sfidn - Mountain Climber, Satu Gerakan Sederhana untuk Jantung yang Sehat

Mountain Climber, Satu Gerakan Sederhana untuk Jantung yang Sehat

sfidn.com – Tidak suka berlari, coba lakukan Mountain Climber agar tetap memiliki jantung yang sehat karena gerakan ini termasuk ke dalam salah satu jenis latihan kardio intensitas tinggi.

Bagaimana cara melakukan Mountain Climber dengan benar dan memasukkannya ke dalam rutinitas latihan akan kami bahas pada artikel berikut ini.

 

Apa Itu Mountain Climber?

Mountain Climber adalah salah satu jenis latihan kardio yang mengandalkan bodyweight (berat badan sendiri sebagai resistensi utama) di mana gerakannya akan mirip seperti orang yang sedang mendaki gunung.

Gerakan Mountain Climber melibatkan posisi push up di mana kedua lutut akan secara bergantian bergerak ke arah dada dengan cara yang mirip seperti langkah-langkah ketika sedang mendaki gunung yang cukup curam.

Mountain Climber dianggap memiliki manfaat yang hampir sama dengan berlari karena mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Belum lagi, kedua olahraga ini juga mampu membakar kalori dengan cukup banyak.

Melakukan Mountain Climber selama 30 menit dapat membakar sekitar 240-350 kalori. Artinya dalam satu menit, Anda bisa membakar 8-12 kalori.

Jumlah ini hampir serupa dengan berlari selama 30 menit di mana Anda bisa membakar sekitar 240-520 kalori tergantung dengan pemilihan kecepatannya.

 

Manfaat Berlatih Mountain Climber

Seperti plank, Mountain Climber juga berfungsi untuk melatih otot inti, tangan, bahu, kaki, dan pinggul secara bersamaan. Bisa dikatakan jika ini adalah latihan yang lengkap untuk seluruh tubuh Anda.

Selain melatih berbagai kelompok otot, Mountain Climber juga memiliki banyak manfaat, khususnya dalam menjaga kesehatan dan kebugaran jantung atau kardiovaskular.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh apabila rutin berlatih gerakan Mountain Climber.

 

1. Menyehatkan Jantung Anda

Mountain Climber menggabungkan elemen kekuatan dan kardio untuk membantu meningkatkan detak jantung serta sistem aliran darah. Maka dari itu, tidak heran jika latihan satu ini bisa menyehatkan jantung Anda.

 

2. Meningkatkan Kekuatan Otot Inti

Gerakan Mountain Climber akan mengaktifkan otot-otot inti, seperti otot perut, pinggul, dan punggung bagian bawah yang dapat meningkatkan kekuatannya secara bertahap.

Otot inti yang kuat memiliki dampak yang signifikan pada tubuh manusia, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, melindungi tulang belakang dari cedera, menjaga keseimbangan tubuh agar tidak mudah jatuh, serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot agar mampu membawa beban yang berat dengan lebih mudah.

 

3. Membakar Lemak dengan Efektif dan Efisien

Mountain Climber termasuk gerakan yang dinamis sehingga berpengaruh pada percepatan detak jantung dan metabolisme tubuh yang tinggi. Maka tidak heran jika olahraga ini dapat membantu membakar lemak dengan efektif dan efisien.

 

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Melakukan gerakan berulang kali pada area tubuh yang sama dapat meningkatkan fleksibilitasnya, terutama di area pinggul, punggung bagian bawah, dan kaki yang memang menjadi target utama dari Mountain Climber.

 

5. Meningkatkan Kekuatan dan Stabilitas Tubuh

Mountain Climber melibatkan banyak otot, mulai dari, lengan, bahu, inti, pinggul, hingga kaki. Meski tubuh bagian bawah Anda yang lebih aktif bergerak tapi peran tubuh bagian atas juga tidak kalah besar untuk menopang badan agar tidak jatuh.

Maka dari itu, gerakan Mountain Climber dapat meningkatkan kekuatan dan stabilitas tubuh secara keseluruhan.

 

Cara Melakukan Gerakan Mountain Climber dengan Benar

  1. Mulailah dalam posisi Push up. Letakkan tangan lurus di bawah bahu.
  2. Tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki dengan berat badan tersebar merata di telapak tangan dan jari kaki.
  3. Tarik lutut ke arah dada secara bergantian dalam kecepatan sedang hingga cepat.
  4. Pertahankan ritme dan atur napas Anda. Sebaiknya, bernapaslah lewat hidung dan buang melalui mulut.
  5. Usahakan agar gerakan berlangsung lancar dan terkendali.
  6. Pastikan tubuh tetap dalam posisi yang kuat. Jangan biarkan pinggul naik atau turun terlalu tinggi.

 

Bagaimana Memasukkan Mountain Climber ke dalam Rutinitas Latihan?

Anda dapat memasukkan gerakan Mountain Climber ke dalam rutinitas latihan dengan beberapa cara berikut:

 

1. Sebagai Bagian dari Pemanasan

Gunakan Mountain Climber sebagai bagian dari pemanasan sebelum latihan utama untuk mempersiapkan otot dan meningkatkan aliran darah.

 

2. Lakukan sebagai Rutinitas Latihan Interval

Masukkan Mountain Climber dalam setiap sesi latihan interval untuk meningkatkan detak jantung dan membakar lemak.

 

3. Sebagai Bagian dari Latihan Kekuatan Inti

Gabungkan gerakan Mountain Climber dengan latihan inti lainnya, seperti plank, sit up, dan lainnya untuk memaksimalkan penguatan otot Anda.

 

Pada akhirnya, gerakan Mountain Climber efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kebugaran tubuh Anda secara keseluruhan karena ini termasuk ke dalam jenis latihan kardio yang mampu meningkatkan denyut jantung dan aliran darah.

Dengan melibatkan berbagai otot tubuh, gerakan ini menawarkan manfaat yang luas bagi mereka yang mencari latihan yang efisien dan efektif. 

Mulailah gerakan ini ke dalam rutinitas latihan Anda dan lihat bagaimana Mountain Climber dapat membawa perubahan positif bagi tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#mountain climber 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article