sfidn - Latihan Otot Betis Tanpa Alat

Latihan Otot Betis Tanpa Alat

sfidn.com - Betis merupakan bagian kaki belakang yang dimulai dari bawah lutut sampai dengan mata kaki. Tubuh atas yang besar dan berotot akan lebih menarik jika bisa di imbangi dengan otot betis yang kekar. Tentunya akan terlihat sangat lucu jika ada orang yang memiliki tubuh bagian atas seperti perut sixpack, otot dada besar, otot lengan kekar namun otot kakinya kecil dan juga sangat lemah.

Otot betis terdiri dari dua macam otot, otot gastroenemius dan otot soleus. Otot gastronemius adalah otot yang besar dan terlihat terbentuk serta kekar jika sudah sering mengalami latihan. Selanjutnya,  otot soleus merupakan otot yang lebih kecil dan berada di bawah otot gastronemius. Dalam membentuk otot betis yang kuat dan bisa seimbang dengan bagian atas otot tubuh diperlukan upaya kesabaran dan juga ketekunan yang ekstra. Otot inipun bisa dilatih dengan berbagai alat yang tersedia di tempat pusat kebugaran atau tempat gym. Tapi bagaimana jika tempat tinggal dan tempat fitness Anda berjauhan? Tenang saja, karena pada artikel kali ini kami akan memebeberkan latihan otot betis tanpa alat, asalkan Anda tekun dan sabar, niscaya otot betis yang kekar bisa Anda miliki. Berbagai metode yang bisa dilakukan dalam melatih otot betis adalah sebagai berikut.

1. Jump Squat

Silahkan awali gerakan ini secara berdiri tegak lalu posisikan telapak tangan Anda dibelakang kepala. Selanjutnya, jongkok sampai lutut Anda membentuk sudut 90 derajat dan lompatlah sekuat tenaga. Lakukan sampai batas kemampuan Anda.

2. Calf Stretch Elbows Against Wall

Awali gerakan ini dengan mencondongkan tubuh ke arah depan dan sandarkanlah tangan pada tembok. Selanjutnya, pindahkanlah beban pada tubuh Anda dengan kedua tangan. Tahan selama 20 detik dan usahakan telapak kaki tidak terangkat.

3. Water Marathon

Silahkan Anda mencari kolam renang dengan tinggi air selutut, lakukan lari-lari kecil selama 15 menit. Latihan ini bisa dilakukan sebanyak 3x seminggu.

4. Up and Down Hills

Latihan ini bisa dilakukan jika rumah Anda berdekatan dengan bukit atau gunung. Carilah bukit yang tidak curam dan panjatlah bukit tersebut dengan berlari naik dan turun. Latihan ini juga bisa dilakukan minimal 3x seminggu.

--- Related Article ---

5. Up and Down Stairs

Latihan ini bisa Anda lakukan di rumah atau di kantor, karena yang Anda perlukan hanyalah tangga. Berlarilah pada anak tangganya secara naik dan turun selama 10 menit. Lakukan juga sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

Berbagai latihan diatas telah terbukti mampu memberikan hasil yang sangat efektif jika ditambah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah lemak. Karena protein merupakan inti dari pembentukan tubuh untuk membantu membangun otot yang kuat. Oleh karena itu, protein sangat diperlukan untuk Anda yang tengah menjalani program pembentukan dan peningkatan massa otot.


 
Tags:
#Latihan Otot Betis  #otot betis 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article