sfidn - 6 Alat Fitness untuk Membentuk Otot Dada di Rumah

6 Alat Fitness untuk Membentuk Otot Dada di Rumah

sfidn.com – Memiliki dada yang berotot adalah salah satu tujuan kebugaran yang paling populer. Tidak heran, jika orang-orang mau berolahraga di gym untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kabar baiknya, Anda tidak harus ke gym untuk membentuk otot dada Anda. 

Artikel ini akan memberikan Anda beberapa rekomendasi alat fitness untuk membentuk otot dada di rumah, serta contoh latihannya. So, keep reading!

6 Alat fitness untuk membentuk otot dada di rumah

Secara umum, ada banyak alat fitness yang bisa Anda gunakan untuk membentuk otot dada di rumah, tetapi SFIDN merangkumnya menjadi 6 (enam), di antaranya:

1. Dumbbell

Beli Sekarang

 

Alat fitness pertama yang paling terkenal untuk membentuk otot dada adalah dumbbell. Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, baik itu di toko sports terdekat atau online.

Dengan dumbbell, Anda dapat memvariasikan latihan Anda dengan mudah. 

Semakin kuat otot dada Anda, semakin banyak beban yang Anda tempatkan pada dumbbell. Alhasil, Anda pun mudah untuk melakukan berbagai macam latihan dada.

Pertimbangkan juga untuk latihan sambil berbaring di bangku, yang memungkinkan Anda untuk melatih seluruh bagian otot dada dengan mudah. 

2. Push up stand bar

Beli Sekarang

 

Selanjutnya, ada push up stand bar yang dapat meningkatkan intensitas latihan Anda melalui latihan push up. Dengan ketinggian yang bervariasi, alat fitness ini dapat mendukung latihan Anda sesuai dengan level Anda sendiri. 

Dengan bertumpu lebih tinggi dari tanah, Anda pun memiliki kebebasan bergerak yang lebih besar. Selain meningkatkan intensitas latihan Anda, ini juga membuat latihan chest Anda di rumah lebih efektif.

Karena posisi pergelangan tangan Anda tetap lurus selama memegang penyangga, alat ini tidak hanya melatih otot dada, tetapi juga melatih otot trisep dan perut Anda. 

3. Push up board

Beli Sekarang

 

Selain push up stand bar, ada lagi alat push up yang dapat menambah intensitas dan pengalaman latihan Anda di rumah.

Alat ini juga dapat memudahkan Anda berlatih push up dengan benar, mulai dari penempatan tangan Anda hingga seberapa jauh langkah kaki Anda. Semua itu bisa Anda lakukan dengan tepat menggunakan papan push up (push up board). 

Manfaatkan pegangan yang disediakan untuk mendapatkan sudut yang berbeda selama latihan Anda. Terlihat simple, tetapi alat ini dapat membantu Anda dengan cara yang luar biasa.

4. Resistance band

Beli Sekarang

 

Alat fitness ini tersedia dengan berbagai macam bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Umum digunakan untuk latihan ketahanan, pita resistensi dapat membentuk otot dada Anda dengan baik. 

Anda bisa menempatkannya di bawah kaki Anda atau di sekitar penyangga dan atur tingkat kesulitannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Misalnya, memegang pita dengan tangan terentang selebar mungkin tanpa menarik punggung. 

Karena setiap band memiliki kekuatan yang berbeda, Anda akan terus menantang diri sendiri di setiap sesi latihan.

5. Kettlebell


Beli Sekarang

 

Punya bangku di rumah? Latihan dengan kettlebell sambil berbaring juga dapat membantu melatih otot dada Anda. 

Alih-alih menggunakan set dumbbell sederhana, Anda bisa mengandalkan alat fitness yang fantastis ini. Mengapa? 

Pertama, karena pegangan kettlebell jauh lebih mudah digunakan daripada dumbbell. Selain itu, memberikan Anda lebih banyak pilihan untuk genggaman yang berbeda, sehingga semakin banyak opsi latihan Anda.

Hal yang tidak kalah hebat lagi adalah Anda dapat mengontrol berat beban saat upgrade ke beban yang lebih berat. Jadi, menambahkan kettlebell ke program latihan chest di rumah dapat memberikan hasil yang maksimal.

6. Chest expander

Beli Sekarang

 

Alat fitness terakhir yang mungkin masih asing di telinga Anda adalah chest expander. Yaps, alat sederhana ini juga efektif lho, untuk membentuk otot dada Anda!

Meski kehadirannya tidak dapat menggantikan beban bebas, mesin resistensi, atau alat gym lainnya, tetapi ini mampu membangun kekuatan fungsional otot dan mengurangi risiko cedera selama latihan.

Dilengkapi dengan dua pegangan yang dihubungkan dengan kabel-kabel elastis, penggunaan chest expander pun dapat melatih otot bahu, bisep, trisep, deltoid, trapezius, dan punggung bagian atas.

Anda pun bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau di toko olahraga terdekat atau secara online.

Contoh latihan otot dada di rumah

Berikut beberapa contoh latihan otot dada yang bisa Anda lakukan dengan alat-alat fitness di atas:

1. Dumbbell.


Sumber: youtube.com/CHRIS HERIA

2. Push up stand bar.


Sumber: youtube.com/Armando Bernardino

3. Push up board.


Sumber: youtube.com/Calisthenicmovement

4. Resistance band.


Sumber: youtube.com/Fit Gent

5. Kettlebell.


Sumber: youtube.com/Alex Crockford

6. Chest expander.


Sumber: youtube.com/Machismo

Itulah beberapa rekomendasi alat fitness untuk membantu Anda membentuk otot dada di rumah, tanpa harus ke gym. Untuk hasil yang optimal, perhatikan juga asupan nutrisi harian Anda. Kombinasi latihan dan diet protein tinggi dapat membantu meningkatkan ukuran dan kekuatan otot dada Anda.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Cool Blue (2020). What Fitness Equipment Can I Use to Train My Chest Muscles at Home?
  • Healthline (2021). 7 Top Chest Exercises for a Strong and Functional Upper Body.
  • Men’s Journal. Best Chest Exercise Equipment for Your at-Home Gym.
  • SFIDN FITS (2021). Fungsi Chest Expander dan Cara Tepat Memilihnya.

 
Tags:
#otot dada  #sfidn  #alat gym untuk membentuk otot dada  #alat untuk membentuk otot dada  #alat fitness untuk membentuk otot dada  #membentuk otot dada 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article