sfidn - Mass Gainer vs Whey Protein, Mana yang Harus Dipilih?

Mass Gainer vs Whey Protein, Mana yang Harus Dipilih?

sfidn.com – Mass gainer dan whey protein adalah dua suplemen populer yang sering digunakan oleh para penggiat kebugaran. Keduanya mungkin terlihat mirip tapi sebenarnya memiliki kandungan, manfaat, dan tujuan yang berbeda.

 

Mass Gainer vs Whey Protein, Mana yang Harus Dipilih?

Mass gainer adalah suplemen yang diformulasikan khusus untuk orang-orang yang ingin mendapatkan surplus kalori dalam jumlah besar sehingga ia dapat menambah berat badan dan massa otot dengan cepat. 

Surplus kalori adalah suatu kondisi di mana jumlah kalori yang Anda konsumsi melebihi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh untuk menjadi energi. Ini menjadi faktor kunci yang diperlukan seseorang untuk menaikan berat badannya. 

Sedangkan whey protein adalah salah satu jenis protein yang paling cepat diserap oleh tubuh sehingga sering digunakan oleh para binaraga atau pun atlet untuk membangun otot dan mempercepat pemulihan setelah latihan. Whey protein biasanya tersedia dalam bentuk isolate, concentrate, dan hydrolysate.

Dari pemaparan ini saja, Anda mungkin sudah bisa mendapatkan gambaran tentang suplemen apa yang cocok Anda gunakan sesuai dengan tujuan pribadi.

Namun, ada baiknya jika Anda memahami perbedaan mass gainer dan whey protein lebih jauh lagi supaya Anda benar-benar tahu nutrisi apa yang masuk ke dalam tubuh Anda. Berikut informasinya.

 

Perbedaan Mass Gainer vs Whey Protein

Baik itu mass gainer atau pun whey protein, keduanya sama-sama bisa membantu Anda membangun dan membentuk massa otot. Tentunya, sambil diimbangi dengan latihan yang ketat.

Namun, ada beberapa perbedaan utama antara mass gainer dan whey protein, mulai dari komposisi nutrisi, tujuan penggunaan, kandungan kalori, daya serap, dan waktu konsumsi.

 

1. Perbedaan Komposisi Mass Gainer vs Whey Protein

Perbedaan utama antara mass gainer dan whey protein terletak pada komposisinya. Mass gainer mengandung protein, lemak sehat, serat, dan karbohidrat kompleks (dalam jumlah yang cukup tinggi). Sedangkan whey protein mengandung protein dalam jumlah banyak serta karbohidrat dan serat dalam jumlah yang sedikit.

 

2. Perbedaan Tujuan Penggunaan Mass Gainer vs Whey Protein

Tujuan utama penggunaan mass gainer adalah untuk membantu seseorang meningkatkan berat badan dan massa otot secara keseluruhan. Cocok bagi Anda yang sedang melakukan bulking atau memiliki metabolisme cepat sehingga sulit menambah berat badan hanya dengan makanan biasa.

Sedangkan tujuan utama whey protein adalah meningkatkan asupan protein tanpa harus menambah kalori. Maka dari itu, suplemen ini sering digunakan untuk mendukung pemulihan dan pembentukan otot serta menjaga massa otot selama periode penurunan berat badan atau defisit kalori.

 

3. Perbedaan Kandungan Kalori Mass Gainer vs Whey Protein

Mass gainer memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan whey protein karena mengandung lebih banyak karbohidrat dan lemak. Sebaliknya, kalori pada whey protein umumnya lebih rendah karena tidak mengandung karbohidrat dan lemak yang signifikan.

 

4. Perbedaan Daya Serap Mass Gainer vs Whey Protein

Mass Gainer memiliki konsentrasi yang lebih kental daripada whey protein karena mengandung lebih banyak karbohidrat dan lemak sehingga lebih lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Berbeda dengan whey protein yang yang lebih cair dan ringan di perut sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

 

5. Perbedaan Waktu Konsumsi Mass Gainer vs Whey Protein

Mass gainer dapat digunakan sebagai pengganti makanan atau camilan sehingga bisa Anda konsumsi setelah latihan atau pun sebelum tidur. Kalau waktu terbaik untuk mengonsumsi whey protein adalah setelah latihan atau sebagai cemilan di antara waktu makan.

 

Dengan memahami perbedaan antara mass gainer dan whey protein, Anda dapat memilih suplemen yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan nutrisi Anda dalam program kebugaran yang saat ini dijalankan.

Semoga, 
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#Whey Protein  #mass gainer 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article