sfidn - 10 Buah yang Bagus untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan

10 Buah yang Bagus untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan

sfidn.com – Buah mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh sehingga akan bagus jika dikonsumsi ketika Anda sedang menjalani diet apa pun.

 

10 Buah yang Bagus untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan

Nutrisi yang terkandung di dalam buah sangat beragam dan itu bisa membantu Anda mendapatkan gizi yang cukup meskipun sedang diet atau mengurangi asupan makanan.

Rata-rata, buah itu rendah kalori tapi tinggi serat dan mengandung banyak air. Serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama serta menjaga pencernaan yang sehat. Sedangkan kandungan air yang tinggi akan mencegah dehidrasi dan membantu proses metabolisme yang optimal.

Buah-buahan juga mengandung berbagai jenis vitamin dan antioksidan yang akan memperkuat sistem kekebalan sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

Buah yang Bagus untuk Diet

Jadi, buah apa saja yang bagus untuk diet dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih cepat? Berikut jawabannya.

 

1. Apel

Apel mengandung serat larut yang disebut pektin. Pektin ini memiliki kemampuan untuk membentuk gel di dalam saluran pencernaan sehingga memperlambat pengosongan lambung. Ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Selain itu, apel juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan Vitamin C yang membantu melawan peradangan dan menjaga kesehatan jantung.

 

2. Jeruk Bali

Jeruk Bali juga menjadi buah yang bagus untuk diet karena mengandung Vitamin C yang melimpah dan serat larut yang tinggi, seperti pektin.

Serat larut akan membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang, sementara vitamin C berperan dalam metabolisme lemak dan pembentukan kolagen yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

 

3. Plum

Plum adalah buah yang kaya akan serat dan mengandung senyawa fenolik seperti antosianin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. 

Serat dalam buah plum dapat membantu tubuh mengatur pencernaan dan mengontrol nafsu makan, sementara antioksidan membantu melawan stres oksidatif dan memperbaiki kerusakan sel. Tentunya ini akan sangat dibutuhkan oleh Anda yang sedang menjalani diet.

 

4. Markisa

Buah yang bagus untuk diet berikutnya adalah Markisa. Seperti buah-buah sebelumnya, markisa juga mengandung pektin sehingga membuat Anda tidak mudah lapar. 

Ada juga kandungan Vitamin A dan C dalam markisa yang berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit serta  dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

5. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat yang terbukti membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengatur nafsu makan. Saat diet, mengurangi asupan kalori sangat penting dilakukan agar Anda bisa mencapai defisit kalori. 

Selain itu, alpukat juga mengandung kalium yang tinggi sehingga mampu membantu mengatur tekanan darah dan keseimbangan elektrolit.

 

6. Pir

Pir mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus. Serat tidak larut membantu mengurangi risiko sembelit, sementara serat larut membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

 

7. Pisang

Pisang kaya akan serat larut dan tidak larut, yakni pektin dan selulosa. Pektin dapat mengurangi penyerapan glukosa dari makanan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sementara selulosa akan meningkatkan pergerakan usus dan mempercepat waktu transit makanan sehingga mencegah sembelit.

Orang yang sedang diet biasanya rentan mengalami sembelit karena kurang mengonsumsi serat, adanya perubahan pola makan yang memengaruhi pergerakan usus, dan cairan tubuh yang kurang. Maka dari itu, mengonsumsi pisang bisa membantu menyukseskan program diet Anda.

Selain itu, pisang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi bertahap serta potassium yang penting untuk kesehatan jantung dan otot.

 

8. Stroberi

Stroberi mengandung senyawa polifenol, seperti flavonoid dan asam elagik yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa ini membantu melawan peradangan dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme lemak. Selain itu, stroberi juga rendah kalori dan mengandung serat yang tinggi.

 

9. Kiwi

Kiwi adalah buah yang sangat bagus untuk diet karena mengandung berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh, seperti folat, beta-karoten, Antioksidan, magnesium, kalium, serta Vitamin A, C, E, dan K.

Di sisi lain, kiwi juga mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu tubuh mencerna protein dengan lebih efisien. Protein dibutuhkan untuk menjaga massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu, protein juga menjadi sumber energi cadangan selain karbohidrat dan lemak.

 

10. Peach

Buah peach akan sangat bagus untuk Anda konsumsi ketika diet dan menginginkan penurunan berat badan. Itu karena peach mengandung kalori dan lemak yang rendah tetapi tinggi serat dan air.

Peach juga mengandung beta-karoten dan fenolat yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan serta mencegah peradangan karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya.

 

Itulah buah apa saja yang bagus untuk Anda konsumsi saat menjalani program diet. Kandungan nutrisi yang melimpah bisa membantu tubuh mendapatkan gizi yang cukup tanpa harus menumpuk banyak kalori sehingga penurunan berat badan menjadi lebih maksimal.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Healthline, What fruits are good for weight loss?

  • Verywell Health, (204), Fruits for Weight Loss: Which Ones Are Best?
     

 
Tags:
#diet  #buah 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article