sfidn - 10 Suplemen Fitness dan Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

10 Suplemen Fitness dan Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

sfidn.com – Apakah Anda suka fitness dan sedang mencari suplemen yang cocok dengan kebutuhan Anda sendiri? Pastikan tidak salah pilih karena setiap suplemen memiliki manfaat yang berbeda.

 

10 Suplemen Fitness dan Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Terdapat berbagai jenis suplemen fitness yang tersedia di pasaran dan pilihannya akan bergantung pada tujuan serta kebutuhan individu.

Ada yang membutuhkan suplemen fitness untuk meningkatkan asupan kalori (bulking), menurunkan lemak tubuh (cutting), meningkatkan kinerja otot, mempercepat pemulihan otot, menumbuhkan otot, sampai meningkatkan berat badan. Waktu pengonsumsiannya juga bisa berbeda-beda. 

Maka dari itu, Anda perlu memahami tentang suplemen-suplemen fitness tersebut dengan lebih dalam agar tidak salah dalam memilih, apalagi sampai salah mengonsumsinya.

 

Suplemen Fitness

Berikut adalah 10 suplemen fitness dan manfaat yang bisa Anda dapatkan:

 

1. Whey

Whey menjadi suplemen fitness paling populer saat ini. Whey adalah cairan protein yang tertinggal dari hasil ekstraksi susu sapi menjadi keju.

Suplemen whey mengandung sembilan asam amino yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan otot dengan cara memperbaiki jaringan yang rusak dan menghasilkan jaringan yang baru.

Para atlet selalu mengonsumsi whey untuk memenuhi kebutuhan protein harian sekaligus mengambil manfaat lainnya, seperti mengurangi rasa lapar serta menurunkan berat badan dan risiko penyakit jantung.

Dikutip dari Health, sebuah studi pada tahun 2011 yang melibatkan 90 orang dewasa dengan obesitas, menunjukkan hasil bahwa mereka yang mengonsumsi 56 gram whey protein per hari selama 23 minggu berhasil menurunkan lemak sekitar 2,3 kg lebih banyak daripada yang mengonsumsi protein kedelai.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi whey sebanyak 20-25 gram setelah latihan ketahanan agar pertumbuhan otot menjadi lebih maksimal.

 

2. BCAA

BCAA adalah suplemen fitness yang mengandung asam amino esensial, seperti leusin, valin, dan isoleusin. Ketiga asam amino tersebut memiliki manfaat, seperti meningkatkan sintesis protein 22% lebih cepat, mengurangi kerusakan otot, mempercepat pemulihan, dan menjaga keseimbangan nitrogen yang diperlukan sebagai bahan bangunan protein.

Di sisi lain, BCAA juga mampu mengurangi delayed onset muscle soreness (DOMS) atau nyeri otot dan kelelahan yang terjadi pasca latihan. Anda bisa mengonsumsi BCAA sebelum maupun setelah latihan karena manfaatnya baru akan terasa setelah 30-60 menit.

 

3. L-Glutamine

L-glutamine adalah asam amino non-esensial yang artinya dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia dan bisa juga ditemukan dalam makanan dan suplemen.

Suplemen fitness L-glutamine memiliki manfaat yang penting dalam berbagai proses fisiologis manusia, seperti mempercepat metabolisme protein, mengurangi katabolisme otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Metabolisme protein merupakan proses biokimia yang memecah makanan menjadi komponen yang lebih sederhana seperti asam amino. Semakin cepat terbentuknya asam amino maka semakin cepat pula perbaikan dan pertumbuhan otot atau jaringan baru.

Sedangkan katabolisme otot adalah proses di mana otot mengalami penurunan atau kerusakan karena latihan fisik yang intens atau pun saat tubuh kekurangan nutrisi sehingga tubuh memecah otot untuk memenuhi kebutuhan energi.

 

4. Beta-alanine

Beta-alanine adalah asam amino non-esensial yang digunakan tubuh untuk menyusun dan menghasilkan carnosine, yakni sebuah molekul yang dapat menetralkan asam laktat sehingga menunda timbulnya kelelahan otot selama maupun setelah latihan.

Para atlet biasanya mengonsumsi suplemen beta-alanine agar mendapatkan kekuatan dan daya tahan otot yang lebih besar sehingga mereka bisa berlatih lebih lama dan dengan intensitas yang lebih tinggi. 

Contohnya, individu dapat berlari 400-1500 meter atau berenang 100-400 meter lebih jauh setelah mengonsumsi beta-alanine. Suplemen fitness ini dapat meningkatkan kinerja otot selama kurang lebih 1-10 menit.

