sfidn - Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Treadmill

Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Treadmill

sfidn.com – Terlihat sederhana tetapi banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat menggunakan treadmill. Mulai dari melewatkan pemanasan hingga menghentakan kaki.

 

Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Treadmill

Treadmill telah menjadi alat olahraga populer untuk melakukan latihan kardio karena aksesibilitas dan penggunaannya yang mudah serta harganya yang cukup terjangkau. 

Meski demikian, banyak orang yang tidak sadar jika dirinya melakukan banyak kesalahan saan berlatih menggunakan treadmill. Kira-kira, apa saja kesalahannya dan apakah Anda termasuk orang yang pernah melakukannya? Mari kita cari tahu.

 

11 Kesalahan saat Menggunakan Treadmill, Anda Pernah Melakukannya?

Berikut adalah 11 kesalahan yang sering terjadi saat seseorang menggunakan treadmill. Dengan memahaminya, Anda dapat meraih hasil maksimal dari penggunaan alat olahraga berjalan dan berlari tersebut.

 

1. Melewatkan Pemanasan

Langsung naik ke  atas treadmill tanpa melakukan pemanasan adalah sebuah kesalahan. Meskipun berjalan kaki atau berlari terlihat seperti aktivitas yang sederhana namun penting untuk meluangkan waktu lima hingga sepuluh menit untuk melakukan pemanasan. 

Pemanasan akan membantu meningkatkan detak jantung, aliran darah, mengendurkan persendian, mempersiapkan tubuh Anda untuk latihan yang lebih baik, mencegah cedera, dan membantu mempercepat pemulihan pasca latihan.

 

2. Memegang Bagian Depan Treadmill

Memegang bagian depan treadmill memang sangat menyenangkan dan meringankan olahraga Anda. Namun, kebiasaan buruk ini dapat mengurangi efektivitas latihan, terlebih ketika Anda mengatur tingkat kemiringan.

Kemiringan jalur treadmill dirancang untuk meningkatkan pembakaran kalori dengan mengangkat beban tubuh ke atas. Bergantung pada treadmill untuk menopang berat badan Anda dapat mengurangi manfaat latihan tersebut.

3. Melihat ke Bawah Saat Berlari

Melihat ke bawah saat berjalan atau berlari dapat merusak postur tubuh Anda serta memberi tekanan pada leher dan bahu. Kebiasaan yang salah ini dapat meningkatkan risiko cedera dan membuat Anda tidak pernah bisa mendapatkan keseimbangan.

 

4. Tidak Mengayunkan Lengan

Memegang treadmill secara berlebihan dapat menghambat gerakan lengan yang diperlukan untuk latihan efektif. Ayunan lengan membantu mengurangi stres pada tubuh bagian bawah dan meningkatkan efisiensi gerakan pinggul dan kaki.

5. Langkah Tidak Teratur

Bergerak dengan langkah yang tidak teratur atau mengubah langkah Anda dengan ritme yang beraturan adalah hal yang sangat buruk. 

Anda mungkin tidak menyadari perubahan langkah kaki Anda, mungkin yang satu terlalu panjang dan yang satu terlalu pendek. 

Namun, hal-hal seperti itu dapat menghabiskan energi Anda dengan sangat cepat sehingga Anda tidak mampu berolahraga dalam waktu yang lama serta meningkatkan risiko cedera.

 

6. Mengenakan Sepatu yang Salah

Mengenakan sepatu yang salah sangat tidak dianjurkan karena dapat memengaruhi performa berlari Anda serta menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius, seperti nyeri pinggul dan lutut, plantar fasciitis, dan tendonitis achilles. 

Sepatu lari yang tepat penting untuk mendukung kaki dan mengurangi risiko cedera. Pilih sepatu yang memberikan fasilitas khusus di mana terdapat kotak khusus untuk jari-jari Anda sehingga bisa leluasa untuk bergerak dan tidak kaku.

7. Tidak Memanfaatkan Fitur Treadmill

Treadmill memiliki banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan, contohnya seperti calories monitor untuk melihat jumlah kalori tubuh Anda yang terbakar, incline untuk mengatur ketinggian papan lari, user weight control untuk menyesuaikan papan lari dengan berat badan Anda, dan lain-lain.

Sayangnya, banyak orang yang melakukan kesalahan karena tidak memanfaatkan fitur treadmill dengan maksimal.

 

8. Tidak Ada Variasi dalam Latihan

Kesalahan penggunaan treadmill berikutnya adalah tidak ada variasi dalam latihan. Variasi tidak hanya membuat latihan menjadi lebih efektif tetapi juga mencegah kebosanan dan kelelahan mental.

9. Terobsesi dengan Timer

Mengandalkan timer dapat membuat latihan Anda terasa membosankan dan tidak ada perkembangan yang signifikan. Cobalah tetapkan target jarak, kecepatan, tingkat incline, serta tujuan pribadi untuk memberikan motivasi ekstra selama latihan.

 

10. Menghentakkan Kaki saat Berlari

Banyak orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan treadmill dengan menghentakkan kaki ke papan saat berlari.

Selain merusak dan memperpendek umur treadmill, kebiasaan tersebut juga dapat menyebabkan cedera jangka panjang pada kaki dan tungkai Anda. 

Sebaiknya, mendaratlah pada treadmill dengan lembut dan gunakan ujung hingga area tengah kaki Anda untuk meminimalkan hentakkan serta mendistribusikan beban tubuh secara lebih merata.

11. Tidak Memperhatikan Keamanan

Keamanan adalah faktor kunci saat menggunakan treadmill. Pastikan untuk melakukan langkah-langkah keamanan, seperti pengaturan kecepatan bertahap, penghindaran distraksi, hingga tombol pemberhentian darurat.

 

Dengan menghindari 11 kesalahan saat menggunakan treadmill ini, Anda dapat memastikan bahwa latihan yang dilakukan menjadi lebih aman dan efektif serta memberikan hasil optimal untuk kesehatan dan kebugaran Anda.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

Pro-Foam, Avoid These 7 Treadmill Mistakes

Top Fitness, (2020), Top Treadmill Mistakes to Avoid
Gabby Abigail, (2022), 7 Features Your Treadmill Needs for an Effective Workout
 


 
Tags:
#lari  #Berlari  #treadmill 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article