sfidn - 9 Suplemen Otot untuk Pemula yang Aktif Olahraga

9 Suplemen Otot untuk Pemula yang Aktif Olahraga

sfidn.com – Sedikitnya, ada sembilan jenis suplemen otot untuk pemula yang aktif olahraga. Tujuannya, tentu agar individu dapat memiliki tubuh yang bagus dalam waktu yang relatif lebih singkat.

 

9 Suplemen Otot untuk Pemula yang Aktif Olahraga

Demi mendapatkan otot yang besar dan terdefinisi, pemula wajib melakukan latihan beban secara terorganisir dan teratur serta mengonsumsi suplemen olahraga yang tepat.

Pengonsumsian suplemen sangat diperlukan ketika seseorang rutin berolahraga karena tubuh memerlukan lebih banyak energi dan nutrisi untuk menjalankan fungsi organ dengan optimal, memperbaiki dan memperkuat otot yang rusak selama latihan, serta mencegah tubuh kehilangan cairan.

Kebutuhan nutrisi harian mungkin akan sulit dipenuhi jika hanya melalui makanan saja, terutama bagi mereka yang aktif berolahraga dan ingin menjaga berat badan yang ideal.

Maka dari itu, pengonsumsian suplemen, seperti whey protein, creatine, omega-3, glutamine, dan lainnya akan sangat membantu individu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sekaligus membentuk otot dengan maksimal tanpa takut mengalami kenaikan berat badan.

 

Suplemen Otot untuk Pemula

Sedikitnya, ada sembilan suplemen otot untuk pemula, yaitu Whey Protein, Creatine, BCAA, Omega-3, Casein Protein, Multivitamin, Pre-workout, Glutamine, dan Weight Gainers.

 

1. Whey Protein

Whey protein adalah salah satu jenis protein yang berasal dari whey, yaitu cairan yang tersisa dari proses pembuatan keju. Maka dari itu, kandungan protein dalam suplemen ini sangat tinggi yang mana akan berguna bagi proses pembentukan otot.

Fungsi utama dari whey protein adalah meningkatkan massa otot, mempercepat pemulihan setelah latihan, serta membantu menurunkan berat badan.

Disarankan untuk mengonsumsi suplemen whey protein tidak lebih 30 menit setelah latihan untuk memaksimalkan pemulihan otot dan mencegah kerusakan oksidatif.

Beli Whey Protein di sini.

 

2. BCAA (Branched-Chain Amino Acids)

Branched-Chain Amino Acids  atau BCAA adalah tiga asam amino esensial, yakni leusin, isoleusin, dan valin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh secara alami.

BCAA mengandung 40% dari sembilan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk sintesis protein (memproduksi protein).

Tentunya dengan mengonsumsi BCAA secara rutin, Anda bisa membangun, memperbaiki, memelihara, dan mempertahankan jaringan otot bahkan selama massa cutting berlangsung..

BCAA dapat dikonsumsi sebelum maupun setelah olahraga. Namun, banyak orang yang menyetujui jika mengonsumsi suplemen ini 30-60 menit sebelum latihan, mereka mengalami lebih sedikit nyeri otot.

 

3. Creatine

Creatine adalah senyawa yang diproduksi secara alami dalam tubuh dan juga dapat ditemukan dalam makanan tertentu, seperti daging merah dan ikan. Suplemen ini memiliki peran yang penting dalam menyediakan energi untuk otot selama latihan serta mempercepat pemulihan.

Dengan mengonsumsi creatine secara rutin, seorang pemula dapat menambah dan menebalkan massa ototnya dengan lebih cepat.

Creatine biasanya dikonsumsi sebelum olahraga untuk membantu sel otot menghasilkan lebih banyak energi serta meningkatkan daya tahannya.

Di sisi lain, creatine juga memiliki efek anti-inflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan otot yang biasanya lebih sering terjadi kepada para pemula.

Beli R3ACT Creatine di Sini.

 

4. Casein Protein

Casein protein adalah salah satu jenis protein yang berasal dari susu tetapi dicerna lebih lambat dibandingkan whey protein sehingga lebih cocok dikonsumsi sebelum tidur daripada sebelum atau setelah latihan. 

