sfidn - Apakah Jogging Bisa Membentuk Perut Sixpack?

Apakah Jogging Bisa Membentuk Perut Sixpack?

sfidn.com - Apakah jogging olahraga favorit Anda? Latihan ini memang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan, meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, dan mengurangi tingkat stres. Bahkan, ini juga membantu membentuk otot kaki dan glutes yang lebih kuat. Namun, apakah jogging bisa membentuk perut sixpack

Menurut para pakarnya, hal ini mungkin, tetapi hasilnya tergantung pada bagaimana Anda mendefinisikan dan mendapatkan ‘perut sixpack’ tersebut. Ingin penjelasan yang lebih mendalam? Mari simak ulasan berikut!

Apa itu perut sixpack?

Pertama, Anda harus tahu dulu definisi 'perut sixpack' yang sebenarnya.

Secara teknis, setiap orang sebenarnya sudah memiliki perut. 

Nah, kebanyakan orang mendefinisikan 'mendapatkan perut sixpack' ini sebagai cara untuk mengencangkan dan memperkuat perut, serta mengurangi lemak perut, sehingga ototnya lebih terlihat.

Ini termasuk otot-otot superfisial dinding perut (terutama rektus abdominis dan obliques eksternal) dan otot perut bagian dalam (obliques internal dan abdominis transversal).

Keempat otot ini bekerja sama dalam menciptakan struktur seperti 'korset' untuk menopang tubuh Anda ketika beraktivitas sehari-hari dan berolahraga secara rutin.

Ingatlah bahwa manfaat memperkuat otot perut bukan hanya sekadar untuk estetika, tetapi juga untuk mengurangi dampak pada persendian, mencegah cedera, dan memperkuat otot-otot lainnya yang saling berhubungan dengan inti, termasuk punggung, pinggul, dan paha Anda.

Apakah jogging bisa membentuk perut sixpack?

Pada dasarnya, berlari atau jogging bukanlah cara yang pasti untuk membangun perut sixpack

Banyak orang berlari untuk membakar kalori, menurunkan berat badan, serta meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental. 

Meskipun mungkin untuk menampilkan otot perut dengan jogging, ada teknik tertentu yang harus Anda lakukan agar hasilnya maksimal.

Kunci keseluruhan yang perlu Anda ingat untuk mendapatkan perut sixpack dengan berlari adalah membakar lemak dan melakukan lari yang dapat memperkuat perut pada tingkat yang lebih intens.

Jeff Parke, seorang pelatih lari dan pemilik Top Fitness Magazine, merekomendasikan lari cepat dalam hal ini. Misalnya, lari cepat (sprint) 100 meter dengan 10-15 repetisi dan mengambil istirahat berjalan 30 detik di antara setiap sprint

Ketika Anda lari cepat, Anda melatih perut Anda secara bersamaan melalui bentuk dan postur yang baik, sehingga dapat menstabilkan inti dan mengurangi dampak pada sendi Anda.

Melatih perut berarti meningkatkan sirkulasi ke area tersebut. Aliran darah ini membantu memecah sel-sel lemak, sehingga menyebabkan pembakaran lemak yang lebih besar di perut. 

Saat Anda membakar lemak ini, otot perut pun jadi lebih terlihat, yang mengarah pada apa yang kebanyakan orang anggap sebagai perut sixpack.

Seberapa efektif lari cepat (sprint) menampilkan otot perut?

Melansir dari CrossFit 43 North, cara terbaik untuk menghilangkan lemak adalah dengan membangun otot, latihan dengan interval intensitas tinggi (HIIT), dan istirahat. Salah satu contoh HIIT adalah lari cepat atau sprint.

Jenis latihan interval ini memiliki efek afterburn, yang artinya tubuh Anda terus membakar kalori sepanjang hari, tidak hanya selama waktu latihan.

Pengeluaran kalori selama long slow run memang lebih banyak daripada high intensity interval training (HIIT), tapi itu hanya selama waktu latihan

Sementara HIIT, karena memiliki efek afterburn, menghasilkan pengeluaran kalori total yang lebih besar, karena tetap membakar kalori meskipun setelah latihan.

Oleh karena itu, berlari atau jogging bisa membantu membentuk perut sixpack, terutama dengan lari cepat (sprint).

Tak hanya jogging, Anda juga perlu melakukan beberapa hal ini!

Selain berlari, Anda juga harus menerapkan diet yang tepat dan menambahkan beberapa latihan inti harian agar otot perut Anda lebih terlihat. 

Misalnya, mendaki bukit sambil sprint. Aktivitas ini akan mengaktifkan inti Anda lebih jauh, sehingga membantu Anda membangun otot-otot perut dengan cepat.

Anda bisa memilih satu bukit besar atau beberapa bukit kecil untuk memulainya. 

Untuk bukit-bukit kecil, Anda bisa berlari tanpa henti, lalu berjalan turun dan berlari ke bukit berikutnya. Untuk bukit yang besar, Anda bisa memilih berapa lama Anda akan melakukannya, kemudian mulai berlari ke atas bukit selama waktu itu, dan beristirahat sejenak dengan berjalan kaki.

Kesimpulan

Perut sixpack tidak terjadi dalam semalam, tetapi Anda dapat memaksimalkan upaya Anda dengan jogging atau berlari. Kombinasikan juga dengan latihan kekuatan dan latihan kardio, serta diet yang tepat yang mendukung penurunan lemak dan pembentukan otot. Ini akan membantu Anda mendapatkan bentuk dan ukuran perut yang Anda inginkan.

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • CrossFit 43 North (2020). Can You Get Six Pack Abs By Running?
  • Marathon Handbook (2021). Does Running Give You Abs? How To Build Abs Through Running.
  • Nike (2022). Can Running Give You Abs?
  • Runner’s Blueprint. Can Running Give You Abs?
  • Trainingpeaks. A Runner’s Guide to Fabulous Abs.
  • Popsugar (2019). Yes, You Can Get Abs and See Results by Running — and an Expert Just Told Us How to Do It.

 
Tags:
#jogging  #Berlari  #sprint  #sfidn  #perut sixpack  #lari cepat  #jogging dan perut sixpack  #bisakah jogging membentuk perut sixpack 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article