sfidn - Workout Sederhana Untuk Mengecilkan Paha

Workout Sederhana Untuk Mengecilkan Paha

sfidn.com – Paha yang besar merupakan salah satu permasalahan yang dianggap mengganggu penampilan banyak orang, khususnya kaum hawa. Pada dasarnya, hal ini disebabkan karena banyaknya lemak yang tersimpan di dalam tubuh dan akhirnya tertimbun di bagian tertentu, termasuk paha. Maka dari itu, selain menjaga asupan nutrisi yang masuk, berolahraga juga perlu dilakukan untuk dapat membakar lemak.

Terdapat banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar lemak, baik untuk bagian paha maupun seluruh tubuh. Jika ingin berolahraga di luar ruangan, kita bisa bersepeda maupun jogging. Sementara, jika ingin berolahraga di dalam ruangan, kita bisa melakukan beberapa gerakan workout sederhana di bawah ini yang juga efektif untuk mengecilkan paha.

Squat

Gerakan squat memiliki banyak manfaat, salah satunya yakni mampu membakar banyak lemak, terutama di bagian paha. Maka dari itu, gerakan ini efektif untuk mengecilkan dan mengencangkan paha. Cara melakukannya, berdiri tegak dan buka kaki hingga sejajar dengan bahu. Kemudian, kepalkan kedua tangan di depan dada. Tarik napas dan kencangkan otot perut. Setelah itu, turunkan badan hingga setengah jongkok. Kemudian, buang napas dan kembali ke posisi berdiri tegak.

Squat Side Kicks

Selain dapat membakar lemak, squat side kicks merupakan salah satu gerakan squat yang dikenal baik untuk mengencangkan bokong. Cara melakukannya, jongkok dengan posisi badan tegak hingga membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, posisikan kaki selebar bahu. Setelah itu, berdiri sambil mengentakkan satu kaki ke arah samping badan. Kembali ke posisi awal dan lakukan bergantian pada kaki lainnya.

Lunges

Gerakan ini merupakan gerakan pembentuk otot paha yang paling sederhana, tapi cukup efektif. Bahkan, rutin melakukan lunges pun bisa membantu memperkuat otot paha dan bokong. Cara melakukannya, berdirilah dengan posisi kaki terbuka selebar bahu. Kemudian, langkahkan atau letakkan salah satu kaki agak jauh ke arah depan. Lalu, secara perlahan turunkan tubuh hingga setinggi lutut atau membentuk sudut 90 derajat. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula, yaitu berdiri tegak.

Side Lunges

Cara melakukan side lunges, yakni diawali dengan posisi berdiri tegak dan kaki selebar bahu. Kemudian, langkahkan kaki yang besar ke samping dan pertahankan badan tetap tegak. Turunkan tubuh hingga posisi lutut seperti membentuk sudut 90 derajat. Setelah itu, tarik kembali kaki ke posisi awal dan berdiri tegak. Lakukan hal yang sama pada kaki lainnya.

Chair Pose

Chair pose merupakan gerakan squat berdiri yang dapat mengencangkan paha, pinggul dan bokong. Untuk melakukannya, tekuk lutut dan paha ke arah bawah seperti posisi squat. Selanjutnya, angkat tangan ke arah depan atas. Kemudian, tahan napas selama 5 – 10 detik. Setelah itu, buang napas secara perlahan dan berdiri tegak.

Side-Lying Leg

Untuk melakukan gerakan side lying leg ini, kita perlu berbaring menyamping dengan kedua tangan menahan badan. Lalu, posisikan kedua kaki lurus dan berimpitan. Setelah itu, angkat salah satu kaki ke atas setinggi mungkin. Berhenti sejenak, lalu kembali ke posisi awal.

Criss Cross Scissors

Gerakan criss cross scissors merupakan gerakan yang baik untuk melatih otot perut sekaligus mengencangkan paha dan kaki. Untuk melakukannya, berbaringlah dan letakkan kedua tangan di bawah badan. Setelah itu, angkat kedua kaki ke atas dan lakukan gerakan menyilang.

--- Related Article ---

Lakukan gerakan di atas selama 15-30 menit, dengan durasi 45 detik untuk masing-masing gerakan dan 15 detik untuk jeda antar gerakan. Lakukan secara rutin pula untuk hasil yang maksimal. Selain itu, kita juga perlu menjaga asupan nutrisi agar tidak terlalu banyak lagi lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

 

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=y_XDGlUXpCs SKWAD Fitness

https://www.livestrong.com/article/497094-what-exercises-to-do-to-slim-thighs-and-love-handles/

https://www.coachmag.co.uk/bodyweight-exercises/6431/how-to-do-the-side-lunge

https://www.verywellfit.com/awkward-chair-pose-utkatasana-3567132

https://www.shapefit.com/exercise-guides/core-training-exercises-scissor-cross.html

 

 


 
Tags:
#otot paha  #latihan otot paha 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article