10 Rekomendasi Alat Gym Rumahan Multifungsi, Murah Lagi!

sfidn.com — Mau olahraga di rumah, tapi bingung mulai dari mana? Coba deh mulai dengan alat-alat gym rumahan ini!

Memang, olahraga tidak perlu pakai alat tertentu, karena banyak latihan yang bisa Anda lakukan tanpa perlu alat kebugaran khusus.

Namun faktanya, menggunakan peralatan olahraga dapat membantu Anda memaksimalkan hasil pelatihan Anda. 

Jika tanpa alat latihan Anda terasa membosankan, maka dengan alat gym rumahan ini, latihan Anda pun jadi lebih bervariasi dan Anda semakin termotivasi untuk mencapai tujuan Anda.

Artikel ini menyajikan sekumpulan alat gym rumahan sederhana tetapi multifungsi, plus murah lagi. Yuk, simak!

10 Rekomendasi Alat Gym Rumahan Multifungsi, Murah Lagi!

1. Resistance Band

Beli Sekarang

 

Resistance band adalah alat fitness rumahan yang bisa Anda dapatkan dengan harga paling murah dalam daftar ini. Pita resistensi cukup populer digunakan untuk latihan kekuatan, bahkan efeknya hampir menyamai beban bebas atau mesin gym

Meski bentuknya sederhana, resistance band menawarkan manfaat yang bukan main. Otot-otot yang bisa dilatih dengan alat gym rumahan ini bergantung pada bagian tubuh mana yang ingin Anda latih dan gerakan yang Anda lakukan.

Biasanya, orang-orang menggunakan pita panjang dan elastis ini di sekitar paha untuk melatih glutes, paha belakang, dan pinggul mereka. Anda juga bisa melatih otot lengan, perut, dan kaki Anda dengan alat olahraga karet ini.

2. Bola Gym Mini

Beli Sekarang

 

Jika Anda ingin latihan yoga atau pilates Anda lebih bervariasi, bola gym mini bisa Anda tambahkan ke dalam daftar peralatan fitness Anda di rumah.

Tenang saja, ukurannya yang mini tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan Anda. Apalagi, Anda tetap bisa memompanya kembali untuk sesi latihan berikutnya. Semakin hemat tempat!

Anda bisa meletakkannya di antara kedua tangan, paha, lutut, kaki, atau di punggung bawah sambil berbaring untuk meningkatkan kebugaran inti, keseimbangan, dan juga fleksibilitas tubuh Anda.

3. Tali Skipping

Beli Sekarang

 

Suka aktivitas melompat (jumping)? Cobalah tambahkan tali skipping untuk menunjang latihan Anda. Untungnya lagi, gerakan latihan Anda bisa lebih bervariasi jika menggunakan alat gym rumahan ini.

Tidak hanya melompat ke atas dan ke bawah, Anda bisa melakukan gerakan lompat ke depan dan ke belakang, atau dari sisi ke sisi. 

Jangan lupa, pastikan Anda memilih tali skipping yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan Anda, agar aman dan nyaman selama digunakan.

4. Tummy Twister

Beli Sekarang

 

Tummy twister adalah salah satu alat gym rumahan sederhana tetapi multifungsi. Anda bisa mendapatkan dua manfaat utama sekaligus, yaitu melancarkan sirkulasi darah dan memijat kaki Anda secara keseluruhan. 

Menghasilkan gerakan memutar 180 derajat, ke kiri dan ke kanan, Anda pun bisa melatih otot perut, pinggul, dan paha secara maksimal, yang akhirnya, membantu tubuh Anda terlihat lebih ramping.

5. Sit Up Stand Holder

Beli Sekarang

 

Sit up stand holder adalah alat fitness rumahan yang berfungsi sebagai penahan kaki ketika Anda melakukan sit up.

Alat gym sederhana ini membantu tubuh bagian bawah Anda tidak ikut naik saat Anda mengangkat tubuh bagian atas Anda. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan latihan sit up untuk membentuk otot perut yang Anda inginkan.

6. Push Up Stand

Beli Sekarang

 

Pernahkah ketika Anda push up, tangan Anda kesakitan karena harus menahan berat badan sendiri? Nah, masalah ini sangat bisa diatasi dengan menggunakan push up stand, lho!

