala jerawat parah dan efektif mengobati jerawat yang meradang.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang serius. 

Menurut penelitian, suplemen zinc dapat membantu menurunkan kadar kolesterol-LDL (jahat), kolesterol total, dan trigliserida darah, sehingga dapat melindungi kesehatan jantung Anda dengan baik.

Tak hanya itu, asupan seng yang lebih tinggi juga telah dikaitkan dengan tekanan darah sistolik yang lebih rendah. Namun, penelitian yang meneliti efek suplemen pada tekanan darah masih terbatas.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa rendahnya kadar seng dalam serum dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, tetapi temuan ini masih belum meyakinkan.

5. Memperlambat degenerasi makula terkait usia (AMD)

Degenerasi makula terkait usia (AMD)  adalah salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan di seluruh dunia dan termasuk penyakit mata yang umum. 

Nah, suplemen seng dapat memperlambat perkembangan penyakit ini dan membantu mengurangi risiko kebutaan.

Namun, ada pula penelitian yang menyarankan bahwa suplemen saja mungkin tidak cukup dan harus disertai juga dengan pilihan perawatan lain untuk memaksimalkan hasilnya.

Dosis

Secara umum, berapa dosis yang harus Anda konsumsi dalam sehari tergantung pada jenis suplemen sengnya, karena setiap suplemen mengandung jumlah unsur seng yang berbeda.

Misalnya, zinc sulfate terdiri atas sekitar 23% unsur seng. Jadi, 220 mg zinc sulfate setara dengan sekitar 50 mg seng. Jumlah ini biasanya tercantum pada label suplemen, sehingga mudah untuk menentukan berapa banyak yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian.

Adapun jumlah kebutuhan seng harian untuk orang dewasa yang disarankan sekitar 15-30 mg.

Dalam dosis tinggi, ada potensi efek samping yang dapat terjadi, sehingga sangat disarankan tidak melebihi 40 mg per hari, kecuali di bawah pengawasan medis.

Keamanan dan efek samping

Suplemen zinc aman dan efektif untuk meningkatkan kesehatan Anda bila digunakan sesuai dengan petunjuk label kemasannya. 

Namun, beberapa potensi efek sampingnya tetap ada, termasuk mual, muntah, diare, dan sakit perut. Jika Anda melebihi 40 mg seng per hari, maka dapat menimbulkan gejala, seperti flu, sakit kepala, demam, batuk, dan kelelahan.
 
Seng juga dapat mengganggu penyerapan mineral tembaga, yang berpotensi menyebabkan kekurangan mineral ini dari waktu ke waktu. Selain itu, suplemen zinc juga telah terbukti mengganggu penyerapan antibiotik tertentu dan mengurangi efektivitasnya jika dikonsumsi secara bersamaan.

Untuk mengurangi risiko efek samping ini, patuhi dosis yang dianjurkan dan hindari mengonsumsinya melebihi batas atas yang dapat ditoleransi, yaitu 40 mg per hari, kecuali di bawah pengawasan medis.

Suplemen zinc dapat Anda temukan dalam bentuk kapsul, tablet, dan permen. Adapun semprotan hidung yang mengandung seng harus dihindari, karena telah dikaitkan dengan anosmia atau hilangnya penciuman.

Jika Anda mengalami efek samping negatif setelah mengonsumsi suplemen zinc, cobalah untuk mengurangi dosis Anda dan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala berlangsung lama.

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Alexander TH, Davidson TM. 2006. Intranasal zinc and anosmia: the zinc-induced anosmia syndrome. Laryngoscope. 116 (2): 217-20. 
  • Drugs.com (2021). Zinc Gluconate.
  • Healthline (2019). What Are Zinc Supplements Good For? Benefits and More.
  • Mayo Clinic (2020). Zinc.
  • Medical News Today (2021). What are The Health Benefits of Zinc?
  • Michigan Medicine (2010). Zinc Gluconate.
  • Wikipedia. Zinc Gluconate.
Tags:
#mineral  #zat gizi mikro  #sfidn  #zinc  #suplemen zinc  #seng  #suplemen seng 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article