Cara Menggemukan Badan Dengan Membentuk Otot

sfidn.com - Dalam proses menggemukan badan, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah bagimana meraih kalori surplus, yang artinya Anda harus mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh sebenarnya butuhkan. Jika pada umumnya kebutuhan kalori pria sekitar 2200 kkal dan perempuan 1800 kkal, maka apabila Anda ingin menambah berat badan Anda, dibutuhkan tambahan kalori sekitar 700-1000 kalori per hari. Itu artinya, seorang pria membutuhkan 3200 kalori, sedangkan wanita membutuhkan 2500 kalori.

 

Lantas, Bagaimana Cara Menambah Berat Badan dengan Kalori Extra Tersebut?

Pada dasarnya, kalori ekstra untuk menambah berat bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi makanan sebanyak 4-5 kali sehari atau menambah porsi makan setiap harinya. Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa kedua cara ini akan memanfaatkan lemak dan gula yang ada pada makanan Anda untuk menggemukan badan. Tentunya, penumpukan gula dan lemak di dalam tubuh memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan, seperti mampu menyebabkan stroke dan serangan jantung, serta gula yang mampu menyebabkan penyakit kencing manis. Untuk menghindari ini maka Anda perlu mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, namun Anda perlu mengonsumsi 5 kg sayur untuk mendapatkan 3000 kalori (100gr sayur= 65 kalori), dan tentunya hal ini tidak mungkin dilakukan.

 

Selain itu, cara menggemukan berat badan dengan cara mengonsumsi makanan tinggi kalori yang memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi juga tidak akan membuat Anda mendapatkan tubuh yang ideal, karena yang akan terjadi hanyalah penambahan lemak di dalam tubuh Anda, dan tubuh Anda akan terlihat gendut bergelambir dan tidak proporsional. Karena itu diperlukan makanan tambahan yang mempunyai kalori tinggi nan rendah lemak dan gula, yaitu Mass Gainer.

 

Kapan Anda Membutuhkan Mass Gainer?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kita memang bisa mendapatkan kalori ekstra  dari berbagai sumber makanan. Namun, Anda perlu menyeleksi makanan Anda dengan ketat agar asupan makanan Anda benar-benar kaya akan protein dan karbohidrat, bukan kaya akan gula dan lemak. Jika Anda bukan ahli nutrisi atau tidak di dampingi oleh ahli nutrisi maka Anda akan sangat kesulitan untuk memilih dan menyeleksi makanan apa yang Anda harus konsumsi, memikirkan asupan kalori harian untuk untuk mencapai penambahan berat badan juga hanya akan membuat Anda stress.

 

Nah, jika Anda merasa bahwa melakukan seleksi makanan tersebut itu sulit, atau Anda tidak punya banyak waktu untuk mencari dan mengonsumsi semua makanan yang dibutuhkan untuk mencapai kalori surplus tersebut, maka Anda membutuhkan mass gainer. Mass gainer akan dengan mudah memberikan kalori surplus yang Anda butuhkan tanpa adanya efek samping dari tingginya kadar gula dan lemak dalam makanan yang Anda konsumsi. Dengan kata lain, mass gainer akan menggemukan tubuh Anda dengan cara yang sehat. Selain itu, Mass gainer sendiri  memliki bentuk berupa bubuk yang mudah di konsumsi, sehingga Anda bisa tetap mendapatkan kalori surplus lewat asupan makanan yang bisa Anda konsumsi dan juga lewas asupan nutrisi Mass Gainer.

 

Bagaimana Hal Tersebut Bisa Terjadi?

Mass Gainer memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi serta kadar lemak dan gula yang rendah, dimana gabungan dari keduanya telah diatur sehingga memiliki kadar kalori yang cukup untuk menggemukan badan Anda. Kalori yang ada dalam mass gainer nantinya akan menambah berat tubuh Anda melalui pertumbuhan otot, bukan memperbanyak kadar lemak seperti produk weight gainer lainnya. Alhasil, Anda akan mendapatkan tubuh atletis yang ideal.

 

Cara Gemukin Badan dengan Memperhatikan Kandungan Mass Gainer

Dengan banyaknya jenis mass gainer yang berada di pasaran, maka Anda harus belajar memahami produk apa yang sebenarnya Anda butuhkan untuk menggemukan badan atau meningkatkan massa otot Anda. Oleh karena itu, di bawah ini kami akan memberikan informasi tentang berbagai kandungan mass gainer yang wajib Anda perhatikan:

 

1. Kalori

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asupan kalori surplus untuk meningkatkan berat badan bagi pria secara total adalah 3200 kalori. Jadi jika Anda ingin memenuhi kalori tersebut, dengan pola makan standar, Anda memerlukan tambahan 700-1000 kalori, namun apabila Anda ingin mengejar kalori dan tidak memiliki asupan kalori yang cukup maka Anda memerlukan 1500-2000 kalori tambahan. Jadi tergantung pola makan Anda, apabila Anda makan seperti biasa maka pilihlah Mass Gainer yang memiliki tambahan 700-1000 kalori, namun apabila Anda ingin lebih mudah tanpa mengontrol pola makan Anda pilihlah Gainer yang memiliki total kandungan kalori sebesar 2000 kkal.