 

5. Creatine

Creatine adalah suplemen fitness terbaik untuk meningkatkan energi dan kekuatan secara cepat dengan cara menebalkan massa otot.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Sport Medicine menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi Creatine akan terjadi peningkatan kekuatan hingga 5-10% , terutama saat menjalankan program latihan angkat beban.

 

6. L-Arginine

L-Arginine adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sehingga Anda hanya bisa memperolehnya dari makanan atau pun suplemen.

Suplemen L-arginine berfungsi sebagai prekursor atau bahan dasar awal bagi sintesis protein, sintesis nitrogen oksida (NO), dan beberapa senyawa lainnya dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi L-arginine, aliran darah ke otot bisa lebih meningkat daripada biasanya dan hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja fisik dan pemulihan karena otot mendapatkan nutrisi dan oksigen yang lebih banyak.

Di sisi lain, L-arginine juga mampu meningkatkan kapasitas aerobik sehingga akan membantu Anda bertahan lebih lama selama latihan atau pun kompetisi.

 

7. Kafein

Senyawa yang biasa ditemukan pada kopi, the, dan cokelat ini juga ternyata bermanfaat untuk orang-orang yang rutin fitness. Kafein tidak hanya dikenal dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan tetapi juga mampu mengurangi kelelahan, mempercepat metabolisme, serta meningkatkan energi dan kinerja fisik.

Beberapa suplemen fitness biasanya sudah mengandung kafein tapi Anda dapat mengonsumsinya secara terpisah karena sudah banyak produsen yang menjual suplemen kafein dalam bentuk tablet atau pun bubuk.

 

8. Mass Gainer

Tidak semua orang yang melakukan fitness bertujuan untuk menurunkan berat badan. Beberapa di antaranya malah ingin mendapatkan tubuh yang lebih berisi dan massa otot yang lebih besar karena selama ini ia memiliki tubuh yang sangat kurus.

Orang bertubuh kurus jika terlalu sering berolahraga malah berdampak buruk bagi kesehatan karena ia rentan mengalami cedera, penurunan fungsi imun, hingga defisit kalori yang menyebabkan gangguan hormon dan kerusakan organ hati.

Demi mencapai keseimbangan antara berat badan dan olahraga maka beberapa orang membutuhkan suplemen penambah berat badan, yaitu mass gainer.

Mass gainer adalah suplemen yang diformulasikan untuk membantu seseorang meningkatkan berat badan dan massa otot. Suplemen ini mengandung karbohidrat kompleks yang cukup tinggi, protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat sehingga mampu membantu individu meningkatkan jumlah asupan kalorinya.

 

9. TeaCrine

TeaCrine adalah senyawa alami yang sering ditemukan pada tanaman Camellia Assamica var.kucha dan memiliki efek stimulan yang mirip dengan kafein tetapi tidak dengan efek sampingnya.

Mengonsumsi TeaCrine dapat meningkatkan energi dan fokus serta mengurangi kelelahan tanpa harus memicu efek samping, seperti ketegangan, kegelisahan, jantung berdebar, tekanan darah tidak stabil, atau yang lainnya.

Dengan mengonsumsi TeaCrine, Anda bisa meningkatkan kinerja atletik dan kognitif sehingga durasi latihan menjadi lebih panjang.

 

10. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 adalah senyawa yang banyak ditemukan dalam sel-sel tubuh manusia. Namun, kekurangan senyawa ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti kelelahan, gangguan otot, kondisi jantung yang buruk, gangguan imun, penuaan kulit, hingga penyakit neurologis.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen ini jika sedang rutin berolahraga karena Coenzyme Q10 dapat membantu pembentukan energi di dalam mitokondria, meningkatkan sistem imun untuk melawan kerusakan oksidatif, meningkatkan sirkulasi darah yang mempercepat pemulihan otot, dan menyehatkan jantung.

 

Pengonsumsian beberapa suplemen sekaligus sebaiknya dilakukan setelah Anda berkonsultasi dengan ahli atau tenaga medis agar tidak terjadi interaksi obat atau efek samping yang tidak diinginkan.

Itulah 10 suplemen fitness yang paling sering dikonsumsi oleh para atlet atau pun olahragawan untuk meningkatkan kinerja fisik, mempercepat pemulihan otot, serta meningkatkan pertumbuhan otot dengan optimal. Semoga dapat menjadi referensi Anda ke depannya.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Health, (2024), What Is Whey Protein—And What Are Its Benefits?
  • MedPark Hospital, Whey Protein
  • MedicalNewToday, (2023), What are the benefits and risks of whey protein?
  • MedicalNewsToday, (2023), Health Benefits of BCAAs
  • Examine, (2023), Beta-Alanine
  • Mayo Clinic, L-arginine 
     

 
Tags:
#fitness  #suplemen  #creatine  #bcaa  #kafein  #Whey 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article