sfidn - Selain Trademill, Ini 3 Alat Gym yang Bagus untuk Pelari!

Selain Trademill, Ini 3 Alat Gym yang Bagus untuk Pelari!

sfidn.com — Anda tentunya setuju bukan, bahwa trademill adalah alat gym yang bagus untuk lari. Yups, memang peralatan yang satu ini telah mendapatkan tempat khusus di hati para sports enthusiast

Namun, tahukah Anda? Bahwa untuk meningkatkan kemampuan berlari Anda, ternyata tidak hanya trademill, melainkan beberapa mesin kardio yang mungkin sebelumnya tidak Anda sadari bisa meningkatkan performa lari Anda.

Apa saja daftar alat gym itu? Temukan jawabannya dalam artikel berikut!

Selain Trademill, Ini 3 Alat Gym yang Bagus untuk Pelari!

“Jika Anda seorang pelari, cross-training sangatlah ideal untuk meningkatkan kinerja Anda secara keseluruhan,” ujar Kelly Chase, pelatih Aaptiv yang rutinitas latihannya mencakup hampir setiap mesin gym yang tersedia. 

Lebih lanjut, Kelly merekomendasikan beberapa mesin gym yang dapat mengaktifkan otot secara berbeda, yang pada gilirannya, meningkatkan kekuatan dan kinerja latihan Anda.

Berikut beberapa rekomendasi alat gym untuk meningkatkan performa lari Anda:

1. Elliptical

Banyak orang masih meremehkan mesin elliptical, padahal sebenarnya, ini adalah salah satu mesin yang paling menguntungkan bagi pelari. 

Selain treadmill, alat gym ini yang paling bisa meniru aktivitas lari, baik itu dalam hal gerakan, langkah, dan keterlibatan otot kaki Anda.

Terlebih lagi, elliptical bagus bagi Anda yang mengalami cedera, sehingga ada keterbatasan untuk berlari seperti biasanya. 

Kenapa pilih alat gym ini?

  • Mendukung langkah yang mirip dengan berlari, sehingga membantu membangun otot yang sama yang digunakan untuk performa lari.
  • Mengayuh ke depan dan ke belakang yang melibatkan banyak otot kaki, sehingga dapat menargetkan bisep femoris (otot di hamstring), paha depan, dan tibialis anterior (saat mengayuh ke depan), serta rektus femoris (otot di paha depan), betis, glutes, dan paha belakang (saat mengayuh ke belakang). 
  • Bergantian di antara keduanya dapat memperkuat lutut. 
  • Jika Anda mempertahankan bentuk dan postur yang tepat, inti Anda akan bekerja keras untuk menjaga keseimbangan dan menghindari cedera.
  • Bisa dibilang, elliptical adalah mesin gym yang hampir tidak berdampak, karena kaki Anda tidak pernah meninggalkan pedal, sehingga tidak ada benturan keras dengan permukaan apa pun.

Tips:
Seperti biasa, jika Anda ingin memperkuat tubuh bagian atas, tersedia opsi untuk menggunakan setangnya.

2. Sepeda stasioner

Mau opsi berdampak rendah lainnya? Sepeda stasioner pilihannya. Menggunakan alat gym ini dapat memacu detak jantung Anda, yang sangat bagus untuk pelari cepat (sprint).

Selain itu, semua gaya sepeda stasioner dapat menargetkan otot glutes, fleksor pinggul, betis, paha belakang, paha depan, dan tulang kering Anda – dua terakhir yang paling lambat berkembang pada pelari.

Tentunya, dengan melatih otot-otot kaki yang tidak biasa digunakan saat berlari, Anda pun dapat membuat kaki Anda jauh lebih kuat dan tubuh lebih seimbang. 

Ingat! Tetap tegak dan mempertahankan bentuk tubuh yang baik itu juga mempengaruhi perut dan obliques Anda, yang meningkatkan keseimbangan dan stabilitas Anda secara keseluruhan. 

Seperti mesin elips, bersepeda membantu memperkuat lutut, pergelangan kaki, dan pinggul, yang selanjutnya dapat meminimalisir risiko cedera.

Bersepeda mampu merekrut semua otot yang Anda butuhkan untuk berlari, tanpa faktor risiko tinggi.

Tips:

  • Bidik irama yang tinggi (rotasi per menit) untuk membantu meningkatkan pergantian kaki.
  • Karena gerakan mengayuh sepeda dapat membantu mengurangi penumpukan asam laktat dari berlari, ada baiknya latihan dengan alat gym ini dilakukan selama beberapa menit setelah Anda berlari juga.
  • Jangan digunakan pada hari-hari istirahat, karena Anda akan merasa sama lelahnya dengan hari-hari Anda berlari. Cobalah masukkan ini ke dalam rutinitas Anda yang biasa.
  • Naikkan resistensi untuk menciptakan lebih banyak tantangan bagi otot Anda, yang sangat mendukung ketika Anda lari menanjak. 

3. Stair climber


Sumber: youtube.com/Colombian Beast

Alat gym selanjutnya yang bagus untuk lari adalah stair climber. Mesin ini membantu Anda membangun kekuatan dan daya tahan yang sangat dibutuhkan bagi seorang pelari.

Stair climber mampu menargetkan paha depan, betis, dan glutes Anda, serta membangun dan memperkuat otot yang sama yang Anda gunakan saat berjalan, jogging, dan berlari. 

Bahkan, alat ini sangat ideal ketika Anda berlari di bukit, karena sebagian besar rangkaian tangganya lebih curam daripada bukit rata-rata.

Menggunakan mesin pendaki ini dapat mendorong diri Anda sendiri menaiki tangga demi tangga, yang memberi jantung dan paru-paru Anda latihan yang sama melelahkannya.

Alhasil, Anda pun harus mendapatkan oksigen ke otot dengan lebih cepat. Inilah yang akhirnya meningkatkan VO2 max, kecepatan, dan daya tahan tubuh Anda secara keseluruhan. 

Kesimpulan

Terus-terusan melakukan latihan yang sama akan membuat Anda stagnan, bahkan jika itu latihan sprint treadmill yang berat atau lari jarak jauh. 

Jadi, jika tujuan Anda ingin menjadi pelari yang lebih baik, jangan ragu untuk mencoba beberapa rekomendasi mesin kardio di atas untuk meningkatkan kemampuan berlari Anda.

Selamat mencoba!

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Aaptiv. Cardio Machines That Improve Running (That Aren’t the Treadmill).
  • Runner’s World (2020). This Is the Best Cardio Machine in the Gym, According to Research.
  • Run To The Finish. Cross Training Machines Runners Oughta Know for Cardio Improvements.
  • Train and Kale (2022). Building The Ultimate Garage Gym For Runners.

 
Tags:
#lari  #alat gym  #sfidn  #alat gym untuk lari  #alat gym yang bagus untuk lari 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article