sfidn - 8 Olahraga yang Dapat Dilakukan Bersama Hewan Peliharaan

8 Olahraga yang Dapat Dilakukan Bersama Hewan Peliharaan

sfidn.com – Apakah Anda memelihara hewan di rumah? Jika ya, Anda mungkin menjadi orang yang lebih aktif dibandingkan dengan orang-orang tanpa hewan peliharaan. Nah, dari berbagai hewan yang dapat dipelihara, anjing tampaknya menjadi yang paling favorit.

Menurut Dr. Elizabeth Frates, direktur program kesehatan di sebuah rumah sakit yang berafiliasi dengan Harvard Medical School, anjing dapat memberikan rasa cinta, persahabatan, dan mendorong Anda untuk melakukan aktivitas walaupun sekadar berjalan santai di sore hari. 

Hebatnya lagi, penelitian menunjukkan bahwa olahraga bersama hewan peliharaan dapat diperhitungkan dalam tujuan aktivitas fisik yang direkomendasikan. 

Artikel ini akan memberikan Anda beberapa rekomendasi olahraga yang dapat dilakukan bersama hewan peliharaan Anda. Stay tuned!

Olahraga yang dapat dilakukan bersama hewan peliharaan

Kunci agar Anda dan hewan peliharaan Anda fun selama berolahraga adalah menemukan aktivitas yang dapat kalian nikmati bersama. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Berjalan

Salah satu olahraga favorit banyak orang bersama anjing peliharaannya adalah jalan kaki. Manfaatnya tidak terbatas pada jantung yang lebih kuat, tekanan darah yang lebih stabil, tubuh yang lebih berenergi, tulang yang lebih padat, dan risiko depresi yang lebih rendah. 

Tidak ada aturan khusus terkait seberapa jauh atau lama seekor anjing harus berjalan. Cukup awali dengan berjalan santai, lalu tingkatkan kecepatan dan jarak kalian secara perlahan hingga mencapai tujuan.

2. Jogging

Olahraga selanjutnya adalah jogging. Namun sayangnya, tidak semua anjing bisa diajak berlari. Anjing Greyhound misalnya, jago dalam lari jarak pendek, tapi mudah lelah ketika diajak lari jarak jauh. 

Jadi, jika Anda ingin jogging dengan anjing peliharaan Anda, pilihlah ras yang cocok untuk lari jarak jauh, seperti anjing Labrador. Tunggu sampai anak anjing Anda dewasa dan latih secara bertahap, misalnya 5 menit pemanasan, 20 menit jogging, dan 5 menit pendinginan. 

Perlu diingat bahwa anjing tidak berkeringat, jadi hindari waktu yang panas dan berhenti jika ia tertinggal di belakang Anda.

3. Dancing

Jika jalan jauh tidak menarik minat Anda, cobalah ajak anjing Anda menari dengan alunan musik yang ceria. Ini akan membuat anjing Anda berlari di antara kedua kaki Anda sambil melakukan trik lainnya, sementara kalian melakukan latihan aerobik

Manfaat menari termasuk membakar kalori, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan stamina, keseimbangan, tonus otot, dan kepadatan tulang Anda.

4. Berenang

Olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan bersama hewan peliharaan Anda adalah berenang.

Latihan all-in-one ini sangat bermanfaat bagi orang atau anjing dengan arthritis. Karena ini adalah olahraga low-impact, sehingga mudah untuk persendian Anda. 

Adapun manfaat berenang di antaranya dapat melatih berbagai kelompok otot, meningkatkan daya tahan, serta memperkuat otot jantung dan paru-paru. 

Sama halnya dengan lari jarak jauh, tidak semua anjing suka berenang. Jadi, mulailah secara perlahan, misalnya dengan menggunakan mainan atau camilan untuk menyemangati anjing Anda.

5. Hiking

Beruntunglah bagi Anda yang lingkungan tempat tinggalnya menawarkan peluang hiking. Kebanyakan anjing suka pergi keluar dan menemukan bau baru atau melihat hewan lain sambil menghabiskan waktu bersama pemiliknya. 

Seperti berjalan, Anda pun harus menjaga kecepatan yang cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung Anda. 

6. Agility training

Agility training dapat membuat anjing Anda berlomba melewati rintangan dengan tangga, gawang, atau terowongan, sementara Anda berlari sambil memberikan pujian dan dorongan untuknya. 

Ini dapat memberikan kalian latihan kardiovaskular yang sangat baik, sementara anjing Anda juga dapat mengembangkan koordinasi yang lebih baik. 

7. Doga

Doga adalah menggabungkan hewan peliharaan Anda ke dalam pose yoga Hatha. Misalnya, Anda berbaring dalam pose istirahat dengan kaki ditekuk dan anjing Anda berada di atas kaki Anda. 

Para ahli mengatakan ini bagus untuk menjalin ikatan antara Anda dengan hewan peliharaan Anda, tetapi tidak banyak memberikan pengalaman latihan untuk anjing Anda.

8. Sepak bola

Sepak bola juga termasuk olahraga yang bisa dilakukan bersama anjing peliharaan Anda. Anda menendang bola dan anjing Anda mencoba mengopernya kembali dengan hidung atau cakarnya. 

Anda bisa menggunakan bola latihan khusus untuk anjing, biasanya terbuat dari plastik keras dan tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan jenis khusus anjing Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bola sepak biasa yang dibuat untuk manusia. Namun ingat, berhati-hatilah saat menendang bola langsung ke wajah atau tubuh anjing Anda.

Inilah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa Anda lakukan bersama hewan kesayangan Anda. Sebelum mengajaknya berlatih, pastikan Anda sudah memeriksakan kondisinya ke dokter hewan dan mulailah latihan secara bertahap, pastikan ia tidak dehidrasi dan menggunakan pelindung kaki seperti satu set sepatu boot anjing. Selamat berlatih!

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Fuller J. Sports And Recreation Benefits to Your Pet.
  • Harvard Medical School (2017). Walking The Dog: Yes, It Counts As Exercise.
  • The Light of Dog. Benefits of Dog Sports for Non-Competitors.
  • Veterinary Medicine & Biomedical Sciences (2017). Benefits of Exercising with Your Dog.
  • WebMD (2021). Fitness Buddies: Exercising With Your Dog Slideshow.

 

RELATED PRODUCT YOU MUST HAVE


 
Tags:
#olahraga  #sfidn  #hewan peliharaan  #fitness buddies  #olahraga bersama hewan peliharaan  #dog sports  #anjing peliharaan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article