Meski sebenarnya push up umum dilakukan tanpa alat, tetapi Anda bisa merasakannya langsung perbedaan ketika Anda latihan menggunakan push up stand.

Alat gym rumahan ini bisa membuat Anda lebih stabil dan lebih aman ketika melakukan push up lebar, sehingga tekanan pada bahu dan pergelangan tangan Anda pun berkurang.

7. Tummy Trimmer 

Beli Sekarang

 

Bosan dengan gerakan sit up yang itu-itu saja? Tummy trimmer hadir untuk menghilangkan kejenuhan Anda. Banyak variasi latihan yang tercipta jika Anda menggunakan peralatan kebugaran yang satu ini.

Misalnya, ambil posisi sit up, sangkutkan kaki Anda di pijakan kaki tummy trimmer, lalu pegang pegangannya dengan kedua tangan Anda. Mulailah tarik tummy trimmer ke arah dada Anda, lalu lenturkan kembali ke posisi semula. 

Variasi gerakan ini dapat membantu melatih otot pinggul dan paha Anda.

8. Dumbell

Beli Sekarang

 

Selanjutnya yang jangan sampai ketinggalan juga adalah dumbell. Kebanyakan orang mungkin sudah memasukkan alat gym rumahan ini ke rutinitas olahraganya.

Namun, jika Anda masih ragu, dumbbell termasuk alat fitness yang worth it untuk Anda miliki. Mengapa? Karena ini multifungsi, bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis latihan, termasuk yoga dan aerobik.

Terlebih lagi, penting untuk menambahkan beban secara bertahap ke dalam latihan kekuatan Anda, agar otot Anda semakin terbentuk, dan kalori yang terbakar semakin banyak.

Dengan dumbell, Anda pun bisa meningkatkan intensitas latihan Anda sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh Anda, mulai dari bobot yang paling ringan hingga yang paling berat ketika Anda sudah sangat terlatih.

9. Core Slider

Beli Sekarang

 

Masih asing dengan alat fitness yang satu ini? Yups, core slider adalah alat olahraga yang dapat menambah tantangan pada latihan bodyweight, seperti plank, push up, dan lunges.

Dilengkapi dengan dua sisi (sisi plastik dan sisi busa) yang sangat penting, Anda tidak akan tergelincir selama menggunakannya. 

Pertimbangkanlah core slider jika Anda menginginkan pelatihan yang lebih menantang, tetapi tetap aman dan nyaman.

10. Yoga Strap

Beli Sekarang

 

Terakhir dalam daftar ini ada yoga strap, yang dapat Anda tambahkan ke dalam pelatihan yoga Anda di rumah. 

Berbeda dengan pita resistensi yang elastis, yoga strap ini tidak lentur, sehingga membuat Anda lebih stabil selama latihan. 

Ciri khasnya ini dapat membantu Anda melakukan peregangan yang lebih baik.

Kesimpulan

Bagaimana? Adakah dari 10 rekomendasi alat gym rumahan ini yang menarik perhatian Anda?

Terpenting adalah tetap sesuaikan dengan tujuan kebugaran dan budget Anda (semua peralatan dalam daftar ini bisa Anda dapatkan dengan harga kurang dari seratus ribu).

Jika Anda sudah berada di level terlatih, tidak ada salahnya untuk meng-upgrade bobot beban yang Anda gunakan, misalnya dengan dumbel 2 kg, 4 kg, 10 kg, atau resistence band level medium, heavy, hingga ekstra heavy.

So, selamat berlatih!

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Health (2020). 7 Pieces of Home Gym Equipment to Boost Your Socially Distant Workouts.
  • Healthline (2022). 25 of the Best Home Gym Equipment Items of 2022.
  • Self (2022). The Best Home Workout Equipment, According to Trainers.
  • SFIDN FITS (2021). FITS Resistance Band (Ulasan Lengkap).
Tags:
#alat gym  #sfidn  #alat gym rumahan  #alat gym rumahan sederhana  #alat gym rumahan multifungsi  #harga alat gym rumahan  #alat olahraga karet  #alat fitnes rumahan sederhana  #alat fitnes rumahan multifungsi  #alat fitnes rumahan multifungsi murah 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail