sfidn - Tips memahami label suplemen fitness

Tips memahami label suplemen fitness

sfidn.com – Apakah kalian sudah mengetahui seputar isi dari label nutrition facts di kemasan suplemen fitness yang kalian beli? Sebagai konsumen yang cerdas, kalian wajib memahami daftar kata-kata yang tercantum di nutrition facts pada belakang kemasan suplemenmu loh! Semua yang tercantum di label nutrition facts adalah bahan-bahan yang terkandung didalam suplemen fitness kalian yang wajib dikritisi dan diperhatikan sebelum membelinya. Dibawah ini adalah penjelasan dan tips memahami informasi label nutrition facts pada suplemen fitness yang kalian.


Tips memahami label nutrition facts suplemen fitness

1. Expired Date



Sebelum masuk ke label nutrition facts, semua kemasan produk makanan atau minuman pasti memiliki keterangan expired date pada kemasannya. Biasanya bisa ditemukan di bawah kemasan suplemen dengan format : exp_bulan_/_tahun. Contoh : EXP 09/17 (artinya : suplemen akan kadaluarsa pada bulan 09 (September) tahun 2017.


2. Kandungan kalori

JIka kalian sedang dalam program diet atau penurunan berat badan. Jumlah kalori merupakan perrtimbangan yang sangat penting yang menjadi dasar untuk membelinya. Informasi kandungan kalori per serving / per saji di label suplemen fitness kalian adalah patokan atau dasar bagi kalian untuk menentukan seberapa banyak kalian bisa mengkonsumsi suplemen tersebut.


3. Kandungan gizi

Sangatlah penting untuk kita dalam memperhatikan informasi tentang kandungan gizi pada kemasan suplemen fitness kita. Proporsi kandungan gizi dari protein-lemak-karbohidrat dan nutrisi lain seperti zat besi, sodium, zink, dan lainnya yang mungkin kita butuhkan atau justru sebaliknya harus dihindari karena kondisi kesehatan tertentu. Seperti contoh jika kita memiliki masalah pada tekanan darah yang tinggi, yang wajib kita lakukan adalah menghindari suplemen fitness yang mengandung kandungan sodium yang tinggi. 


4. Ketahui kode pada nutrition facts table



Nutrition facts terdapat pada kemasan sebagian besar produk kemasan di pasaran, termasuk juga pada kemasan suplemen fitness. Biasanya nutrition facts berbentuk table dibelakang gambar kemasan. Disana tertulis banyak keterangan seperti serving size, calories, dan lain sebagainya. Sebagian besar yang telah ditulis pada nutrition facts mungkin benar, namun kalian juga harus teliti dalam membacanya.


5. Jumlah kalori

Calories atau jumlah kalori dibedakan menjadi 3 jenis :

- Bebas kalori : Artinya tidak 100% bebas tanpa kandungan kalori, tetapi suplemen tetap mengandung kalori namun hanya kurang dari 5 kalori per servingnya.

- Rendah kalori : Berarti suplemen memiliki kurang dari 40 kalori per takaran saji.

- Reduced atau less calories : Memiliki kandungan kalori sekitar 25% lebih rendah dibanding dengan produk lain pada umumnya.


SFIDN Baca juga


6. Total lemak

Total lemak dibedakan menjadi 3 yaitu :

- Bebas lemak : Program diet sangat cocok dengan jenis kandungan lemak ini karena produk dengan nutrition facts bebas lemak hanya memiliki kurang dari 0.5 gram lemak saja.

- Rendah lemak : Mengandung 3 gram lemak per servingnya.

- Reduced atau less fat : Mengandung lemak sekitar 25% lebih rendah daripada kandungan lemak pada produk regular lainnya.


7. Lemak jenuh

Lemak jenuh dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

-     Saturated fat free : Tidak bebas 100% dari lemak jenuh tetapi memiliki kandungan maksimal 0.5 gram lemak jenuh per servingnya.

-     Low saturated fat : Mengandung lemak jenuh kurang dari 1 gram per takaran sajinya.

-     Reduced atau less saturated fat : Memiliki kandungan lemak jenuh sekitar 25% lebih rendah daripada kandunngan yang sama pada produk suplemen lain pada umumnya.


8. Kolesterol

Kolesterol dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

- Bebas kolesterol : Mengandung kurang dari 2 mili gram kolesterol per takaran sajinya.

- Rendah kolesterol : berarti mengandung kurang dari 20 mili gram kolesterol per takaran sajinya.

- Reduced atau less kolesterol : artinya bahwa produk suplemen yang kalian punya memiliki kandungan kolesterol sekitar 25% lebih rendah daripada produk lainnya.


9. Garam

Garam disebut juga dengan sodium. Sodium ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

- Bebas garam : Artinya kurang dari 5 mili gram per takaran saji.

- Rendah garam : Mengindikasikan kandungan didalam produk terdiri kurang dari 140 mili gram garam per takaran sajinya.

- Reduced atau less sodium : Mengandung kandungan garam 25% kurang dari produk regular lainnya.


10. Gula




Gula tau sugar dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

-     Bebas gula atau sugar free : Berarti mengandung kurang dari 0.5 mili gram gula per takaran sajinya.

-     Reduced atau less sugar : Artinya bahwa kandungan gula didalam suplemen fitness telah dikurangi sebesar 25% dibanding produk regular lainnya.


Nah itu dia informasi tentang Tips memahami label nutrition facts suplemen fitness yang wajib kalian tahu! Sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi dalam membeli suplemen fitness karena kalian telah tahu cara memahami label pada kemasan suplemen fitness favorit kalian. Semoga bermanfaat!



 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article