Fungsi dari casein protein adalah memberikan sumber protein bertahap yang mampu bertahan dalam tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Sedangkan manfaatnya tidak jauh berbeda dengan whey protein, yakni casein protein akan membantu memulihkan dan memperbaiki jaringan otot setelah latihan serta meningkatkan massa atau ukurannya.

 

5. Omega-3

Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang mengandung DPA, EPA, dan DHA yang penting untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf. Namun, apa hubungannya dengan otot?

Suplemen omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang mana ini diperlukan untuk mencegah peradangan serta membuang racun dalam tubuh yang dapat mempercepat pemulihan otot, terutama bagi pemula yang belum rutin berolahraga.

Waktu untuk mengonsumsi omega-3 sangat fleksibel. Anda bisa mengonsumsi suplemen ini pada pagi, siang, atau malam hari setelah makan.

 

6. Pre-workout

Pre-workout adalah produk yang dirancang untuk dikonsumsi sebelum melakukan latihan fisik atau olahraga. Tujuan utamanya, yaitu meningkatkan performa, energi, fokus, dan kekuatan selama latihan. 

Suplemen pre-workout sering mengandung campuran bahan-bahan, seperti kafein, beta-alanin, creatine, arginine, citrulline, dan  bahan lainnya yang dapat membantu meningkatkan aliran darah, meningkatkan ketahanan, dan memperbaiki otot.

 

Baca Juga:

11 Pre Workout Alami untuk Meningkatkan Stamina dengan Cepat

 

7. Multivitamin

Multivitamin adalah suplemen yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara umum. 

Biasanya, multivitamin mengandung kombinasi vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan berbagai jenis Vitamin B (Vitamin B1, B2, B3, B6, B12) serta beberapa mineral, seperti kalsium, magnesium, seng, dan besi.

Tujuan utama mengonsumsi multivitamin, yaitu untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama saat seseorang memiliki pola makan yang tidak seimbang atau memiliki kebutuhan nutrisi yang meningkat, seperti pada masa pertumbuhan, kehamilan, diet, atau pun olahraga berintensitas tinggi.

Mengonsumsi multivitamin secara teratur akan mendukung metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan tulang.

 

8. Glutamine

Glutamine adalah jenis asam amino non-esensial yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, kesehatan, pencernaan, dan pemulihan otot.

Pada dasarnya, tubuh manusia mampu memproduksi glutamine dalam jumlah yang cukup. Namun, dalam kondisi tertentu, seperti cedera parah, stres, penyakit serius, dan latihan fisik yang intens, kebutuhan asam amino ini melebihi dari apa yang mampu tubuh Anda produksi.

Maka dari itu, suplemen glutamine akan sangat diperlukan ketika Anda berada dalam kondisi-kondisi tersebut. Apalagi seorang pemula rentang mengalami cedera karena belum terbiasa melakukan latihan atau menerapkan teknik yang benar.

 

9. Weight Gainers

Weight gainers adalah suplemen makanan yang dirancang khusus untuk membantu meningkatkan berat badan dan massa otot. Biasanya mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta beberapa vitamin dan mineral penting. 

Jika Anda memiliki tubuh yang kurus atau kesulitan meningkatkan menambah berat badan, suplemen ini akan menjadi pilihan yang tepat. Di sisi lain, kandungan protein dalam weight gainers dapat membantu memperbaiki dan membangun kembali otot setelah olahraga.

Weight gainers biasanya dikonsumsi di antara jam makanan atau sebagai pengganti makanan dengan dosis yang disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan tujuan individu.

 

Itu adalah sembilan suplemen otot untuk pemula yang bisa dijadikan referensi dalam memilih  suplemen pendukung dalam program olahraga yang Anda jalankan. 

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan perhatikan dosis atau anjuran pemakaian agar tidak memberatkan ginjal Anda ke depannya.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#suplemen  #creatine  #Whey Protein  #suplemen bcaa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article