 

2. Karbohidrat

Perlu Anda ketahui bahwa karbohidrat adalah asupan yang paling disukai oleh tubuh sehingga menjadikannya sebagai sumber energi yang paling mudah dan cepat untuk diproses. Oleh karenanya, Anda harus menjadikan karbohidrat sebagai asupan utama dalam menjalani berbagai kegiatan fisik Anda. Perihal menggemukkan badan, jumlah karbohidrat saat Anda akan memilih mass gainer harus benar-benar Anda perhatikan, karena kandungan tersebut adalah kunci utama dalam meningkatkan berat badan Anda.

Caranya adalah dengan membandingkan kandungan karbohidrat dengan kandungan gulanya, karena gula sangat sulit diproses oleh tubuh, maka semakin rendah kandungan gula, semakin bagus pula produk mass gainer tersebut. Sederhananya, jika tujuan utama Anda adalah untuk menggemukan badan, maka perhatikanlah jumlah karbohidrat yang ada pada mass gainer Anda. Contoh produk yang memiliki karbohidrat bersih paling baik adalah Masstech Extreme 22 lbs dimana bila kita hitung dengan rumus karbohidrat persajian 440 gr : gula persajian 20 gr x 100 maka akan menghasilkan kandungan gula yang hanya 4.5% saja. Produk ini memiliki kandungan karbohidrat yang paling tinggi, serta persentase gula yang paling rendah.

 

3. Protein

Protein merupakan pembentuk utama otot Anda, jadi jika Anda ingin mengubah asupan kalori dalam tubuh menjadi massa otot, maka Anda harus memerhatikan kandungan kalori pada suplemen mass gainer Anda. Kandungan protein dalam suplemen mass gainer bisa Anda perhatikan dengan cara membandingkan jumlah protein dalam setiap takaran scoop atau penyajiannya. Semakin tinggi kandungan protein tersebut maka akan semakin bagus pula suplemen mass gainer nya. Contoh produk yang memiliki kandungan protein paling baik adalah Masstech 7 lbs dimana jumlah proteinnya mencapai kadar persentase sebesar 27% dengan rumus perhitungan jumlah protein (63 gr) : jumlah gramasi scoop (235 gr) x 100. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan rasio kadar protein banding karboidratnya, seperti produk Masstech 7 lbs yang memiliki protein 63 gr dan karbohidrat 132 gr, maka rasio nya adalah 1:2. Semakin banyak kandungan protein dalam mass gainer Anda, maka semakin mudah untuk membentuk otot. Sehingga apabila fokus Anda adalah pembentukan otot maka mass gainer yang Anda konsumsi adalah Masstech 7 lbs.

 

4. Rendah Lemak dan Gula

Dalam program penggemukan berat badan dengan cara membentuk massa otot, asupan lemak sangat tidak dianjurkan karena berpotensi menambah komplikasi negatif pada beberapa organ tertentu, oleh karena itu Anda disarankan untuk memilih asupan dengan kandungan lemak yang rendah. Sedangkan untuk gula, seperti yang kita ketahui bahwa gula adalah salah satu bentuk karbohidrat. Namun saat berlatih, gula sangat sulit untuk diproses oleh tubuh sehingga tidak bisa langsung dimanfaatkan. Untuk itu, disarankan untuk memilih mass gainer dengan kandungan gula paling rendah, sehingga bisa menghindari asupan sumber karbohidrat dari gula.

 

5. Kaya akan Creatine

Creatine adalah kandungan yang paling banyak diteliti oleh para ilmuan dan ahli. Creatine juga sudah teruji klinis mampu membantu meningkatkan massa otot lebih cepat serta mampu meningkatkan performa latihan. Karena itulah disarankan untuk memilih suplemen mass gainer yang memiliki kandungan creatine tinggi agar perkembangan massa otot Anda bisa lebih maksimal. Kedua produk Masstech memiliki kandungan creatine paling tinggi dikelasnya yaitu 10 gr.

 

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Penggemuk Badan Mass Gainer yang Tepat?

Setelah memahami dan membahas secara seksama penjelasan di atas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa suplemen gainer memilih dua fungsi utama, yaitu untuk meningkatkan berat badan dan kedua untuk membantu program bulking (membentuk otot). Anda juga pastinya sudah bisa memprediksi tentang jenis produk apa yang Anda butuhkan dari penjelasan diatas. Namun, dengan banyaknya pilihan suplemen mass gainer di pasaran, tentu Anda bingung, produk manakah yang terbaik, dan bagaimana cara memilihnya. Nah, berikut ini kami berikan cara dalam memilih mass gainer yang tepat untuk kebutuhan Anda.

 

1. Untuk Meningkatkan atau Menggemukkan Badan

Jika tujuan akhir Anda adalah ingin meningkatkan atau ingin menggemukkan badan Anda, maka Anda harus fokus dalam memilih mass gainer yang kaya akan karbohidrat, karena kita tahu bahwa karbohidrat merupakan asupan favorit bagi tubuh untuk dijadikan energi. Rekomendasi produk nya adalah Mass tech Extreme 22 Lbs.

 

Kenapa harus produk ini?

Berdasarkan pada penjelasan yang sudah kita bahas sebelumnya, dalam menggemukkan berat badan, kita membutuhkan asupan makanan tambahan yang memiliki karbohidrat yang tinggi serta gula dan lemak yang rendah. Nah, produk Mass tech Extreme 22 Lbs ini memiliki jumlah kalori dan karbohidrat yang paling tinggi, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari cara menggemukan badan.

 

Dalam setiap sendok scoop nya, masstech 22 lbs berisi:

  • 2050 Kalori (tertinggi)
  • 440 gr Karbohidrat (tertinggi)
  • 60 gr Protein
  • 6 gr lemak (rendah lemak)
  • 20 gr gula (rendah gula)

 

Namun, jika Anda sudah memilki pola makan yang teratur, maka Anda hanya membutuhkan ½ scoop Mass Tech Extreme 22 lbs, karena hanya dengan ½ scoop, Anda akan mendapatkan tambahan berupa:

  • 1025 Kalori
  • 220 gr Karbohidrat (tertinggi)
  • 30 gr Protein
  • 3 gr lemak (rendah lemak)
  • 10 gr gula (rendah gula)

 

Karena kombinasi formula dari semua komponen penting diatas, bisa disimpulkan bahwa Muscletech Masstech Extreme 22 lbs merupakan Mass Gainer terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia untuk menggemukan badan. Selain kandungan tersebut, produk ini juga memiliki beberapa kandungan penting lainnya seperti :

  • 10 gr Creatine
  • 17,2 gr BCAA
  • 9 gr Glutamine
  • 20 Multivitamin dan mineral

 

2. Untuk Bantu Program Bulking atau Membentuk Otot

Namun, jika tujuan akhir Anda adalah untuk membantu program bulking, maka disarankan untuk memilih produk mass gainer dengan rasio protein yang setara dengan kandungan karbohidratnya. Karena tanpa adanya karbohidrat, bisa dipastikan program bulking Anda tidak akan berjalan lancar. Karena itu pula produk susu whey protein tidak disarankan dalam program bulking karena tidak memiliki kandungan karbohidrat yang cukup.

 

Contoh produk yang disarankan adalah Masstech 7 lbs, kenapa? karena produk ini memiliki rasio protein:karbohidrat paling rendah (1:2), pilihlah produk ini apabila Anda memfokuskan diri dalam penambahan massa otot, bukan penambahan berat badan, karena kadar protein dalam Masstech 7 lbs ini merupakan yang terbaik di kelasnya. Dengan bertambahnya massa otot, maka secara otomatis bobot tubuh Anda juga akan meningkat secara otomatis. Kandungan yang ada pada Masstech 7 lbs adalah:

 

  • 830 kalori (1000 Kalori apabila Anda mencampurkannya dengan susu skim)
  • 132 gr karbohidrat
  • 63 gr protein (Tertinggi)
  • 6 gr lemak (Rendah Lemak)
  • 11 gr gula (Rendah Gula)
  • 4 gr glutamin
  • 10 gr creatine
  • 14 gr BCAA

 

Karena berbagai kandungan itulah maka Masstech 7 lbs bisa Anda jadikan suplemen mass gainer terbaik untuk membantu program bulking Anda.

 

--- Related Article ---

 

Itulah tips bagaimana cara menggemukkan berat badan melalui peningkatan massa otot yang sehat dan aman untuk tubuh. Bagaimana? Sudah siap untuk memiliki tubuh yang ideal dan atletis?

Tags:
#tambah berat badan  #naik berat badan  #menggemukan badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail