Cara Menggemukkan Badan dengan Membentuk Otot

sfidn.com - Dalam proses menggemukkan badan, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana meraih surplus kalori, artinya Anda harus mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang sebenarnya dibutuhkan tubuh. 

Misalnya, kebutuhan kalori untuk pria secara umum sekitar 2.200 kalori, sedangkan perempuan sekitar 1.800 kkal. Jika Anda ingin menambah berat badan Anda, maka dibutuhkan tambahan kalori sekitar 700-1.000 kalori per hari. Alhasil, jika Anda pria, maka membutuhkan 3.200 kalori, sedangkan wanita membutuhkan 2.500 kalori dalam sehari.

Bagaimana cara menggemukkan badan dengan kalori ekstra?

Pada dasarnya, kalori ekstra untuk menambah berat badan bisa Anda dapatkan dengan cara meningkatkan frekuensi makan Anda sebanyak 4-5 kali dalam sehari atau menambah porsi setiap kali Anda makan. 

Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa kedua cara ini akan memanfaatkan lemak dan gula yang ada pada makanan Anda untuk menggemukkan badan. Tentunya, penumpukan gula dan lemak di dalam tubuh berdampak buruk untuk kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Untuk menghindari ini, maka Anda perlu mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur. Namun, Anda perlu mengonsumsi 5 kg sayur untuk mendapatkan 3.000 kalori (100 gram sayur = 65 kalori). Tentunya, hal ini tidak mungkin dilakukan.

Selain itu, menambah berat badan dengan cara mengonsumsi makanan tinggi kalori yang memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi juga tidak akan membuat Anda mendapatkan tubuh yang ideal. Kenapa? 

Karena yang akan terjadi hanyalah penumpukan lemak di dalam tubuh, dan Anda pun akan terlihat gendut bergelambir dan tidak proporsional. Oleh sebab itu, perlu makanan tambahan yang menyediakan pasokan tinggi kalori, tetapi rendah lemak dan gula, salah satunya adalah mass gainer.

Kapan Anda membutuhkan mass gainer?

Anda memang bisa mendapatkan kalori ekstra  dari berbagai sumber makanan. Namun, Anda juga perlu memilah setiap makanan Anda, sehingga makanan yang Anda konsumsi benar-benar tinggi protein dan karbohidrat, bukan tinggi gula dan lemak. 

Jika Anda bukan seorang ahli gizi atau tidak didampingi oleh nutritionists, maka Anda akan sangat kesulitan untuk memilih dan menyeleksi makanan apa yang Anda harus konsumsi. 

Memikirkan asupan kalori harian agar bisa menambah berat badan saja sudah cukup membuat stres, apalagi jenis makanan yang harus dikonsumsi, bukan?

Nah, jika Anda merasa bahwa melakukan seleksi makanan itu sulit, atau Anda tidak punya banyak waktu untuk mencari dan mengonsumsi semua makanan yang dibutuhkan untuk mencapai surplus kalori, maka inilah saatnya Anda membutuhkan mass gainer

Mass gainer akan dengan mudah memberikan kalori ekstra sesuai dengan yang Anda butuhkan tanpa menimbulkan efek samping dari tingginya kadar gula dan lemak dalam makanan yang Anda konsumsi. 

Dengan kata lain, mass gainer akan menggemukkan tubuh Anda dengan cara yang sehat. Selain itu, mass gainer sendiri  memiliki bentuk berupa bubuk yang mudah dikonsumsi, sehingga Anda bisa mencapai surplus kalori Anda melalui makanan yang dikonsumsi dan mass gainer.

Mengapa harus dengan mass gainer?

Mass gainer memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi, serta kadar lemak dan gula yang rendah. Dengan formulasi yang telah diatur sedemikian rupa ini membuat mass gainer memiliki jumlah kalori yang cukup untuk menggemukkan badan Anda, plus dengan cara yang sehat.

Kalori yang ada dalam mass gainer nantinya akan menambah berat badan Anda melalui pertumbuhan otot, bukan memperbanyak kadar lemak seperti produk weight gainer yang ada di pasaran. Alhasil, Anda bisa mendapatkan tubuh atletis yang ideal.

