sfidn - Hal yang harus dilakukan Ketika Otot Betis Kram

Hal yang harus dilakukan Ketika Otot Betis Kram

sfidn.com - Otot betis merupakan otot yang terdiri dari otot besar gastrocnemius yang berada di belakang kaki, dan otot kecil soleus yang berada di bawah otot gastrocnemius. Tentunya salah satu dari kedua otot ini bisa saja terjadi kram. Otot betis yang kram terjadi saat adanya kontraksi. Biasanya, kondisi ini diikuti dengan adanya benjolan keras di titik nyeri. Benjolan yang keras tersebut adalah titik kontraksi.

Otot betis yang keram biasanya terjadi ketika sudah terlalu capek, tidak melakukan pemanasan, adanya gerakan yang salah, dehidrasi, serta kurangnya elektrolit dalam tubuh seperti kalium dan juga magnesium. Masih ada penyebab lainya yang perlu diperhatikan. Saat kondisi kram terjadi, ada beberapa hal yang wajib dilakukan agar kondisi ini tidak semakin parah, diantaranya adalah:

Cara Menangani Betis Kram

1. Cobalah Lebih Tenang

Pada umumnya, kebanyakan orang akan panik dan sibuk menggerak-gerakan kakinya ketika kram betis terjadi. Tindakan tersebut justru akan membuat otot semakin sakit. Untuk itu, cobalah lebih tenang dan hentikan segera kegiatan yang sedang dilakukan agar otot lebih kendur lagi dan kembali ke keadaan normal.

2. Meluruskan Kaki

Hal pertama yang harus dilakukan ketika betis kram adalah dengan meluruskan kaki pada posisi normal. Cobalah untuk lebih rileks dan menormalkan kembali kaki. Kalau kram tidak terlalu parah, biasanya otot betis akan kembali ke kondisi normal dengan cara melakukan pemulihan sendiri.

3. Melakukan Stretching

Gerakan yang ampuh dalam mengembalikan otot yang kram adalah dengan cara melakukan stretching atau meregangkan kaki. Cobalah untuk meluruskan kaki dan regangkan otot-otot tersebut. Awalnya mungkin akan terasa sakit, namun dengan begini maka otot akan kembali ke keadaan normal. Dengan begitu, rasa sakit akan reda diikuti dengan menghilangnya rasa nyeri.

4. Jangan Memaksakan Diri

Kram akan pulih dengan cepat jika belum terlalu parah, namun jika sudah cukup parah maka kram bisa kumat lagi. Terlebih lagi jika memaksakan diri untuk tetap melanjutkan kegiatan. Coba hentikan dulu kegiatan Anda dan biarkanlah otot-otot betis pulih secara lebih menyeluruh. Memaksakan otot betis untuk tetap bekerja akan semakin memperparah keadaan dan bisa jadi cedera yang parah akan terjadi.

5. Kompress dengan Handuk Dingin

Sensasi dingin karena mengompres betis dengan handuk dingin dapat meredakan sakit kram. Jika tidak bisa menemukan handuk dingin, cobalah temukan sesuatu apa saja yang dingin dan bisa digunakan untuk mengompres betis. Lakukan selama beberapa menit sambil meluruskan betis senyaman mungkin.

--- Related Article ---

6. Mandi atau Berendam dengan Air Hangat

Kram umumnya terjadi karena kelelahan dan kehilangan konsentrasi atau fokus saat berlatih sehingga tubuh salah melakukan gerakan dan mengakibatkan kram. Dengan memberikan sensasi relaks pada tubuh melalui mandi atau berendam air hangat, maka otot bisa normal kembali. Tambahkan minyak zaitun dan minyak kayu putih, lalu pijat betis setelah mandi agar bisa membuat otot semakin relaks lagi.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan ketika otot betis mengalami kram. Terimakasih

 


 
Tags:
#cedera  #otot betis  #otot 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article