Cara menambah berat badan dengan mass gainer

Dengan banyaknya jenis mass gainer yang beredar di pasaran, Anda harus bisa memahami dan teliti dalam memilih produk apa yang sebenarnya Anda butuhkan untuk menggemukkan badan dengan meningkatkan massa otot. 

Oleh karena itu, artikel ini menyajikan informasi tentang berbagai kandungan mass gainer yang wajib Anda perhatikan:

1. Tinggi kalori

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, total asupan kalori ekstra untuk meningkatkan berat badan bagi pria secara umum adalah 3.200 kalori. Jadi, jika Anda ingin memenuhi kalori tersebut dengan pola makan standar, pilihlah mass gainer yang dapat menyediakan tambahan 700 sampai 1.000 kalori per sajiannya. 

2. Tinggi karbohidrat

Perlu Anda ketahui bahwa karbohidrat adalah asupan yang paling disukai oleh tubuh, sehingga menjadikannya sebagai sumber energi yang paling mudah dan cepat untuk diproses. Inilah mengapa Anda harus menjadikannya sebagai asupan utama untuk menjalani berbagai aktivitas fisik harian. 

Perihal menggemukkan badan, jenis dan jumlah karbohidrat saat Anda memilih mass gainer harus benar-benar diperhatikan, karena ini adalah kunci utama untuk menambah berat badan Anda.

Karbohidrat kompleks, seperti maltodekstrin dan serat, dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, suplai energi dalam jangka panjang, menjaga kadar gula darah normal, serta meningkatkan mikrobiota usus. Lain halnya dengan karbohidrat sederhana, seperti gula, dapat memberikan Anda energi dalam waktu singkat, karena lebih cepat dicerna dan diserap tubuh.

3. Tinggi protein

Protein merupakan pembentuk utama otot. Jadi, jika Anda ingin mengubah asupan kalori dalam tubuh menjadi massa otot, maka Anda harus memperhatikan kandungan protein dalam suplemen mass gainer Anda. 

Dari segi kualitas, pilih penggemuk badan yang mengandung protein lengkap, alias memiliki semua jenis asam amino yang diperlukan tubuh untuk membangun massa otot, seperti whey protein.

Untuk menilai kemurnian protein, Anda bisa membandingkan jumlah protein terhadap gramasi setiap takaran atau sajiannya. Semakin tinggi nilai persentasenya, semakin bagus kualitas suplemen mass gainer tersebut.

Contoh produk yang memiliki kandungan protein paling baik adalah R3ACT Mass Gainer, yang tingkat kemurnian proteinnya mencapai 25% (jumlah protein (57 gram) dibagi jumlah gramasi scoop (225 gram) dikali seratus persen). 

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan rasio kadar protein terhadap karbohidratnya, seperti produk R3ACT Mass Gainer memiliki protein 57 gram dan karbohidrat 145 gram, maka rasionya adalah 1:2,5

Semakin tinggi kandungan protein dalam mass gainer Anda, maka akan semakin mudah untuk membangun massa otot. Jadi, apabila Anda ingin menggemukkan badan dengan membentuk massa otot, maka R3ACT Mass Gainer adalah pilihan yang tepat.

4. Rendah lemak dan gula

Dalam program penggemukan badan dengan membentuk massa otot, asupan lemak berlebih sangat tidak dianjurkan. Mengapa? Karena kelebihan lemak di dalam tubuh telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, apnea tidur, hingga kanker. 

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjaga asupan lemak harian dari makanan yang Anda konsumsi. Salah satunya dengan memilih mass gainer yang rendah lemak, sehingga bisa terhindar dari masalah kesehatan di atas, sekaligus membentuk otot tanpa lemak yang tidak perlu.

5. Kaya akan multivitamin dan asam amino esensial

Asam amino esensial hanya diproduksi sedikit - bahkan tidak ada sama sekali – dalam tubuh, sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan. 

Pasalnya, asam amino esensial, seperti leusin, isoleusin, dan valin, sangat membantu dalam membentuk dan menjaga massa otot Anda saat diet. Bahkan, ini juga dapat meningkatkan performa latihan Anda. 

Karena itulah Anda disarankan untuk memilih suplemen mass gainer yang diperkaya dengan kandungan asam amino esensial yang tinggi, sehingga program penggemukan badan Anda bisa tercapai secara maksimal. 

Produk R3ACT Mass Gainer memiliki 37 gram campuran BCAA, EAAs, dan glutaminic acid, 3 gram creatine monohydrate, serta beberapa vitamin dan mineral penting untuk mendukung fungsi normal tubuh.

Lantas, bagaimana cara memilih mass gainer yang tepat?

Setelah memahami dan membahas secara seksama penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa suplemen mass gainer memiliki dua fungsi utama, yaitu meningkatkan berat badan dan membantu program bulking (membentuk otot). 

Anda juga pastinya sudah bisa memprediksi tentang jenis produk apa yang Anda butuhkan dari penjelasan di atas. 

Namun, dengan banyaknya pilihan suplemen mass gainer di pasaran, tentu Anda bingung, produk manakah yang terbaik dan bagaimana cara memilihnya.

Jika tujuan akhir Anda adalah ingin menggemukkan badan dengan membentuk otot, maka Anda harus fokus dalam memilih mass gainer yang tinggi kalori, karbohidrat, dan protein, serta rendah lemak dan gula

Selain itu, pastikan rasio protein terhadap karbohidratnya rendah untuk mencegah asupan karbohidrat yang terlalu banyak. Kenapa? Karena kelebihan karbohidrat hanya akan disimpan dalam bentuk lemak. Akibatnya, lemak tubuh Anda bisa bertambah pesat.

Dengan memastikan rasio karbohidratnya di bawah 3, Anda akan terhindar dari kelebihan lemak, serta keseimbangan mikrobiota di usus Anda pun terjaga dengan baik.

Dan kami merekomendasi produk yang menurut kami sesuai dengan kriteria di atas, yaitu R3ACT Mass Gainer.

R3ACT Mass Gainer 5 lbs

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, Anda membutuhkan asupan makanan tambahan yang tinggi kalori, karbohidrat, dan protein, serta rendah lemak ketika sedang meningkatkan berat badan sekaligus membentuk otot.

Nah, produk R3ACT Mass Gainer ini bisa menjadi solusi efektif untuk menambah berat badan Anda, karena setiap sajiannya (3 scoop = 225 gram) mengandung:

  • Energi: 853 Kalori
  • Lemak: 5 gram (7% dari AKG)
  • Protein: 57 gram (75% dari AKG)
  • Karbohidrat: 145 gram (45% dari AKG)
  • Serat: 8 gram (27% dari AKG)
  • Gula: 17 gram
  • Campuran BCAA, EAAs, dan glutaminic acid: 37 gram
  • Kreatin: 3 gram

Selain itu, produk ini juga diperkaya zat gizi penting lainnya, seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Vitamin B6
  • Kalsium
  • Selenium
  • Natrium

 

R3ACT Mass Gainer

  • Tinggi kalori
  • Tinggi karbohidrat
  • Tinggi protein
  • Rendah lemak
  • Rasio protein terhadap karbohidrat rendah
  • Diperkaya dengan campuran BCAA, EAAs, dan glutaminic acid, serta multivitamin
  • Tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 2 lbs dan 5 lbs.

 

Karena mengandung kombinasi formula dari semua komponen penting di atas, dapat disimpulkan bahwa R3ACT Mass Gainer adalah suplemen terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia untuk menggemukkan badan dengan membentuk massa otot. Bagaimana? Sudah siap untuk memiliki tubuh yang ideal dan atletis?

 

--- Related Article ---

 

Tags:
#tambah berat badan  #naik berat badan  #cara menambah berat badan  #cara menggemukkan badan  #menggemukkan badan  #menambah berat badan  #cara membentuk otot 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail